9 Cara Bayar Tambah Daya PLN Lewat ATM BCA 2021 : Syarat & Biaya

Cara Bayar Tambah Daya PLN Lewat ATM BCA – Tagihan listrik migrasi tambah daya merupakan hal penting yang harus dilunasi. Pelunasan tagihan listrik tambah daya kini sudah semakin mudah untuk dilakukan.

PLN telah menjalin kerjasama dengan sejumlah bank sebagai langkah untuk memudahkan pengguna membayar tagihan listrik. Salah satu bank yang menyediakan jasa pembayaran tambah daya yaitu bank BCA.

Bagi nasabah BCA yang ingin bayar tambah daya PLN sekarang sudah bisa dilakukan lewat ATM. Dengan mesin ATM BCA, maka bayar PLN Non Taglis semakin praktis tanpa perlu mengantri ke loker pembayaran PLN.

Ketersediaan mesin ATM yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, juga akan memberikan kemudahan pelanggan PLN membayar piutang migrasi tambah daya. Adapun cara bayarnya, simak selengkapnya di bawah ini.

Syarat Bayar Tambah Daya PLN Lewat ATM BCA

Syarat Bayar Tambah Daya PLN Lewat ATM BCA

Sebelum melakukan pembayaran di ATM BCA, ada beberapa syarat yang perlu disiapkan. Syarat bayar tambah daya ini dibutuhkan agar pelunasan piutang migrasi PLN Non Taglis berjalan lancar tanpa gagal.

Lantas, apa saja syarat bayar PLN Non Taglis? Adapun syarat syaratnya yaitu silahkan simak ulasan di bawah ini.

  1. Telah mengajukan perubahan daya listrik PLN secara online maupun offline.
  2. Telah menandatangani Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik.
  3. Telah menerima nomor registrasi sebagai kode bayar tambah daya.

Cara Bayar Tambah Daya PLN Lewat ATM BCA

Cara Bayar Tambah Daya PLN Lewat ATM BCA

Setelah semua syarat di atas terpenuhi, selanjutnya Anda bisa langsung melakukan pembayaran lewat ATM BCA. Cara bayar listrik Non Taglis via ATM BCA, sebenarnya hampir sama seperti CARA BAYAR LISTRIK PASCABAYAR.

Hanya saja, nantinya tidak menggunakan ID Pelanggan, namun menggunakan nomor registrasi. Daripada makin penasaran dengan cara bayar listriknya, sebaiknya langsung saja ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Masukkan Kartu ATM BCA

Masukkan Kartu ATM BCA

Langkah pertama, silahkan masukkan kartu ATM BCA ke mesin ATM dengan posisi yang benar, jangan sampai terbalik.

2. Input PIN ATM

Input PIN ATM

Kemudian, masukkanlah 6 digit PIN ATM dengan benar. Jangan sampai salah memasukan PIN sebanyak 3 kali, karena ATM BCA Anda bisa terblokir.

3. Pilih Transaksi Lainnya

Pilih Transaksi Lainnya

Selanjutnya, pilihlah “Transaksi Lainnya” untuk memilih menu transaksi perbankan.

4. Pilih Menu Pembayaran

Pilih Menu Pembayaran

Untuk bayar tagihan, pilihlah transaksi “Pembayaran“.

5. Pilih Listrik/ PLN

Pilih Listrik PLN

Untuk membayar listrik PLN, maka pilihlah menu “Listrik/ PLN“.

6. Pilih PLN Nontaglis

Pilih PLN Nontaglis

Langkah berikutnya, pilihlah “PLN Nontaglis” buat bayar tambah daya PLN.

7. Masukkan Nomor Registrasi

Masukkan Nomor Registrasi

Setelah itu, masukkanlah 13 digit nomor registrasi yang Anda dapatkan saat pengajuan tambah daya PLN.

8. Konfirmasi Pembayaran

Lalu, akan muncul informasi tagihan, pastikan semua data yang tertera sudah sesuai. Jika sudah, konfirmasi pembayaran dengan menekan “YA“.

9. Bayar Tambah Daya PLN Selesai

Tambah daya PLN telah berhasil dibayar. Simpanlah struk ATM sebagai bukti transaksi bayar listrik Anda.

Itulah cara bayar tambah daya PLN lewat ATM BCA, sangat mudah sekali bukan cara bayarnya! Namun, perlu diketahui juga, bawasanya bayar tambah daya lewat ATM BCA akan dikenai biaya administrasi. Lantas, berapa biayanya? simak ulasan di bawah ini.

Biaya Pembayaran Tambah Daya PLN Lewat ATM BCA

Biaya Pembayaran Tambah Daya PLN Lewat ATM BCA

Selain harus memenuhi syarat agar bayar tambah daya berjalan lancar. Bayar tambah daya dengan cara di atas juga akan dikenai biaya admin. Nah, bagi pelanggan yang membayar tambah daya PLN via ATM BCA akan dikenai biaya sebesar Rp. 3.000,-

Pengenaan biaya ini tercatat jelas di struk ATM dan diinformasikan juga pada saat rincian tagihan dimunculkan di mesin ATM. Biaya tersebut juga berlakukan untuk pembayaran lewat BCA Mobile dan juga Internet Banking BCA (KlikBCA).

Denda Keterlambatan Bayar Tambah Daya PLN

Denda Keterlambatan Bayar Tambah Daya PLN

Selain dikenai biaya, Anda juga harus memperhatikan sanksi berupa denda keterlamabatan yang dibebankan. Sanksi ini hanya diberlakukan bagi pelanggan telat bayar. Adapun jika Anda terlambat membayar tambah daya akan dikenai denda sebesar.

Batas DayaDenda Per Bulan
450 Volt AmpereRp. 3.000
900 Volt AmpereRp. 3.000
1.300 Volt AmpereRp. 5.000
2.200 Volt AmpereRp. 10.000
3.500 – 5.500 Volt AmpereRp. 50.000
6.600 – 14.000 Volt Ampere3% dari tagihan listrik (minimal Rp. 75.000)
Di atas 14.000 Volt Ampere3% dari tagihan listrik (minimal Rp. 100.000)

Tanggal Jatuh Tempo Bayar Tambah Daya PLN

Tanggal Jatuh Tempo Bayar Tambah Daya PLN

Agar tidak dikenai biaya keterlambatan, disarankan untuk membayar jauh-jauh hari sebelum batas waktu jatuh tempo. Batas akhir pembayaran tagihan PLN yaitu pada tanggal 20 setiap bulannya. Jika pembayaran melebihi batas waktu tersebut, maka biaya keterlambatan akan mulai dihitung. Maka dari itu, agar terhindari dari tarif denda bayarlah tagihan jauh-jauh hari sebelum batas jatuh tempo berakhir.

Itulah beberapa cara bayar tambah daya PLN lewat ATM BCA beserta syarat dan biayanya dari pakaiatm.com. Hadirnya cara bayar tagihan PLN di ATM BCA, maka diharapkan pelanggan tidak terlambat dalam membayar tagihan. Demikian informasi dari pakaiatm, semoga artikel di atas bermanfaat.