√ Tabungan Haji BRI 2021: Biaya, Fasilitas, Syarat & Cara Buka

Tabungan Haji BRI – Berangkat haji mungkin menjadi salah satu impian bagi sebagian orang muslim. Namun sering kali masalah ekonomi atau keuangan menjadi salah satu faktor penunda keberangkatan niat baik tersebut.

Jalan satu-satunya, Anda bisa mengatasi dengan cara membuka tabungan yang bisa nantinya mewujudkan impian mulia itu. Dan sampai saat ini sudah cukup banyak tabungan haji yang diberikan oleh bank-bank nasional, salah satunya BRI.

Tidak hanya menawarkan produk SIMPEDES, BRITAMA, JUNIO dan lainnya. Ternyata BANK TERBAIK DI INDONESIA ini juga menawarkan tabungan khusus yang diperuntukkan keberangkatan haji nasabahnya.

Nah agar lebih jelas mengenai tabungan haji yang diberikan oleh bank ternama Indonesia ini sendiri. Berikut akan pakaiatm.com sampaikan secara lengkap, jadi simak ulasan ini sampai akhir.

Tabungan Haji BRI

Tabungan Haji BRI

Produk tabungan haji yang dikeluarkan bank BRI satu ini lebih diperuntukkan bagi perorangan dengan tujuan mempersiapkan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH). Dengan tabungan haji inilah nantinya Anda bisa menabung sampai nominal yang diperlukan untuk keberangkatannya.

Biaya-Biaya pada Tabungan Haji

Biaya Biaya pada Tabungan Haji

Untuk biaya-biaya yang ada pada tabungan haji ini sendiri tidak terlalu besar dan tidak jauh berbeda dengan biaya pada jenis tabungan haji umumnya. Berikut beberapa biaya-biaya yang ada:

JENISBIAYA
Setoran awalRp 50.000
Setoran selanjutnyaMin Rp 25.000
Biaya administrasi bulananGratis
Saldo minimalRp 50.000
Biaya penutupan rekeningRp 50.000
Saldo rekening pasif yang ditutup otomatisRp 25.000
Lainnya

Syarat Buka Tabungan Haji

Syarat Buka Tabungan Haji

Jika Anda berniatan berangkat haji dan membutuhkan waktu terlebih dahulu untuk mengumpulkan uangnya. Mungkin tabungan haji dari BRI ini sangat cocok dan tepat untuk dibuka, namun perlu diketahui terlebih dahulu syarat pembukaannya.

  • Usia minimal 17 – 64 tahun.
  • Perorangan.
  • Mengisi form atau lembar pembukaan rekening.
  • Identitas diri:

WNI : Kartu Tanda Penduduk (KTP).

WNA : Paspor & KIMS/KITAP/KITAS.

Cara Buka Tabungan Haji

Cara Buka Tabungan Haji

Setelah mengetahui persyaratan diperlukan untuk pembukaan tabungan haji, Anda juga tentunya perlu mengetahui cara pembukaan tabungan haji itu sendiri. Caranya cukup mudah, Anda dapat mulai buka tabungan haji dengan dua cara yaitu offline atau online.

Pembukaan Tabungan Haji Offline

Cara pertama dapat dilakukan dengan menggunakan cara offline atau bisa dikata datang langsung ke kantor cabang bank BRI terdekat di wilayah tempat tinggal Anda. Berikut langkahnya:

  1. Datang ke kantor cabang bank BRI dengan membawa persyaratan dibutuhkan tadi.
  2. Langsung ambil nomor antrean, lalu tunggu sampai nomor dipanggil oleh CS.
  3. Tiba giliran nomor Anda dipanggil, maka langsung saja temui CS dan sampaikan kedatangannya yaitu ingin buka tabungan haji.
  4. Nantinya petugas akan mulai mengarahkan, dari mulai memberikan form pendaftaran sampai meminta persyaratannya.
  5. Isi semua form yang telah diberikan, jika bingung coba untuk meminta bantuan CS. Jika sudah selesai serahkan pada CS.
  6. Tunggu beberapa saat sampai CS selesai untuk memprosesnya.

Pembukaan Tabungan Haji Online

Cara kedua saat pembukaan tabungan haji yaitu dapat dilakukan secara online lewat perangkat yang Anda gunakan seperti smartphone, laptop, atau komputer. Yang terpenting ada koneksi jaringan internet yang terhubung dengan perangkat Anda, berikut langkahnya:

  1. Langkah pertama buka browser lalu masuk ke laman https://bri.co.id/tabungan-haji.
  2. Lanjut scroll ke bawah dan klik DAFTAR SEKARANG.
  3. Kemudian Anda akan dibawa ke tampilan layar baru berupa syarat dan ketentuan. Pahami syarat dan ketentuannya, setelah itu centang pada kotak kecil. Lalu klik Buka Rekening.
  4. Nantinya akan diberikan pertanyaan “Apakah Anda telah memiliki rekening BRI?” Pilih Ya atau Tidak.
  5. Selanjutnya Anda akan diminta untuk pengisian data. Isi secara lengkap.
  6. Jika sudah maka dari pihak BRI akan mengontak Anda lewat panggilan telepon. Ini untuk memastikan jika benar Anda yang akan membuka tabungan haji.
  7. Jika sudah terkonfirmasi, Anda hanya perlu mengisikan saldo awal. Saat pengisian saldo ini dapat dilakukan saat datang kantor saat pengambilan buku tabungan atau mengirimkan lewat rekening lain.

Fasilitas & Keuntungan Tabungan Haji

Fasilitas Keuntungan Tabungan Haji

Setelah mengetahui biaya, syarat, serta cara pembukaannya. Ada dari Anda tentunya yang bertanya mengenai fasilitas dan keuntungan yang didapatkan setelah melakukan pembukaan tabungan haji itu apa saja? Berikut fasilitas dan keuntungannya.

  1. Tidak ada biaya administrasi.
  2. Setoran awal ringan.
  3. Gratis perlindungan asuransi jiwa serta kecelakaan diri.
  4. Mendapat asuransi jiwa serta kecelakaan diri dengan nilai pertanggungan bisa mencapai 120% dari saldo terakhir rekening tabungan haji.
  5. Terkoneksi secara online dengan Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT DEPAG).
  6. Penyetoran-penyetoran selanjutnya dapat dilakukan lewat menu transfer di e-Banking BRI atau di teller bank BRI seluruh Indonesia.
  7. Pemotongan zakat secara otomatis dari bagi hasil yang didapatkan.
  8. Ada pilihan haji reguler atau haji khusus.

FAQ

1. Apakah Tabungan Haji Mendapat Kartu ATM?

Tidak. Hanya mendapat buku tabungan.

2. Apakah Tabungan Haji BRI Dapat Diambil?

Tidak. Kecuali untuk biaya pelunasan BPIH.

3. Berapa Setoran Selanjutnya pada Tabungan Haji?

Minimal Rp 25.000.

Untuk dapat didaftarkan ke calon jamaah, nasabah harus mencapai saldo minimalnya yaitu sebesar Rp 25.000.000 atau tergantung dengan embarkasi daerah Anda. Jika sudah ada saldo diangka tersebut nasabah akan langsung didaftarkan ke dalam list calon jamaah.

Seperti itulah informasi dapat pakaiatm.com sampaikan untuk Anda semua. Semoga adanya pembahasan tabungan haji di atas dapat bermanfaat, terutama bagi Anda yang memiliki niatan untuk berangkat haji.