√ Tabungan Investor Mandiri 2021 : Biaya, Bunga, Syarat & Cara Buka

Tabungan Investor Mandiri – Investasi mungkin saat ini sudah menjadi salah satu kebutuhan bagi sebagian masyarakat, tidak terkecuali itu adalah Anda. Selain memiliki manfaat dan keuntungan yang lumayan, berinvestasi juga bisa menjadi salah satu bentuk rencana untuk bisa mewujudkan impian.

Dengan begitu pemilihan investasi inilah yang perlu benar-benar dipikirkan secara matang oleh para calon pelaku investasi. Dan untuk saat ini di Indonesia sudah cukup banyak jenis investasi yang bisa dipilih, seperti dari mulai deposito, obligasi, reksa dana, emas atau bahkan membuka tabungan investor bank.

Nah untuk produk tabungan investor sendiri beberapa bank ternama di Indonesia sudah banyak yang terpercaya. Di mana salah satu bank tersebut yaitu bank Mandiri, siapa sangka hanya menawarkan produk seperti TABUNGAN SIMAKMUR, TabunganMU dan lainya ternyata Mandiri juga menawarkan produk tabungan investor.

Mungkin bagi sebagian dari Anda baru pertama kali mendengar jenis tabungan yang diberikan oleh Mandiri satu ini. Tentunya rasa penasaran akan tabungan investor dari bank ternama akan muncul dan untuk lebih jelas mengenai jenis tabungannya, berikut akan disampaikan secara lengkap di bawah ini.

Tabungan Investor Mandiri

Tabungan Investor Mandiri

Tabungan investor ialah salah satu jenis tabungan yang diselenggarakan oleh bank Mandiri serta ditujukan untuk para investasi/investor dengan keperluan penyelesaian transaksi pasar modal. Di mana pengurusan, pembukaan serta pengelolaan tabungan akan dilakukan oleh Perusahaan Efek (PE) pengelola atas dasar surat kuasa yang diberikan pemilik rekening.

Biaya-Biaya di Tabungan Investor Mandiri

Biaya Biaya di Tabungan Investor Mandiri

Mungkin ini bisa menjadi salah satu keunggulan atau kelebihan yang ditawarkan oleh Mandiri. Karena biaya-biaya atau tarif yang ada pada jenis pelayanan seperti biaya administrasi, rekening pasif, saldo di bawah minimum serta penutupan rekening digratiskan.

Sehingga pemilik tabungan investor tidak perlu terbebankan atas kepemilikan tabungannya. Mungkin ini jadi salah satu nilai plus yang terdapat di salah satu jenis tabungan dari Mandiri.

Suku Bunga Tabungan Investor Mandiri

Suku Bunga Tabungan Investor Mandiri

Selain biaya-biaya yang digratiskan, ternyata suku bunga dijatuhkan oleh pihak bank Mandiri ke jenis tabungan ini juga terbilang kecil dan kompetitif. Hal itu sama seperti pemberian bunga pada tabungan Mandiri jenis lainnya. Berikut suku bunga per tahunnya:

SALDOBUNGA
0 – < Rp0.00 %
Rp 1.000.000 – < Rp 50.000.0000.80 %
Rp 50.000.000 – < Rp 500.000.0001.05 %
Rp 500 .000.000 < Rp 1 M1.40 %
> Rp 1 M2.15 %

Syarat Tabungan Investor Mandiri

Syarat Tabungan Investor Mandiri

Bagi Anda yang berminat untuk membuka tabungan investor ini sendiri, terlebih dahulu untuk mempersiapkan syarat diperlukan. Syarat pembukaan tabungan investor nantinya akan terbagi menjadi dua golongan yaitu syarat untuk nasabah perorangan dan non perorangan/perusahaan.

Nasabah Perorangan

  • Identitas diri seperti KTP/SIM/Paspor/KIMS/KITAS & KTP WNA.
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
  • Memiliki SID dan sub rekening Efek.
  • Mengisi formulir pembukaan rekening.
  • Mengisi surat kuasa debet rekening & dokumen pendukung lainnya.

Nasabah Badan/Perusahaan

  • Fotokopi identitas diri dari si pengurus seperti KTP/Paspor & KIMS/KITAS pejabat yang berwenang.
  • Dokumen Badan/Perusahaan seperti NPWP, TDP, SIUP dan Akte Pendirian Perusahaan.
  • Memiliki SID & sub rekening efek.
  • Mengisi formulir pembukaan rekening, surat kuasa debet rekening & dokumen pendukung lain.

Cara Buka Tabungan Investor Mandiri

Cara Buka Tabungan Investor Mandiri

Setelah tahu tentang syarat-syarat diperlukan untuk membuka tabungan investor. Maka Anda bisa langsung untuk membukanya, terkadang banyak yang belum tahu cara pembukaannya. Berikut langkah-langkahnya:

  • Nasabah perlu datang dan menyerahkan aplikasi pembukaan rekening MTI (pengisian formulir) dan surat kuasa kepada Perusahaan Efek (PE).
  • Kemudian Perusahaan Efek (PE) akan menyerahkan rekap data investor, SID, SRE, & dokumen pembukaan ke bank Mandiri.
  • Setelah itu bank Mandiri mulai membuka rekening investor serta menginformasikan MTI yang telah dibuka ke Perusahaan Efek (PE) pengelola.
  • Setelah perusahaan akan melaporkan ke KSEI melalui menu KSEI Registration di BDS.
  • Perusahaan Efek (PE) akan menginformasikan Rekening MTI kepada nasabah.
  • Setelah itu nasabah sudah bisa mengecek dana/saldo melalui bank atau KSEI (AKSes).

Cara ini bisa dikatakan sangat mudah, karena para calon pembuka tabungan investor sendiri hanya perlu mengetahui Perusahaan Efek (PE) yang dapat membuka tabungan investor Mandiri-nya saja. Jika sudah mengetahui maka perlu menyerahkan aplikasi dan persyaratan lain.

Daftar Perusahaan Efek yang Bisa Membuka Tabungan Investor Mandiri

Lalu Perusahaan Efek (PE) apa saja yang sudah dapat untuk pembukaan tabungan investor Mandiri? Bisa dikata Perusahaan Efek (PE) itu sendiri sudah cukup banyak. Berikut daftarnya.

Daftar Perusahaan Efek 1 Daftar Perusahaan Efek 2

Keuntungan & Kekurangan Tabungan Investor Mandiri

Keuntungan Kekurangan Tabungan Investor Mandiri

Setelah mengetahui tentang tabungan investasi atau investor di atas, maka Anda juga perlu tahu juga mengenai keuntungan dan kekurangannya dari tabungan yang diberikan oleh bank Mandiri. Berikut beberapa keuntungan dan kelebihannya.

Keuntungan

  • Tanpa setoran awal
  • Bebas biaya admin bulanan.
  • Berhak mengikuti Mandiri Fiesta Poin (khusus nasabah perorangan).
  • Bisa mengakses informasi saldo dana dan saldo efek lewat Mandiri ATM.
  • Diberikan fasilitas Internet Banking. Namun hanya untuk transaksi inquiry via Mandiri Online (untuk nasabah perorangan) maupun Mandiri Cash Management (untuk nasabah badan/perusahaan).
  • Sudah diberikan e-statemen setiap bulan melalui e-mail.

Kekurangan

  • Tidak diberikan kartu ATM.
  • Tidak diberikan buku tabungan.
  • Tidak diperkenankan link ke ATM baik itu sebagai rekening primer maupun sekunder.

Itulah informasi salah satu jenis tabungan dari bank Mandiri yang dapat pakaiatm.com sampaikan untuk Anda semua. Semoga dengan adanya pembahasan tabungan untuk investasi di atas bisa bermanfaat dan berguna.