Cara Menggunakan Mesin EDC Mandiri Terbaru 2020

Cara Menggunakan Mesin EDC Mandiri – Selain melalui mesin ATM, kita juga bisa melakukan transaksi pembayaran melalui mesin EDC. Fasilitas tersebut kerap kita jumpai di pusat perbelanjaan atau supermarket. Saat ini hampir semua Bank Indonesia memiliki fasilitas tersebut, tidak terkecuali Bank Mandiri.

Nah jika kalian merupakan nasabah Bank Mandiri, apakah sudah tahu bagaimana cara menggunakan mesin EDC Mandiri ? khusus bagi yang belum tahu, melalui pembahasan kali ini Pakaiatm akan menjelaskan langkah-langkah menggunakan mesin EDC Mandiri dengan mudah dan simpel.

Sebelum kami jelaskan lebih dalam, perlu anda ketahui apa itu mesin EDC Mandiri. Mesin tersebut merupakan salah satu fasilitas perbankan untuk pemilik kartu ATM atau kartu kredit Mandiri. Mesin EDC Mandiri berfungsi untuk melakukan pembayaran non tunai. Dengan demikian anda lebih mudah ketika melakukan pembayaran.

Mesin EDC Mandiri juga bisa digunakan oleh pemilik toko. Dengan adanya mesin EDC Mandiri mampu meningkatkan jumlah penjualan toko. Hal ini dikarenakan proses pembayaran melalui fasilitas tersebut lebih mudah dan simpel, sehingga banyak pembeli yang memilih belanja di toko tersebut. Disamping itu harga mesin EDC Mandiri juga dibanderol cukup terjangkau.

Cara Menggunakan Mesin EDC Mandiri Terbaru

Cara Menggunakan Mesin EDC Mandri Terbaru

Kita kembali ke inti pembahasan mengenai bagaimana sih cara mengoperasikan mesin EDC Mandiri ? Nah, tidak perlu berlama-lama, langsung saja kalian simak penjelasan lengkapnya melalui ulasan dibawah ini. Disamping itu, kami juga akan memberikan informasi terkait harga mesin EDC Mandiri dan beberapa kerusakan yang kerap terjadi pada mesin EDC.

Cara Menggunakan Mesin EDC Mandiri

Cara Menggunakan Mesin EDC Mandiri

Cara dibawah ini tentu sangat berguna bagi orang awam dan belum pernah melakukan pembayaran menggunakan mesin EDC. Sebenarnya penggunaan alat tersebut sangat mudah, selain itu bagi pemilik mesin ini juga telah diberikan arahan atau training oleh pihak teknisi pada saat pemasangan. Namun bagi yang belum bisa menggunakan mesin EDC ketika pembayaran, silahkah simak tutorialnya dibawah ini :

  • Bawa kartu ATM Mandiri anda ke kasir.
  • Setelah itu petugas kasir akan menggesek kartu ATM pada mesin EDC.
  • Lalu masukkan 6 digit nomor PIN atm Mandiri.
  • Serahkan kembali mesin EDC pada petugas kasir.
  • Maka struk bukti pembayaran akan muncul melalui mesin EDC.
  • Biasanya petugas kasir akan meminta anda untuk menandatangani struk tersebut.
  • Selesai.

Beberapa Masalah Pada Mesin EDC

Beberapa Masalah yang Kerap Terjadi Pada Mesin EDC

Baik mesin EDC Mandiri atau Bank lainnya pasti kerap mengalami kerusakan. Informasi ini tentu bermanfaat bagi kalian para pemilik mesin EDC di toko atau sejenisnya. Nah, berikut adalah beberapa kerusakan yang sering terjadi pada mesin EDC beserta penyebab dan cara mengatasinya :

PLEASE TRY AGAIN

Kerusakan ini biasanya disebabkan oleh Reversal, Line Telephone atau Sinyal GPRS tidak stabil. Untuk mengatasi masalah tersebut tinggal memulai ulang mesin EDC dengan cara tekan tombol FUNCTION 3 lalu tekan ENTER dan masukkan password. Setelah itu mesin EDC akan merestart dan pada saat menyala mesin akan kembali normal.

LINE IDLE

Kemudian untuk eror LINE IDLE biasanya terjadi karena line telepon mati. Kerusakan ini bisa diatasi dengan cara merestart mesin EDC. Namun jika cara tersebut tidak menyelesaikan masalah, kami sarankan untuk menghubungi pihak petugas teknisi. Setelah itu petugas akan melakukan pengecekan pada mesin EDC sekaligus memperbaiki masalah yang terjadi.

REVERSAL

Terakhir, mesin EDC juga sering mengalami eror REVERSAL. Hal ini menyebabkan proses transaksi terhambat. Untuk mengetahui penyebab eror REVERSAL bisa dilakukan dengan cara menekan tombol FUNCTION 1 lalu tekan ENTER. Setelah itu layar akan menampilkan tulisan REVERSAL kemudian tekan FUNCTION 99 dan ENTER lalu tekan 99 diikuti 3 digit nomor mesin bagian akhir.

Berikut adalah tata cara menggunakan mesin EDC Mandiri dengan mudah dan simpel. Selain itu, pada ulasan diatas kami juga memberikan informasi terkait beberapa masalah yang kerap muncul di mesin EDC beserta cara mengatasinya. Kemudian bagi yang berminat membeli mesin EDC untuk keperluan usaha, kalian bisa menghubungi pihak Bank Mandiri dengan membawa persyaratan yang diperlukan. Mesin EDC Mandiri dibanderol dengan kisaran harga 600 ribu rupiah.