15 Cara Gadai BPKB Motor di Bank BRI 2022: Tabel, Syarat & Keunggulan

Cara Gadai BPKB Motor di Bank BRI – Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) kendaraan baik itu motor atau mobil mungkin banyak digunakan oleh orang untuk mengajukan pinjaman di bank. Apalagi jika dalam kondisi membutuhkan dana besar.

Nah bank BRI yang menjadi salah satu bank terbaik di Indonesia, memberikan pinjaman dengan jaminan atau agunan berupa BPKB motor. Terkait hal itu, proses pengajuan pinjaman di bank BRI tersebut sebenarnya sangat mudah.

Namun bagi sebagian dari Anda tentu banyak yang belum tahu akan proses pengajuan pinjam uang di bank BRI dengan jaminan BPKB motor. Dengan begitu pada pembahasan kali ini kami akan sampaikan cara gadai BPKB motor di Bank BRI secara lengkap.

Bahkan Anda tidak hanya bisa gadai BPKB motor saja, Anda juga bisa ajukan kredit bank BRI dengan jaminan lain. Seperti misalnya pinjaman jaminan sertifikat tanah kosong, jaminan AJB dan beberapa dokumen kepemilikian lainnya.

Cara Gadai BPKB Motor di Bank BRI Tabel Syarat Keunggulan

Apakah Bisa Ajukan Pinjaman BRI dengan Gadai BPKB Motor?

Terkait hal bisa atau tidak bisanya, jawabannya adalah bisa. Terdapat beberapa produk pinjaman dari bank BRI yang menawarkan jaminan atau agunan dengan BPKB motor atau kendaraan lain.

Baca  20 Cara Registrasi No HP di ATM BRI 2022

Di mana salah satunya adalah produk KKB BRI Refinancing dan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Dua produk ini menjadi salah satu unggulan, bahkan banyak yang sudah menggunakannya.

Tabel Angsuran Gadai BPKB Motor di Bank BRI Terbaru

Sebelum lanjut ke pembahasan utama mengenai cara gadai BPKB ke bank, maka Anda perlu mengetahui dahulu tabel angsuran pinjaman di bank BRI terbaru. Simak tabel angsuran di bawah ini untuk lebih jelasnya.

Tabel Angsuran Gadai BPKB Motor di Bank BRI Terbaru

Syarat Gadai BPKB Motor di Bank BRI

Syarat Menggadai BPKB di Bank

Nah kembali ke pembahasan mengenai cara gadai BPKB tersebut, maka perlu Anda ketahui dahulu apa syarat ketentuan yang diperlukan sebelum melakukan pengajuan. Ada beberapa syarat gadai motor di bank BRI yang perlu diperhatikan, misalnya:

1. Warga Negara Indonesia (WNI)

Debitur atau nasabah yang ingin mengajukan pinjaman dengan BPKB motor di Bank BRI, maka harus seorang WNI.

2. Lengkapi Berkas

Kemudian ada syarat berupa berkas, di mana Anda harus melengkapi beberapa berkas mulai dari pas foto terbaru, fotokopi KTP, Kartu Keluarga serta slip gaji.

3. Sudah Berusia 21 Ke Atas

Debitur juga sudah memiliki usia seperti syarat ketentuan saat ajukan pinjaman dengan gadai BPKB motor. Di mana debitur harus sudah berusia 21 tahun ke atas.

4. Domisili di Area Kantor Cabang

Guna mempermudah proses pinjaman, lokasi tempat tinggal harus berada di wilayah terdekat kantor cabang bank BRI. Paling tidak masih berada dalam satu kecamatan.

5. Memiliki Rekening Tabungan BRI

Kemudian debitur yang ingin gadai BPKB motor juga sudah memastikan memiliki rekening tabungan di bank BRI. Ini diperlukan agar lebih mudah dalam proses pencairan dan pembayaran cicilan.

6. Mengisi Formulir kredit

Lalu calon debitur bank BRI dengan gadai BPKB motor juga perlu mengisi formulir kredit yang akan diajukan.

Baca  √ Tabel Pinjaman Bank Muamalat 2022 : Brosur, Plafon, Tenor & Bunga

7. Siapkan BPKB Motor

dan yang jelas debitur harus membawa BPKB motor asli sebagai jaminan dalam pengajuan pinjaman uang pinjaman di bank BRI.

Cara Gadai BPKB Motor di Bank BRI

Cara Gadai BPKB Motor di Bank BRI

Jika sudah tahu akan syarat ketentuan untuk bisa gadai BPKB motor untuk pinjam uang di bank, maka berikutnya Anda tinggal mengetahui bagaimana proses pengajuannya. Untuk proses cukup mudah dan cepat.

Terdapat beberapa tahapan dalam pengajuan pinjaman di bank BRI dengan jaminan BPKB kendaraan roda dua. Namun untuk lebih jelasnya, maka Anda bisa simak cara gadai BPKB motor ke bank di bawah ini.

1. Mendatangi Kantor Bank BRI

Tahapan pertama silakan Anda kunjungi kantor cabang bank BRI terdekat dengan lokasi Anda berda dengan membawa semua syarat ketentuan yang dibutuhkan. Sebenarnya untuk kantor cabang bisa dimana saja, namun untuk mempermudah bisa datang di domisili tempat tinggal.

2. Mengisi Formulir Pinjaman

Jika sudah datang ke cabang bank BRI, berikutnya adalah mengisi formulir pengajuan pinjaman. Untuk program yang dipilih adalah KKB Refinancing di mana merupakan program pinjaman dengan jaminan BPKB motor atau kendaraan lain.

3. Pilih Jangka Waktu Pelunasan

Lalu nasabah atau calon debitur tinggal memilih jangka waktu pelunasan hingga 48 bulan serta plafon kredit yang disesuaikan dengan kemampuan dalam proses angsuran bulannya. Tujuan pemilihan tenor dan angsuran agar tidak membebani.

4. Menunggu Proses Persetujuan

Langkah akhir gadai BPKB di bank BRI yaitu menunggu proses persetujuan dari pihak bank, untuk proses ini secara umum dilakukan 3 – 14 hari kerja setelah pengajuan. Pada proses ini pihak Bank akan meneliti data diri calon debitur, selain itu akan ada survei dilakukan pihak Bank ke rumah.

Baca  35 Gaji Pegawai Bank BNI Semua Posisi Jabatan 2022

5. Proses Pencairan ke Rekening

Jika proses selesai dan pengajuan diterima maka dana pinjaman yang diajukan bisa langsung dicairkan ke rekening tabungan bank BRI yang tadi didaftarkan. Akan tetapi jika pengajuan ditolak, biasanya pihak Bank akan menerangkan penyebab secara jelas.

Saat berhasil gadai BPKB motor di bank dan berhasil cair, maka nasabah harus membayar kredit atau angsuran pinjaman BRI setiap bulannya. Untuk pembayan kredit ada banyak cara yang bisa dilakukan sama seperti cara bayar angsuran KUR BRI.

Keunggulan Gadai BPKB Motor di Bank BRI

Lantas apa saja keunggulan dari gadaikan BPKB motor di bank BRI? Mengenai hal itu, ada banyak keunggulan yang akan dirasakan oleh Anda para calon debitur. Adapun beberapa keunggulan tersebut di antara lainnya:

  • Proses pengajuan pinjaman mudah dan cepat cair.
  • Persyaratan mudah dilengkapi.
  • Waktu verifikasi dan pencairan dana cepat.
  • Terdapat banyak pilihan tenor yang disesuaikan kemampuan debitur.
  • Proses penghitungan pinjaman dilakukan secara transparasi yang membuat kecil kemungkinan terjadi penipuan.
  • Pembayaran angsuran / cicilan bisa dilakukan melalui beberapa cara (ATM, Mobile Banking, BRILink dan lainnya).

Selain itu, BPKB motor tidak hanya bisa digunakan sebagai jaminan KKB BRI Refinancing saja. BPKB Motor juga bisa dijadikan jaminan sebagai syarat pinjaman KUR (Kredit Usaha Rakyat) BRI atau produk pinjaman lain dari bank BRI.

Demikian kiranya pembahasan terkait cara gadai BPKB motor ke bank BRI yang dapat pakaiatm.com sampaikan lengkap dengan informasi terkait lainnya. Semoga dengan adanya pembahasan terkait pinjaman bank BRI dengan gadai BPKB motor di atas bisa bermanfaat untuk semua yang membutuhkan.

Sumber Gambar : Google