5 Tabel Pinjaman Bank BRI Jaminan AJB 2022 : Plafon, Tenor & Syarat

Tabel Pinjaman Bank BRI Jaminan AJB – Teruntuk Anda yang melakukan sebuah jual beli benda atau kepemilikan yang sifatnya penting seperti tanah, rumah, kendaraan dan lain sebagainya. Nantinya akan mendapatkan dokumen penting berupa Akta Jual Beli (AJB).

Di mana AJB ini dibuat oleh petugas PPAT maupun notaris sebagai bukti transaksi jual beli. Dokumen AJB menjadi salah satu dokumen penting dan berharga yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan pengajuan pinjaman uang baik di koperasi simpan pinjam maupun bank konvensional.

Tidak terkecuali Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang siap memberikan pinjaman uang ke nasabah atau masyarakat yang mengajukan pinjaman dengan jaminan AJB. Meskipun AJB tidak masuk kategori surat berharga yang bisa digadaikan namun ke pihak BRI siap menerimanya.

Nah bagi Anda nasabah BRI atau masyarakat umum yang ingin ajukan pinjaman di bank BRI dengan jaminan AJB, tentu bertanya bagaimana cara dan syarat ketentuannya. Namun sebelum itu terlebih dahulu Anda harus mengetahui tabel angsuran atau pinjaman bank BRI jaminan AJB.

Tabel Pinjaman Bank BRI Jaminan AJB

Jenis Produk Pinjaman Bank BRI Jaminan AJB

Sebelum berlanjut ke pembahasan terkait brosur atau tabel pinjaman bank BRI jaminan Akta Jual Beli (AJB), lebih baik Anda mengetahui dahulu jenis produk pinjaman yang ditawarkan. Di mana ada beberapa produk pinjaman yang ditawarkan, antara lainnya seperti:

Baca  6 Tabel Angsuran Bima Finance 2022 : Plafon, Tenor & Bunga

1. AJB SHM yang Belum Dipecah

Produk pinjaman pertama adalah jenis Akta Jual Beli (AJB) yang seseorang membeli tanah kavling dengan biaya pemecahan sertifikat sendiri. Itu artinya pembeli tanah mengurus biaya pemecahan sertifikat atas nama penjual.

Walaupun terbilang merepotkan, justru jenis AJB ini lebih aman dan bahkan AJB atas nama SHM yang belum dipecah lebih mudah dijadikan jaminan di bank-bank tidak terkecuali pada Bank Rakyat Indonesia (BRI).

2. AJB Tanah Elgendom, Girik & Petok

Produk pinjaman kedua, jenis AJB yang memiliki kekuatan paling rendah dalam kepemilikan tanah dan bangunan yang ada. Seharusnya tanah elgendom, girik atau petok diwajibkan memiliki SHM sebelum dijualbelikan.

Itu dikarenakan harga jauh yang cenderung lebih murah, maka banyak orang membeli tanah dengan AJB jenis ini. Hal ini menjadikan tidak heran banyak masyarakat atau orang Indonesia memiliki AJB satu ini.

3. AJB Hak Guna Bangun (HGB) Belum Dipecah

Produk pinjaman ketiga, jenis AJB yang bukan mengalihkan kepemilikan tanah, melainkan mengalihkan hak guna bangun (HGB). Itu artinya Anda boleh mendirikan bangunan dan menempatinya namun tidak berhak mengambil alih hak memilikinya.

Plafon, Tenor & Bunga Pinjaman Bank BRI Jaminan AJB

Tidak hanya mengetahui jenis produk pinjaman saja yang ditawarkan oleh pihak bank BRI, Anda juga perlu mengetahui plafon, tenor dan bunganya. Untuk plafon sendiri mulai dari Rp 1 juta sampai dengan Rp 250.000.000.

Sedangkan untuk tenor maupun waktu angsuran bisa mencapai 60 bulan atau kisaran 5 tahunan. Sedangkan untuk bunga yang ditawarkan sendiri belum tercantumkan secara jelas berapa persennya, namun bisa dibilang cukup ringan.

Tabel Pinjaman Bank BRI Jaminan AJB

Jika sudah mengetahui tentang plafon, bunga dan tenor angsuran pada produk pinjaman bank BRI jaminan AJB, selanjutnya Anda tinggal mengetahui tabel maupun brosur angsurannya. Untuk lebih jelas mengenai tabel pinjaman tersebut, simak di bawah ini:

Baca  20 Cara Registrasi No HP di ATM BRI 2022

1. Tabel Pinjaman Jaminan AJB (Rp 1 – Rp 250 Juta)

Tabel Pinjaman Jaminan AJB 1

Tabel Pinjaman Jaminan AJB 2

2. Tabel Pinjaman Jaminan AJB (Rp 10 – Rp 200 Juta)

Tabel Pinjaman Jaminan AJB 3

Tabel Pinjaman Jaminan AJB 4

Tabel Pinjaman Jaminan AJB 5

Melihat tabel angsuran di atas sama seperti layaknya tabel pinjaman bank Muamalat atau bank – bank lainnya, di mana pada tabel maupun brosur tersebut sudah dilengkapi dengan informasi plafon, tenor dan nominal angsuran yang harus dibayarkan setiap bulan.

Syarat Ajukan Pinjaman Bank BRI Jaminan AJB

Lalu untuk Anda yang berminat atau ingin mengajukan pinjaman di bank BRI dengan jaminan Akta Jual Beli, maka silakan lengkapi syarat atau persyaratan gadai AJB di Bank BRI agar proses pengajuan bisa berjalan lancar. Adapun beberapa pinjaman itu sendiri seperti misalnya:

  • Fotokopi KTP (suami & istri).
  • Fotokopi KK (Kartu Keluarga).
  • AJB (Akta Jual Beli) asli.
  • Fotokopi legalitas agunan/jaminan (AJB).
  • Fotokopi legalitas usaha berupa SIUP/lainnya.
  • Fotokopi rekening BRI.
  • Fotokopi rekening koran.
  • Fotokopi NPWP.

Cara Pengajuan Pinjaman Bank BRI Jaminan AJB

Jika sudah tahu mengenai apa saja syarat ketentuan guna ajukan pinjaman di bank BRI jaminan Akta Jual Beli seperti diatas, maka selanjutnya Anda tinggal mengetahui bagaimana cara pengajuan pinjamannya.

Di mana pengajuan bisa dilakukan dengan cara datang langsung ke kantor cabang BRI terdekat dengan membawa semua persyaratan. Silakan temui cs dan sampaikan jika Anda ingin ajukan pinjaman dengan jaminan AJB.

Lalu untuk Anda yang ingin ajukan secara online maka bisa menghubungi marketing BRI. Pastikan sebelum menghubungi semua syarat ketentuan sudah disiapkan agar proses bisa berjalan lancar tanpa ada kendala.

Kemudian setelah berhasil melewati tahap pengisian formulir pendaftaran, pihak bank BRI akan melakukan survey. Saat tahap ini sudah terlewati maka silakan tinggal tunggu proses persetujuan kredit yang membutuhkan waktu kurang lebih 3 – 14 hari kerja.

Baca  12 Cara Tarik Tunai OVO di ATM BCA 2022 : Syarat & Admin

Terakhir Anda tinggal menunggu pengajuan kredit diterima dan lakukan tanda tangan akad kredit di bank BRI. Jika sudah maka uang atau dana pinjaman akan cair dan dikirim ke rekening BRI Anda.

Seperti itu kiranya pembahasan terkait tabel pinjaman atau angsuran di bank BRI jaminan AJB yang dapat pakaiatm.com sajikan. Semoga adanya pembahasan tabel pinjaman bank BRI jaminan Akta Jual Beli di atas bisa bermanfaat bagi semua yang membutuhkan.