5 Perbedaan Kartu ATM Chip dan Magnetic Wajib Diketahui

Perbedaan Kartu ATM Chip dan Magnetic – Dalam Surat Edaran BI No.17/52/DKSP tentang Implementasi Standar Nasional Teknologi Chipe dan Penggunaan Personal Identification Number Online 6 digit menyatakan pergantian kartu berbasis magnetic stripe akan diganti menjadi kartu ATM berbasis chip.

Dalam surat edaran tersebut juga menyinggung soal pemblokiran kartu magnetic stripe. Untuk menindaklanjuti hal tersebut, bank-bank di Indonesia melakukan sosialisasi untuk mengganti kartu magnetic menjadi kartu berbasis chip.

Meskipun demikian, masih banyak nasabah yang kebingungan dengan jenis kartu ATM yang mereka miliki. Dimana kebanyakan dari pemilik kartu ATM tidak tahu mana kartu ATM Chip dan mana kartu ATM Magnetic stripe, alhasil KARTU ATM LAMA TIDAK DIGUNAKAN.

Kartu magnetic stripe dan chip memiliki perbedaan yang bisa dilihat dari berbagai aspek. Lantas apa sajakah perbedaan kartu ATM chip dan magnetic? Nah, bagi Anda yang belum mengetahui perbedaan kedua kartu ATM tersebut, maka langsung saja simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Perbedaan Kartu ATM Chip dan Magnetic

Perbedaan Kartu ATM Chip dan Magnetic

Jika dilihat dari bentuk kartu keduanya memang sama, namun untuk membedakan keduanya bukan hanya dilihat dari bentuk kartu saja. Akan tetapi masih banyak aspek yang bisa menjadi acuan untuk membedakan kartu ATM Chip dan Magnetic stripe.

Perbedaan keduanya bisa dilihat dari segi teknologi, keamanan dan lain sebagainya. Dengan mengetahui perbedaan dari kartu ATM Chip dan Magnetic, Anda juga akan mengetahui kartu ATM milik Anda sudah berbasis chip atau masih magnetic.

Jika didapati kartu ATM masih magnetic stripe Anda bisa langsung menggantinya di bank penerbit kartu. Adapun perbedaan kartu ATM Chip dan Magnetic Stripe yang wajib diketahui yaitu sebagai berikut.

Baca  Call Center Standard Chartered Bank di Indonesia

Ciri Fisik Kartu ATM

Ciri Fisik Kartu ATM

Perbedaan kedua kartu ATM pertama dilihat dari segi fisik. Ciri fisik dari kartu ATM Chip yaitu memiliki chip pada salah satu bagian kartu, lebih tepatnya berada di depan kartu.

Biasanya chip tersebut ditanamkan pada sisi kiri kartu ATM dan memiliki bentuk yang hampir sama seperti kartu perdana ponsel. Chip kartu ATM berbentuk kotak kecil serta memiliki warna emas disertai pola garis didalamnya.

Sedangkan, ciri fisik dari kartu ATM Magnetic Stripe memiliki pola garis hitam dibagian belakang kartu. Pita hitam tersebut menyimpan data dan akan terbaca pada saat Anda melakukan transaksi.

Apabila pita hitam tersebut rusak atau tergores, maka kartu ATM akan sulit terbaca. Sehingga transaksi yang Anda lakukan akan mengalami kendala.

Teknologi Kartu ATM

Teknologi Kartu ATM

Selain bentik fisik, perbedaan kartu debit Chip dan magnetic juga bisa dilihat dari segi teknologi keduanya. Teknologi ATM Chip jauh lebih aman dibandingkan teknologi magnetic stripe. Kartu ATM berbasis chip ini dapat mengurangi risiko terjadinya aksi kejahatan seperti skimming.

Sementara, data di magnetic stripe “as is” tidak di password atau proteksi sehingga lebih mudah dibaca oleh pihak tak bertanggung jawab.

Keamanan Kartu ATM

Keamanan Kartu ATM

Kartu ATM Chipe tidak mudah digandakan, karena data yang disimpan didalam chip lebih banyak. Selain itu, chip pada kartu ATM juga memiliki CPU, memory, sistem operasi aplikasi dan fungsi kriptografi, sehingga lebih aman.

Disamping itu, kartu ATM Magnetic Strip mudah untuk digandakan, pasalnya nomor kartu, expire date, nama nasabah dan data lainnya disimpan pada magnetic stripe.

Keaslian Kartu ATM

Keaslian Kartu ATM

Perbedaan lainnya yaitu keaslian kedua kartu itu sendiri. Dimana keaslian kartu ATM Chipe dipastikan dengan metode offline CAM dan online CAM. Sedangkan kartu ATM Magnetic menggunakan terminal dan bank host saat bertransaksi, itu pun belum dapat memastikan keaslian kartu.

Baca  5 Cara Ganti Kartu ATM Chip Bank DKI 2022 (Syarat & Biaya)

Efisiensi Kartu ATM

Efisiensi Kartu ATM

Perbedaan keduanya juga bisa dilihat dari efisiensi kartu. Kartu ATM berbasis chipe memiliki efisiensi yang mampu berisi lebih dari satu aplikasi dalam satu kartu. Sedangkan untuk kartu ATM lama yang berbasis magnetic stripe hanya bisa menampung satu aplikasi dalam satu kartu ATM.

Itulah beberapa perbedaan kartu ATM Chip dan Magnetic stripe yang wajib diketahui oleh Anda pemilik kartu ATM. Dilihat dari segi fisik sendiri, kedua jenis kartu ATM tersebut sudah terlihat jelas perbedaannya. Demikian artikel dari Pakaiatm.com, semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda.