12 Tabungan Anak Terbaik 2021 : Bank Syariah & Konvensional

Tabungan Anak Terbaik – Belajar menabung memang harus dilakukan sejak dini, sehingga nantinya dengan bertambahnya usia dan semakin dewasa akan dapat mengatur ekonomi keuangan. Dengan begitu ajari anak Anda untuk menabung sejak dini.

Banyak cara untuk mengajari anak untuk mulai menabung, dari cara kuno seperti membelikan celengan atau dengan cara modern dengan membuatkan tabungan di bank. Apalagi hal tersebut sudah didukung dengan banyak bank nasional telah menawarkan produk khusus anak.

Untuk Anda para orang tua yang ingin mengajarkan anak cara menabung secara modern dengan buka tabungan bank dan masih bingung mana saja tabungan yang terbaik. Pada kesempatan kali ini pakaiatm.com akan sampaikan informasi mengenai daftar tabungan anak itu sendiri.

Memang harus memerlukan pemilihan tepat pada tabungan yang akan dibuka nantinya. Nah untuk apa saja tabungan anak terbaik itu sendiri? Berikut akan disampaikan secara lengkap ulasannya di bawah, jadi terus untuk simak sampai akhir.

Tabungan Anak Terbaik

Apa Itu Tabungan Anak?

Tabungan anak merupakan tabungan yang diperuntukkan bagi anak-anak di bawah 17 tahun atau masih sekolah. Tujuan adanya tabungan ini yaitu untuk mengajarkan anak untuk mulai menabung sejak usia dini.

Daftar Tabungan Anak Terbaik

Di Indonesia sendiri sudah cukup banyak produk-produk tabungan anak terbaik yang ditawarkan oleh bank-bank ternama. Berikut ada beberapa produk tabungan terbaik untuk anak yang pakaiatm.com rangkumkan.

1. Mandiri Syariah Tabungan Simpanan Pelajar iB (SimPel)

Mandiri Syariah Tabungan Simpanan Pelajar iB SimPel

Tabungan anak pertama berupa tabungan simpanan pelajar yang datang dari bank syariah ternama di Indonesia yaitu bank Mandiri syariah. Nantinya tabungan terbaik ini menawarkan tabungan dengan prinsip syariah dengan akad Wadi’ah Yad Dhamanah.

Selain itu tabungan anak ini juga sudah dibekali dengan layanan kartu ATM/debit sehingga hampir sama seperti produk lainnya dari bank ini. Selain itu ada beberapa hal yang menjadikan tabungan ini jadi terbaik:

  • Sudah adanya layanan e-Banking seperti Mandiri Syariah Mobile, Mandiri Syariah Net Banking, dan Notifikasi Transaksi.
  • Setoran awal, setoran berikutnya, saldo minimum, biaya tutup rekening hanya Rp 1.000.
  • Syarat pembukaan mudah yaitu identitas diri (kartu pelajar) dan identitas orang tua.

2. Mandiri Tabungan Simpanan Pelajar (SimPel)

Mandiri Tabungan Simpanan Pelajar SimPel

Tabungan terbaik selanjutnya datang masih dari bank Mandiri, melainkan dari Mandiri konvensional. Tabungan ini bernama tabungan Simpanan Pelajar (Simpel), mungkin tabungan ini sudah tidak asing lagi tentunya bagi para anak-anak.

Tabungan terbaik ini diperuntukkan untuk pelajar atau siswa PAUD/TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA atau sederajat di mana memiliki usia masih di bawah 17 tahun. Mengapa tabungan ini menjadi yang terbaik mungkin karena beberapa hal ini:

  • Tidak adanya biaya administrasi bulan.
  • Syarat setoran awal pembukaan hanya Rp 5.000.
  • Setoran berikutnya bisa mulai dari Rp 1.000.

3. Maybank Tabungan Super Kidz

Maybank Tabungan Super Kidz

Tabungan Super Kidz dari Maybank menjadi tabungan terbaik selanjutnya yang cocok untuk anak-anak. Ini sudah dibuktikan dengan cukup banyak orang tua yang mengarahkan pembukaan tabungan ini untuk para anaknya.

Keunggulan dari tabungan ini sendiri seperti gratis biaya transfer dan biaya administrasi bulanan. Selain itu suku bunga yang diberikan juga terbilang  rendah yaitu hanya 0,50 % per tahun untuk saldo Rp 1 – 100 juta.

Syarat Pembukaan:

  • Usia di bawah 17 tahun.
  • Setoran awal Rp 100.000.
  • Identitas diri (kartu pelajar).
  • Akta lahir dan kartu keluarga.

4. Mega Perdana

Mega Perdana

Tabungan terbaik selanjutnya datang dari bank Mega dengan produk yang bernama Mega Perdana, di mana tabungan ini sangat cocok dan diperuntukkan bagi nasabah yang baru pertama kali membuka tabungan. Sehingga ini sangat tepat dibuka untuk anak-anak/pelajar.

Yang membuat tabungan ini menjadi terbaik mungkin datang dari sisi fasilitas diberikan, seperti misalnya sudah adanya layanan e-Banking. Selain itu ada beberapa layanan lainnya yang menjadi salah satu keunggulan tabungan Mega Perdana.

Hanya saja uang setoran awal pada tabungan Mega Perdana ini cukup besar yaitu Rp 500 ribu, jika dibandingkan dengan tabungan terbaik di atas sebelumnya. Untuk suku bunga sendiri cukup rendah yaitu 1,00 % per tahun.

5. Panin Bank Tabungan Junior

Panin Bank Tabungan Junior

Setoran awal ringan, suku bunga kompetitif, bebas biasa administrasi bulanan, biaya saldo di bawah minimum dan biasa ATM mungkin menjadi salah satu nilai plus dari tabungan terbaik Junior dari bank Panin.

Tabungan ini merupakan salah satu dari beberapa produk terbaik yang ditawarkan oleh bank Panin. Sama halnya dengan tabungan anak lainnya, jika ingin melakukan pembukaan harus siapkan syarat seperti:

  • Identitas diri berupa kartu pelajar dan identitas orang tua.
  • Uang setoran awal.
  • Mengisi form pembukaan tabungan.

6. Simpanan Pelajar BRI Syariah iB

Simpanan Pelajar BRI Syariah iB

Simpanan Pelajar (SimPel) dari bank BRISyariah juga dapat menjadi salah satu tabungan yang cocok untuk para pelajar dan anak-anak dengan usia 17 tahun ke bawah. Sama halnya dengan tabungan dari Mandiri Syariah, tabungan terbaik ini juga menawarkan tabungan dengan akad Wadi’ah Yad Dhamanah.

Hal lain membuat tabungan ini menjadi yang terbaik dan cocok di buka bagi anak yang baru pertama ingin menabung yaitu seperti setoran awal ringan hanya Rp 1.000, bebas biaya administrasi, diberikan bonus sesuai kebijakan bank. Selain itu dapat melakukan transaksi melalui ATM di jaringan BRI, Prima dan Bersama.

7. Tabungan BCA Simpanan Pelajar (SimPel)

Tabungan BCA Simpanan Pelajar SimPel

Ditujukan untuk anak-anak atau pelajar dengan usia di bawah 17 tahun, tabungan ini juga sangat tepat untuk para anak yang baru pertama ingin buka tabungan. Apalagi BCA menawarkan bebas biaya admin dan setoran awal hanya Rp 5.000 saja pada produk tabungan terbaik SimPel satu ini.

Nantinya dengan salah satu tabungan terbaik dari BCA ini, nasabah yang berupa pelajar akan mendapatkan kartu debit/ATM untuk bertransaksi. Di mana kartu ATM tersebut memiliki limit cukup besar yaitu Rp 7 juta/hari untuk penarikan tunai di ATM dan limit transfer Rp 25 juta/hari.

8. Tabungan BJB Tandamata MyFirst

Tabungan BJB Tandamata MyFirst

Tabungan terbaik yang cocok untuk para anak-anak yaitu tabungan Tanda mata MyFirst dari bank BJB, menjadi salah satu bank pembangunan daerah terbaik tentunya produknya tidak usah diragukan lagi. Bagi Anda para orang tua yang ingin mengarahkan anaknya untuk menabung, tabungan anak ini sangat tepat.

Setoran awal Rp 50 ribu, kartu ATM dicetak dengan nama anak, desain kartu menarik, bebas biaya tarik tunai, di bank BJB, ATM Prima dan Bersama mungkin salah satu faktor mengapa tabungan ini jadi yang terbaik. Selain itu bunga diberikan juga cukup ringan yaitu 1,00 % per tahun.

9. Tabungan BNI Taplus Anak

Tabungan BNI Taplus Anak

Tabungan anak yang bisa dikatakan menjadi terbaik selanjutnya datang dari BANK TERBAIK DI INDONESIA juga yaitu bank BNI dengan produk bernama BNI Taplus anak. Sama seperti halnya tabungan sebelumnya tabungan ini juga ditujukan pada anak-anak dengan umur di bawah 17 tahun.

Ada beberapa mengapa tabungan dari BNI ini jadi yang terbaik, salah satunya setoran awal saat pembukaan ringan, banyak promo menarik, banyak biaya terbebaskan seperti biaya admin dan saldo di bawah minimum. Tentunya sudah diberikan fasilitas layaknya kebanyakan tabungan lain dari BNI.

10. Tabungan BRI Junio

Tabungan BRI Junio

Jadi salah satu bank terbaik, tentunya produk ditawarkan juga tidak sembarangan. Salah satunya untuk produk tabungan BRI JUNIO, di mana tabungan ini sangat tepat untuk dibuka anak-anak yang baru pertama kali menabung.

Nantinya setelah pembukaan produk tabungan akan diberikan fasilitas layanan seperti kartu ATM dan layanan e-Banking. Nah untuk syarat pembukaan tabungan anak dari BRI ini sendiri seperti:

  • Uang setoran awal Rp 150.000.
  • Identitas diri (kartu pelajar).
  • identitas orang tua.

11. Tabungan BTN Junior

Tabungan BTN Junior

BTN juga tidak kalah dengan bank-bak ternama lainnya yang menawarkan produk terbaiknya, tidak terkecuali pada produk tabungan anak atau junior. Di mana produk ini sangat cocok untuk anak-anak di bawah 17 tahun yang berkeinginan untuk menabung.

Keunggulan atau hal yang membuat tabungan BTN Junior menjadi tabungan terbaik yaitu setoran awal ringan, bunga ringan, dan syarat pembukaan cukup mudah. Karena hanya perlu melengkapi identitas diri dan memberikan uang setoran awal saja.

12. Tabungan CIMB Junior

Tabungan CIMB Junior

Tabungan anak terakhir datang dari bank CIMB Niaga yaitu dengan produk tabungan CIMB Juniornya. Ini bisa jadi pilihan terbaik jika ingin membuka rekening tabungan anak dan sangat cocok untuk yang baru belajar menabung.

Nantinya jika Anda membuka tabungan ini akan mendapatkan layanan fasilitas seperti kartu ATM, buku tabungan, layanan e-Banking. Selain itu bunga cukup kecil juga diberikan pada produk tabungan terbaik ini, yaitu hanya memberikan bunga 0,75% per tahun.

Manfaat Adanya Tabungan Anak

Setelah mengetahui tentang tabungan anak di atas, tentunya Anda juga perlu tahu mengenai manfaat apa saja yang didapatkan dengan adanya produk-produk tabungan anak tersebut. Seperti misalnya:

  • Mengajarkan anak sejak dini akan pentingnya menabung.
  • Mengajarkan anak lebih bisa mengatur keuangan.
  • Belajar berhemat dan memikirkan jangka panjangnya.
  • Mengajarkan mempersiapkan dana untuk masa depan.

Keunggulan Tabungan Anak

Selain manfaatnya, ternyata tabungan anak juga memiliki keunggulan dari pada produk tabungan lainnya. Memang setiap produk tabungan akan memiliki keunggulan masing-masing, namun siapa sangka tabungan anak ada nilai plusnya.

  • Banyak produk tabungan anak yang menawarkan biaya gratis administrasi dan biaya pembuatan kartu.
  • Menawarkan banyak promo menarik.
  • Memberikan bunga tidak terlalu besar.
  • Banyak poin reward dapat ditukarkan dengan barang menarik.
  • Setoran awal cukup ringan dibandingkan dengan produk tabungan lain.

Mungkin seperti ilulah informasi dapat pakaiatm.com sampaikan untuk Anda mengenai produk tabungan anak terbaik baik itu dari bank konvensional atau syariah. Semoga dengan adanya ulasan tabungan anak di atas dapat bermanfaat dan berguna bagi yang membutuhkan.