√ Apa Itu Mutasi Rekening ? Fungsi, Contoh & Cara Cek Mutasi Rekening

Apa Itu Mutasi Rekening – Bagi Anda nasabah bank baru yang baru saja membuat rekening tentu akan terasa dibingungkan dengan adanya istilah-istilah baru. Di mana istilah ini nantinya hanya terdapat didunia perbankan saja.

Dari banyaknya istilah yang ada, mungkin mutasi rekening menjadi salah satu istilah yang banyak belum diketahui oleh nasabah baru. Dengan begitu para nasabah akan bertanya atau mencari informasi apa itu sebenarnya mutasi rekening.

Jika Anda nasabah bank yang ada di Indonesia seperti BRI, BNI, BCA, Mandiri dan lainnya namun masih belum tahu secara jelas apa itu mutasi rekening. Maka kali ini pakaiatm.com akan sajikan secara lengkap penjelasannya mutasi rekening.

Dengan begitu bagi Anda yang masih bingung mengenai apa itu mutasi rekening, bisa simak penjelasan di bawah ini sampai akhir. Karena sudah kami rangkumkan dari arti, fungsi, contoh dan cara cek mutasi rekening.

Apa Itu Mutasi Rekening

Apa Itu Mutasi Rekening

Apa itu mutasi rekening bank adalah salah satu catatan, riwayat, history dari transaksi yang pernah terjadi pada sebuah rekening. Baik itu transaksi dana/saldo masuk ke rekening atau dana/saldo keluar dari rekening.

Dengan begitu, saat Anda melakukan transaksi tarik tunai / transfer ke rekening lain maka akan secara otomatis mutasi debet rekening saldo tabungan tercatat dan saldo di dalam rekening berkurang.

Baca  Pinjaman Koperasi Alfamart 2022 : Layanan, Syarat & Tanggal Pencairan

Itu juga berlaku sebaliknya saat Anda melakukan sebuah transaksi menabung atau dapat transfer masuk ke rekening. Di mana hal itu menandakan ada transaksi masuk / kredit yang artinya saldo di dalam tabungan bertambah.

Apa mutasi rekening juga kerap disebut atau dikenal dengan nama lain rekening koran pada buku tabungan. Namun rupanya ada beberapa perbedaan antara mutasi rekening dan rekening koran yang perlu nasabah bank ketahui.

Fungsi Mutasi Rekening

Terkait apa fungsi mutasi rekening sendiri sangatlah penting bagi nasabah, tidak hanya sekedar sebagai catatan transaksi keuangan saja melainkan juga sebagai syarat dokumen berbagai kepengurusan administrasi lain.

1. Bukti Transaksi

Pertama, sebagai bukti transaksi keuangan. Yang nantinya setiap transaksi keuangan baik uang masuk ke rekening maupun keluar ke rekening akan tercatat dengan jelas. Tentu saja mutasi rekening sangat diperlukan guna menghindari kesalahpahaman bertransaksi.

Karena dengan mutasi rekening inilah Anda bisa membuktikan jika telah adanya transaksi. Contoh saat Anda beli barang secara online, uang telah ditransfer namun penjual merasa tidak ada uang masuk ke rekeningnya, maka lihat mutasi dan kirimkan.

2. Syarat Pengajuan Pinjaman

Kedua, fungsi mutasi rekening bagi beberapa bank adalah sebagai syarat pengajuan pinjaman. Seperti contohnya syarat pengajuan KPR, nantinya pihak bank penyedia jasa KPR akan meminta nasabah melampirkan dokumen mutasi rekening bank.

Nantinya pihak bank akan menganalisis arus masuk dan keluar uang terdapat pada rekening sebagai bentuk pemeriksaan jika nantinya Anda mampu membayar cicilan setiap bulannya. Sehingga minim terjadinya penunggakan angsuran.

3. Syarat Pengajuan Visa

Ketiga, bisa juga mutasi rekening di beberapa negara mengharuskan para pelancong untuk melampirkan catatan transaksi ini dalam kurun waktu 3 atau 6 bulan belakang sebagai syarat pengajuan visa.

Baca  √ Cara Melihat Kode CVV CIMB Niaga 2022 : Fungsi & Bagian

Sama halnya fungsi kedua, nantinya mutasi rekening berfungsi untuk melihat pengeluaran dan pemasukan sekaligus melihat apakah Anda memiliki uang cukup untuk bepergian di negara yang sedang dikunjungi.

4. Kontrol Keluar Masuknya Uang

Tidak hanya fungsi di atas saja, mutasi rekening juga nantinya akan berperan agar nasabah bank bisa mengontrol keuangan. Sebagai contoh bulan ini Anda sudah mengeluarkan uang berapa dan untuk keperluan apa saja.

Jika sudah terdapat ada pengeluaran yang menurut terlalu berlebihan, maka bisa Anda evaluasi kembali di bulan berikutnya. Hal itu bertujuan agar tidak terulang kembali transaksi yang tidak diperlukan.

Format Mutasi Rekening

Terkait format mutasi rekening sendiri setiap bank akan memiliki format berbeda seperti bank BRI, BNI, BCA, Mandiri dan bank lain tidak sama. Namun secara umum, ada beberapa data informasi penting seperti misalnya:

  • Nama bank
  • Nama nasabah
  • Nomor rekening nasabah
  • Tanggal dan bulan periode mutasi
  • Tanggal transaksi
  • Saldo rekening
  • Keterangan transaksi
  • Tipe transaksi baik itu debit atau kredit
  • Nilai transaksi

Namun saat Anda berencana mencetak mutasi rekening, pastikan bahwa tidak ada transaksi terlewat. Bahkan tidak hanya itu, setiap angka dan tulisan yang ada di dalam mutasi rekening harus terlihat jelas agar bisa dibaca dengan mudah.

Cara Cek Mutasi Rekening

Lantas bagaimana dengan cara cek mutasi rekening? Terkait cara cek mutasi rekening sendiri ada beberapa cara yang bisa Anda pilih untuk bisa cetak bukti transaksi atau mutasi rekening, seperti misalnya:

1. Cek lewat Mesin ATM

Cara pertama cek mutasi rekening bank adalah melalui mesin ATM, Anda tinggal masukkan kartu ATM ke mesin lalu pilih menu “Mutasi Rekening”. Hanya saja mutasi melalui ATM hanya akan tampilkan lima transaksi terakhir.

Baca  12 Bank Terbaik Terbesar di Indonesia Untuk Menabung 2022

2. Cek Mutasi Rekening Melalui Teller Bank

Cara kedua cek mutasi rekening adalah dengan mengunjungi kantor cabang bank. Jika sudah silakan ambil nomor antrean teller dan tunggu sampai dipanggil. Setelah itu berikan buku tabungan dan KTP ke teller, maka mutasi akan dicetak.

3. Cek Lewat Mobile Banking

Cara ketiga cek mutasi rekening adalah dengan melalui aplikasi Mobile Banking. Biasanya aplikasi m Banking telah memiliki fitur mutasi rekening atau e-statement. E-statement nantinya berisi riwayat transaksi pada periode bulan tertentu dan bisa unduh.

4. Cek Lewat Internet Banking

Cara keempat cek mutasi rekening adalah dengan melalui layanan Internet Banking. Sama halnya di atas, nantinya Anda akan ditunjukkan mutasi rekening dari semua transaksi yang ada di dalam rekening tabungan.

5. Cek Lewat SMS Banking

Terakhir adalah cek mutasi rekening adalah dengan menggunakan fasilitas SMS banking. Nantinya akan ada format tertentu yang dikirimkan untuk bisa dapatkan mutasi rekening dan nantinya Anda hanya akan berikan 4 transaksi terakhir saja.

Contoh Mutasi Rekening

Kemudian untuk contoh mutasi rekening nantinya didalamnya akan terdapat tanggal transaksi, deskripsi, debit, kredit dan saldo pada tabungan. Nantinya Mutasi bisa berbentuk digital maupun printout buku tabungan yang isinya sama. Ini dia contoh mutasi rekening.

1. Mesin ATM

1. Mesin ATM

2. Teller Bank

2. Teller Bank

3. Mobile Banking

3. Contoh Apa Itu Mutasi Rekening di Mobile Banking

4. Internet Banking

4. Internet Banking

5. SMS Banking

5. SMS Banking

Demikian kiranya penjelasan apa itu arti mutasi rekening, format, fungsi, cara cek mutasi rekening dan contoh bukti transaksi dalam rekening yang dapat pakaiatm.com sajikan. Semoga adanya penjelasan apa itu mutasi rekening di atas bisa bermanfaat bagi semua yang membutuhkan