6 Perbedaan Mutasi Rekening dan Rekening Koran Bank & Contoh 2021

Perbedaan Mutasi Rekening dan Rekening Koran Bank – Dalam dunia perbankan, ada banyak istilah, fitur atau fasilitas yang masih belum diketahui oleh banyak orang. Bahkan mutasi rekening dan rekening koran yang sering terdengar serta sudah tidak asing lagi masih banyak orang yang belum mengetahuinya.

Dalam dunia perbankan, istilah mutasi rekening dan rekening koran merupakan sesuatu yang sangat berkaitan. Namun, sering kali mutasi dengan rekening koran diartikan sama, padahal keduanya memiliki perbedaan. Memang benar keduanya sama-sama memberikan informasi terkait riwayat transaksi terakhir.

Selama ini menganggap mutasi dan rekening koran itu sama, adalah salah besar. Pasalnya kedua elemen perbankan ini ternyata berbeda. Perbedaan paling menonjol diantara keduanya bisa dilihat dari isi yang terkandung di dalam. Lantas apa saja perbedaan mutasi rekening dan rekening koran bank?

Nah, bagi Anda  yang belum mengetahui apa perbedaan dari mutasi dan rekening koran bank, maka inilah saat paling tepat untuk mengetahuinya. Dimana pada kesempatan kali ini pakaiatm akan menyajikan informasi terkait perbedaan mutasi rekening dan rekening koran bank. Adapun informasi selengkapnya, sebagai berikut.

Perbedaan Mutasi Rekening dan Rekening Koran Bank

Perbedaan Mutasi Rekening dan Rekening Koran Bank

Meskipun sering terdengar, namun banyak orang masih salah mengartikan mutasi dan rekening koran. Dimana keduanya sering disamakan, padahal keduanya benar-benar memiliki perbedaan. Adapun perbedaan dari mutasi dan rekening koran bank, bisa Anda pahami lewat ulasan lebih lengkap di bawah ini.

1. Dari Sisi Pengertian

1. Dari Sisi Pengertian Mutasi Rekening dan Rekening Koran Bank

Perbedaan mutasi dan rekening koran juga bisa dipahami melalui pengertian keduanya. Dimana mutasi rekening adalah sebuah riwayat atau histori terkait catatan aktivitas transaksi yang terjadi dalam sebuah rekening. Catatan transaksi tersebut berupa transaksi debit ataupun kredit dalam tabungan Anda.

Sedangkan, rekening koran adalah ringkasan semua transaksi keuangan secara menyeluruh dari suatu rekening, berapapun nominalnya, baik rekening individu maupun badan usaha. Rekening koran akan menyajikan informasi berupa saldo awal bulan, mutasi debit, mutasi kredit, dan saldo akhir bulan.

2. Dari Sisi Informasi Didalamnya

2. Dari Sisi Informasi Didalamnya

Perbedaan selanjutnya, bisa dilihat dari informasi yang ditampilkan dalamnya. Mutasi biasanya akan tertera informasi seperti Nama Pemilik Rekening, Nomor Rekening, Tanggal / Bulan Periode Rekening, Nama Bank, Tanggal Transaksi, Uraian Transaksi, Tipe Transaksi (debit atau credit), Nilai Transaksi, dan Saldo Pengendapan.

Disamping itu rekening koran biasanya akan berisi informasi berupa saldo awal bulan (yang diambil dari saldo akhir bulan sebelumnya), mutasi debet, mutasi kredit, dan saldo akhir bulan (yang akan menjadi saldo awal bulan berikutnya) dan ringkasan transaksi hingga 3 bulan. Intinya rekening koran sama dengan buku tabungan.

3. Dari Segi Fungsinya

3. Dari Segi Fungsinya

Dari segi fungsi, keduanya  juga memiliki perbedaan. Adapun fungsi dari mutasi rekening yaitu sebagai berikut.

  • Sebagai laporan dari seluruh aktivitas yang terjadi pada rekening berupa uang masuk maupun keluar.
  • Sebagai media pengecekan transaksi dalam bisnis.
  • Untuk mengontrol pemakaian dana dan menghindari penyalahgunaan pihak lain terhadap dana yang dimiliki.

Sedangkan, rekening koran berfungsi sebagai berikut.

  • Untuk mendapatkan informasi mengenai saldo awal bulan, saldo akhir bulan, mutasi rekening dan mutasi kredit hingga biaya pungutan.
  • Rekening koran  juga biasa digunakan untuk kepentingan perusahaan atau pemilik rekening untuk menelusuri terkait kecurangan yang terjadi.
  • Untuk  permohonan Visa, pasalnya rekening koran merupakan salah satu syarat mengajukan visa.

4. Dari Segi Sifatnya

4. Dari Segi Sifatnya

Berdasarkan sifatnya, keduanya juga memiliki perbedaan. Mutasi rekening sendiri hanya menampilkan riwayat transaksi yang terbatas yaitu 3 hingga 30 hari transaksi terakhir dan akan hilang setelah melebih 6 bulan. Dengan kata lain mutasi hanya berlaku 6 bulan terakhir, sehingga sifatnya hanya sementara.

Sementara itu, rekening koran menampilkan semua hal seperti buku tabungan seperti saldo awal mutasi debit ataupun kredit dan lain sebagainya. Dengan kata lain, rekening koran berisi informasi arus masuk dan keluar dari sebuah rekening terkait, maka sifatnya sama dengan buku tabungan yakni tetap selagi tabungan itu aktif.

5. Cara Mendapatkannya

5. Cara Mendapatkannya

Untuk mendapatkan mutasi rekening ataupun rekening koran caranya juga berbeda. Dimana cara mendapatkan mutasi rekening bisa dilakukan dengan melakukan cek mutasi melalui mesin ATM, mobile banking, internet banking dan SMS Banking.

Sedangkan, untuk mendapatkan rekening koran, Anda harus cetak rekening koran di bank dengan memenuhi syarat yang meliputi, buku tabungan, kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu debit atau kartu ATM.

6. Biaya

6. Biaya

Perbedaan mutasi rekening dan rekening koran selanjutnya yaitu biaya itu sendiri. Biaya yang dimaksudkan yaitu biaya untuk mendapatkannya. Untuk mendapatkan mutasi rekening Anda tidak akan dikenai biaya alias gratis.

Namun, untuk mendapatkan rekening koran Anda akan dikenai biaya sebagai berikut.

  • Bank BCA : Rp. 2.500 per lembar
  • Bank Permata : Rp. 10.000 per lembar
  • Bank Mandiri : Rp. 2.500 per lembar (transaksi 3 bulan terakhir), Rp. 5.000 per
  • lembar (transaksi 6 bulan terakhir)
  • Bank BNI : Rp. 2.500 sampai dengan Rp. 3.000 per lembar
  • Bank BRI : Rp. 25.000 per lembar (transaksi lebih 12 bulan terakhir)

Itulah perbedaan antar mutasi dengan rekening koran. Agar lebih mudah untuk membedakannya, silahkan simak contoh di bawah ini.

Contoh Mutasi Rekening dan Rekening Koran Bank

Sama seperti untuk membedakan antara KARTU ATM DAN KARTU KREDIT, agar  lebih jelas dalam membedakan mutasi dan rekening koran, maka pada contoh di bawah ini akan terlihat lebih jelas perbedaan keduanya.

Contoh Mutasi Rekening

Contoh Mutasi Rekening

Contoh Rekening Koran

Contoh Rekening Koran

Itulah beberapa perbedaan mutasi rekening dan rekening koran bank yang dapat pakaiatm.com sajikan. Dengan mengetahui perbedaan di atas, maka kini tidak akan salah lagi mengartikan mutasi maupun rekening koran. Demikian artikel dari pakaiatm, semoga mengandung informasi yang bermanfaat.