√ BRI Simpel 2021 : Biaya, Bunga, Syarat & Cara Pembukaan

BRI SimPel – Menabung mungkin menjadi hal baik yang harus diajarkan oleh setiap orang tua kepada anaknya sejak dini. Dan untuk menabung sendiri ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan, seperti salah satunya dengan pembukaan rekening.

Karena hampir semua bank nasional banyak mengeluarkan produk yang cocok untuk anak, tidak terkecuali bank BRI. Bank ini tidak hanya memberikan 1 produk tabungan saja yang cocok untuk anak, di mana ada BRI JUNIO, TABUNGANKU BRI dan SimPel.

Ketiga jenis produk itu memiliki keunggulan berbeda satu sama lain dilihat dari biaya yang ada, bunga, syarat pembukaan dan masih banyak lainnya. Nah pada pembahasan kali ini sendiri pakaiatm.com akan sampaikan informasi lengkap dari salah satu tabungan tersebut yaitu BRI SimPel.

Tabungan yang diperuntukkan untuk para pelajar dari tingkat PAUD, TK atau RA, SD atau MI, SMP atau MTs, SMA, MA atau sederajat atau paling tidak belum 17 tahun. Untuk lebih jelas mengenai tabungan SimPel ini, berikut akan disampaikan secara lengkap.

BRI Simpel

Apa Itu BRI SimPel?

Tabungan SimPel (Simpanan Pelajar) merupakan salah satu tabungan yang diperuntukkan bagi para siswa/pelajar yang ditertibkan oleh bank BRI dengan persyaratan mudah serta sederhana. Namun tabungan SimPel ini sudah dibekali dengan fitur menarik yaitu dengan membekali edukasi dan inklusi keuangan dalam upaya mendorong budaya menabung sejak dini.

Biaya-Biaya yang Ada

Biaya Biaya yang Ada

Untuk biaya-biaya yang ada pada tabungan SimPel ini sendiri bisa dikatakan cukup ringan, bahkan di beberapa jenis pelayanan tidak akan dikenakan biaya. Lebih lengkapnya berikut daftar biaya-biaya yang ada:

JENISBIAYA
Setoran awalRp 5.000
Setoran selanjutnya (Min)Rp 1.000
Biaya administrasiGratis
Biaya penutupan rekeningRp 5.000
Biaya pinalti status dormantRp 1.000/bulan
Ganti buku karena habisGratis
Ganti buku karena hilang & rusakRp 15.000

Suku Bunga

Suku Bunga Tabungan BRI SimPel

Sedangkan untuk suku bunga yang ada, BRI tidak memberlakukannya pada tabungan SimPel (0%). Mungkin itu salah satu keunggulan maupun kelebihan dari tabungan SimPel satu ini dibandingkan dengan SimPel dari bank lain.

Di mana di beberapa bank nasional baik itu konvensional maupun syariah, ada yang memberlakukan suku bunganya. Namun dengan besaran serta ketentuan berbeda satu sama lain tergantung dari kebijakan pihak bank.

Syarat Pembukaan

Syarat Pembukaan BRI SimPel

Untuk syarat pembukaan tabungan BRI sendiri sangatlah sederhana dan tentunya mudah untuk dilengkapi. Di mana para pelajar hanya perlu siapkan persyaratan seperti:

  • Kartu Pelajar.
  • Jika tidak ada kartu pelajar bisa surat keterangan dari sekolah yang mencantumkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) / Nomor Induk Siswa (NIS).
  • Fotokopi Akta Lahir
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK).
  • Fotokopi KTP Orang tua/wali.
  • Mengisi formulir pembukaan rekening.
  • Formulir persetujuan orang tua/wali.
  • Uang setoran awal Rp 5.000.

Cara Pembukaan BRI SimPel

Cara Pembukaan BRI SimPel

Setelah tahu syarat diperlukan untuk pembukaan BRI SimPel, berikut bagaimana tata cara pembukaannya. Yang mana dalam pembukaan tabungan SimPel masih dilakukan secara offline atau harus datang ke kantor cabang bank BRI terdekat.

  • Langkah pertama yaitu datang ke kantor cabang bank BRI terdekat, jangan lupa untuk membawa beberapa syarat-syarat diperlukan.
  • Jika sudah sampai di kantor bank BRI, langsung saja mengambil nomor antrean dan tunggu sampai nomor antrean di panggil CS.
  • Tiba giliran nomor dipanggil, maka langsung saja temui CS dan sampaikan maksud kedatangan yaitu ingin membuka SimPel.
  • Setelah itu CS akan menjelaskan mengenai jenis tabungan tersebut dan meminta syarat diperlukannya.
  • CS akan meminta Anda untuk melakukan pengisian formulir pembukaan rekening, isi secara lengkap dan jika terasa bingung mintalah bantuan pada CS.
  • Jika sudah selesai pengisian maka serahkan kembali formulir tadi.
  • CS mulai memprosesnya, Anda hanya perlu menunggu sebentar. Jika sudah, CS akan memberikan Anda buku tabungan. Pembukaan BRI SimPel berhasil.

NB : Pembukaan juga bisa dilakukan di sekolah. Biasanya di beberapa kesempatan pihak sekolah bekerja sama dengan bank BRI untuk melakukan pembukaan BRI SimPel ini.

Keuntungan Tabungan BRI SimPel

Keuntungan Tabungan BRI SimPel

Dari melihat beberapa info di atas, tentunya Anda sudah bisa menyimpulkan keuntungan dapat dirasakan setelah pembukaan rekening SimPel. Keuntungan tersebut ada seperti:

  • BRI tidak membebankan biaya administrasi bulanan.
  • Setoran awal serta setoran berikutnya tidak terlalu besar.
  • Pembukaan SimPel dapat dilakukan disekolah.
  • Siswa bisa menabung di sekolahan maupun di kantor bank BRI.
  • Rekening SimPel juga atas nama siswa itu sendiri.
  • Mendapatkan buku tabungan.

FAQ

1. Apakah BRI SimPel Bisa Menerima Transfer?

Bisa, baik itu transferan dari rekening BRI maupun bank lain.

2. Apakah BRI SimPel Bisa Transfer?

Bisa. Hanya saja lewat teller bank.

3. Bagaimana Cek Saldo Tabungan BRI SimPel?

Yaitu dengan melihat saldo terakhir di buku tabungan.

Cukup banyak keuntungan bagi nasabah SimPel, hanya saja belum dilengkapi dengan pemberian kartu debit/ATM sehingga tidak bisa untuk transaksi seperti transfer dan cek saldo di Mesin ATM. Mungkin itu saja dapat pakaiatm.com sampaikan mengenai tabungan SimPel, semoga bermanfaat.