BRImo Tidak Bisa Bayar BRIVA, Penyebab & Cara Mengatasinya

BRImo Tidak Bisa Bayar BRIVA – Sejak hadirnya aplikasi BRImo, kini nasabah Bank BRI bisa menikmati kemudahan transaksi melalui genggaman. Aplikasi BRImo sendiri merupakan versi update dari BRI Mobile.

Pada aplikasi BRImo terdapat banyak fitur transaksi, salah satunya adalah transfer BRIVA (BRI Virtual Account). Fitur ini biasanya digunakan untuk melakukan pembayaran tagihan di aplikasi BRImo.

Tapi bicara mengenai fitur BRIVA di aplikasi BRImo, kami memperoleh informasi dari beberapa pengguna yang mengaku kalau aplikasi BRImo miliknya tidak bisa digunakan untuk bayar BRIVA. Kenapa demikian?

Bagi kalian yang mungkin sedang mengalami masalah serupa, berikut akan kami bantu jelaskan terkait penyebab dan cara mengatasi permasalahan tersebut. Tanpa perlu berlama-lama lagi langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.

BRImo Tidak Bisa Bayar BRIVA

BRImo Tidak Bisa Bayar BRIVA

Seperti kami sebutkan diatas, bahwa BRImo merupakan fasilitas Digital Banking yang disediakan oleh Bank BRI. Dengan aplikasi ini, setiap nasabah yang sudah mengaktifkan BRImo bakal dimudahkan dalam melakukan transaksi, salah satunya ketika melakukan pembayaran tagihan.

Berkat adanya fitur BRIVA di dalam aplikasi BRImo, kini proses pembayaran tagihan Indihome, PDAM, PLN dan lain sebagainya bisa dilakukan dalam genggaman. Jadi, kalian tidak perlu lagi keluar rumah untuk melakukan transaksi di ATM BRI atau antri di gerai pembayaran seperti Alfamart, Indomaret, Kantor Pos dan sejenisnya.

Namun perlu diketahui bahwa penggunaan aplikasi ini ternyata juga tidak luput dari masalah, mulai dari BRImo tidak bisa transfer, BRImo tidak bisa Login dan tak terkecuali fitur BRIVA di aplikasi BRImo yang tidak bisa digunakan untuk bayar tagihan atau transaksi pembayaran lainnya.

Baca  Biaya Tarik Tunai Kartu Kredit BRI 2022 (Ketentuan & Bunga)

Khusus untuk permasalahan BRImo tidak bisa bayar BRIVA, mungkin beberapa dari kalian ada yang sedang mengalami masalah tersebut. Lalu tahukah kalian apa penyebab terjadinya masalah itu? Jika belum tahu, simak terus artikel ini sampai akhir.

Jadi, terkait masalah tersebut kami berhasil merangkum beberapa faktor yang mungkin menjadi alasan BRImo tidak bisa bayar BRIVA. Faktor tersebut bisa berasal dari sistem aplikasi maupun kesalahan pengguna BRImo itu sendiri.

Dampak utama yang ditimbulkan ketika fitur BRIVA bermasalah tentu saja kalian tidak bisa melakukan transaksi seperti bayar tagihan, bayar belanja dari eCommerce dan lain sebagainya yang perlu mencantumkan nomor Virtual Account BRI.

Lalu bagaimana cara mengatasi masalah ini ? Apakah perlu datang ke Kantor Cabang Bank BRI terdekat dan meminta bantuan Customer Service? Baiklah, untuk mengatasi masalah tersebut kalian bisa melakukannya secara Online. Tapi jika masalah disebabkan oleh hal serius, mungkin mau tidak mau kalian harus pergi ke Bank BRI untuk mengurusnya.

Solusi atau cara mengatasi BRImo tidak bisa bayar BRIVA memang disesuaikan dengan penyebabnya masing-masing. Berikut ini telah kami siapkan informasi tentang penyebab beserta cara mengatasinya :

1. Salah Memasukkan Kode BRIVA

Penyebab pertama mungkin berasal karena kalian salah memasukkan Kode BRIVA atau nomor Virtual Account BRI. Oleh karena itu, disini kami sarankan untuk menyalin Kode BRIVA dari aplikasi atau mencatat nya secara manual apabila kode pembayaran tertera pada kartu tagihan atau sejenisnya. Ketika Kode BRIVA salah, maka sistem di aplikasi BRImo tidak bisa membaca kode pembayaran tersebut. Dengan begitu, transaksi bayar BRIVA tidak bisa di proses.

2. Koneksi Internet Buruk

Penyebab kedua adalah koneksi internet yang digunakan buruk atau tidak stabil. Seperti kita tahu bahwa penggunaan aplikasi BRImo hanya bisa dilakukan secara Online. Disamping itu, pengguna bisa memakai koneksi internet dari Wifi maupun Data Seluler.

Baca  30 Cara Mengatasi Mandiri Online Terblokir 2022 : Penyebab & Biaya

Namun untuk masalah koneksi internet buruk, faktor ini bisa dialami oleh pengguna Wifi atau Data Seluler, tanpa terkecuali. Misal untuk koneksi internet yang buruk, mungkin pada lokasi kalian berada kurang mendukung sinyal internet dari Data Seluler yang digunakan.

Sedangkan untuk koneksi internet yang tidak stabil, memang lebih sering dialami pengguna Wifi. Sebab, koneksi internet yang berasal dari Wifi seringkali memiliki tingkat Ping yang sangat tinggi. Lalu bagaimana cara mengatasi BRImo tidak bisa bayar BRIVA karena faktor ini?

Sebagai solusinya, kami sarankan untuk memakai koneksi internet dari Data Seluler. Tapi sebelum itu, pastikan sinyal nya bagus. Kenapa lebih memilih Data Seluler, sebab koneksi internet Data Seluler jauh lebih stabil, selama sinyal nya bagus.

3. Saldo Tidak Mencukupi

Selanjutnya, ketika saldo di rekening BRI kurang dari nominal tagihan yang harus dibayarkan, nantinya sistem BRImo juga tidak bisa melanjutkan transaksi bayar BRIVA setelah nomor Virtual Account dimasukkan. Hanya ada satu cara untuk mengatasi masalah ini, yaitu mengisi saldo BRImo dengan cara Setor Tunai di ATM BRI atau transfer dari rekening Bank Lain, eWallet dan lain sebagainya. Setelah saldo mencukupi dan Kode BRIVA yang dimasukkan benar, maka transaksi bayar BRIVA nantinya bisa diproses.

4. Aplikasi BRImo Sedang Maintenance

Penyebab lain dari masalah diatas juga bisa berasal dari aplikasi BRImo yang sedang mengalami gangguan. Dalam kondisi ini, biasanya sistem akan melakukan Maintenance atau Perbaikan selama beberapa saat sampai gangguan tersebut teratasi. Tidak ada solusi apapun untuk penyebab ini kecuali menunggu sampai proses Maintenance berakhir.

5. Aplikasi BRImo Belum di Update

Penyebab BRImo tidak bisa bayar BRIVA yang terakhir adalah aplikasi BRImo yang digunakan masih versi lama, padahal di Play Store sudah tersedia aplikasi BRImo versi terbaru. Untuk mengatasinya, kalian cukup melakukan update aplikasi BRImo di Google Play Store atau App Store, sesuai perangkat yang digunakan.

Baca  BCA Mobile Error 232 Hari Ini? Arti, Penyebab & Cara Mengatasi

Setelah itu, kalian juga bisa melakukan restart smartphone terlebih dahulu. Jika sudah, sekarang coba Login BRImo lalu lanjutkan transaksi bayar BRIVA. Jika berhasil, artinya masalah tersebut benar-benar disebabkan oleh aplikasi yang belum di update.

KESIMPULAN

Itu saja penjelasan dari Pakaiatm.com mengenai mengatasi BRImo tidak bisa bayar BRIVA. Jadi, masalah tersebut bisa terjadi karena Kode BRIVA yang dimasukkan salah, koneksi internet buruk, saldo tidak mencukupi hingga disebabkan oleh faktor sistem BRImo yang sedang gangguan atau aplikasi yang belum diperbarui. Semoga dengan adanya pembahasan diatas, kalian para pengguna BRImo tidak perlu panik ketika tiba-tiba mendapati fitur BRIVA tidak bisa digunakan.

sumber gambar :