18 Cara Transfer Virtual Account BNI Semua Metode 2021

Cara Transfer Virtual Account BNI – Sebagai nasabah BNI pastinya kalian pernah melakukan transfer, baik itu ke sesama maupun Bank lain. Berbicara soal transfer, saat ini Bank BNI menyediakan fitur pembayaran Virtual Account.

Bagi yang belum tahu apa itu Virtual Account, kalian wajib simak artikel ini sampai akhir. Selain itu kami juga punya informasi lengkap seputar tata cara transfer Virtual Account BNI.

Jadi, untuk transaksi tersebut kalian dapat melakukannya secara Online, dengan catatan sudah mengaktifkan layanan mBanking dan iBanking. Lalu bagaimana dengan kalian yang belum memiliki akses ke layanan tersebut?

Tenang, Bank BNI tetap mendukung transaksi tersebut melalui ATM BNI. Nah, supaya lebih jelasnya langsung saja simak ulasan dibawah ini mengenai definisi dari Virtual Account serta cara transfer Virtual Account menggunakan metode Online dan Offline.

Apa Itu Virtual Account?

Apa Itu Virtual Account

Secara garis besar, Virtual Account merupakan rekening tidak nyata (Virtual). Data tersebut akan diperoleh ketika kalian melakukan pembelian Online melalui Shopee, Bukalapak dan situs jual beli Online lainnya. Pada Virtual Account nantinya akan tertera kode perusahaan diikuti dengan nomor HP kalian. Nantinya nomor Virtual Account atau VA berguna sebagai rekening tujuan untuk transfer pembayaran produk yang kalian beli.

Baca  8 Cara Membuat Surat Kehilangan ATM BRI : Syarat & Biaya

Cara Mendapatkan Nomor Virtual Account BNI

Seperti yang kami singgung diatas, nomor Virtual Account bisa diperoleh setelah kalian checkout barang di layanan jual beli Online. Sebagai contoh, kami akan melakukan pembelian barang di Shopee untuk mendapatkan nomor Virtual Account BNI :

1. Buka Aplikasi Shopee

Buka Aplikasi Shopee

Kemudian pilih salah satu barang yang akan di Beli. Kalian bisa mengetik nama barang di kolom pencarian atau menemukannya di Beranda. Jika sudah, tap pilihan barang tersebut.

2. Tap Beli Sekarang

Tap Beli Sekarang

Silahkan tentukan pilhan warna, ukuran dan jumlah pesanan pada menu Pilih Variasi. Setelah itu klik Beli Sekarang.

3. Gunakan Metode Pembayaran Transfer Bank BNI

Gunakan Metode Pembayaran Transfer Bank BNI

Selanjutnya tap Checkout di pojok kanan bawah lalu scroll ke bawah dan pilih Metode Pembayaran. Karena disini kita akan membahas cara transfer Virtual Account BNI maka silahkan pilih Transfer Bank -> BNI.

4. Muncul Nomor Virtual Account BNI

Muncul Nomor Virtual Account BNI

Klik Konfirmasi untuk melanjutkan, lalu pilih Buat Pesanan. Terakhir, kalian akan menjumpai nomor Virtual Account BNI yang akan digunakan untuk transfer pembayaran barang tersebut.

Catatan : Pada tampilan nomor Virtual Account BNI kalian bisa lakukan Screenshot, salin maupun menuliskan nomor pada notepad untuk memudahkan proses transfer nantinya.

Cara Transfer Virtual Account Lewat Mobile Banking BNI

Setelah berhasil mendapatkan Virtual Account BNI, sekarang lanjut cara transfer pembayaran ke nomor tersebut. Proses ini bisa dilakukan melalui fasilitas Digital Perbankan BNI Mobile. Adapun untuk tata caranya sebagai berikut :

1. Buka Aplikasi BNI Mobile

Buka Aplikasi BNI Mobile

Masukkan data Login untuk mengakses layanan mBanking BNI. Kemudian pada tampilan utama silahkan pilih Transfer.

2. Tap Menu Virtual Account Billing

Tap Menu Virtual Account Billing

Pada halaman berikutnya kalian akan menjumpai beberapa menu Transfer, silahkan pilih Virtual Account Billing.

Baca  15 Jenis Kartu ATM BNI 2021 : Admin, Limit Transaksi & Biaya

3. Masukkan Nomor Virtual Account BNI

Masukan Nomor Virtual Account BNI

Setelah itu silahkan tap Input Baru lalu pada kolom Nomor VA ketikkan nomor Virtual Account yang dimiliki. Jika sudah, klik Lanjut.

4. Periksa Rincian Transaksi

Periksa Rincian Transaksi

Kemudian kalian akan menjumpai data transaksi yang dilakukan. Pastikan Nomor VA, Nama Penyedia Jasa dan Total Tagihan telah sesuai. Lalu masukkan Password Transaksi dan klik Lanjut untuk menyelesaikan pembayaran.

Cara Transfer Virtual Account Lewat Internet Banking BNI

Selain melalui Mobile Banking BNI, untuk transfer VA BNI juga bisa dilakukan melalui layanan Internet Banking BNI. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut untuk bayar Virtual Account lewat iBanking BNI :

1. Login Internet Banking BNI

Login Internet Banking BNI

Buka situs iBanking BNI melalui PC maupun smartphone. Pada halaman utama silahkan input UserID, Password iBanking dan 4 digit Kode Karakter. Jika sudah, klik Login.

2. Pilih Menu Transaksi -> Virtual Account Billing

Pilih Menu Transaksi Virtual Account Billing

Selanjutnya klik tab Transaksi di bagian atas. Lalu pilih Virtual Account Billing pada pilihan menu Transfer di sebelah kiri.

3. Input Nomor VA

Input Nomor VA BNI

Kemudian masukkan nomor VA yang dimiliki pada kolom paling atas dan paling bawah. Jika sudah, pilih Lanjutkan.

4. Masukkan Kode Token BNI

Masukkan Kode Token BNI

Setelah itu ikuti instruksi untuk memasukkan kode Token BNI. Terakhir, pilih Proses dan pembayaran Virtual Account BNI lewat Internet Banking telah berhasil.

Cara Transfer Virtual Account Lewat ATM BNI

Cara yang ketiga untuk transfer VA BNI adalah melalui ATM BNI. Cara ini berguna bagi kalian yang belum memiliki akun BNI MOBILE maupun iBanking BNI. Nah, untuk tata cara bayar VA BNI lewat ATM telah kami siapkan dibawah ini :

1. Masukkan Kartu ATM

Masukkan Kartu ATM BNI 1

Pertama silahkan datang ke gerai ATM BNI terdekat. Sesampainya disana masukkan kartu ATM dan pilih Bahasa Indonesia.

Baca  5 Cara Buat PIN Kartu Kredit BNI Mudah & Terbaru 2021

2. Masukkan PIN ATM BNI

Masukkan PIN ATM BNI

Kemudian input 6 digit PIN ATM BNI dengan benar. Kami sarankan untuk berhati hati saat melakukan proses ini, mengingat informasi PIN tidak boleh diketahui oleh siapapun kecuali kalian sendiri.

3. Pilih Menu Lain

Pilih Menu Lainnya

Pada tampilan selanjutnya silahkan pilih Other Menu / Menu Lainnya. Setelah itu akan muncul beberapa pilihan menu, silahkan klik Transfer.

4. Tentukan Rekening Sumber

Tentukan Rekening Sumber

Selanjutnya pilih rekening sumber yang akan digunakan untuk transfer VA BNI. Tersedia pilihan Giro dan Tabungan.

5. Ketikkan Nomor VA BNI

Ketikkan Nomor VA BNI

Pilih tujuan transfer ke BNI Account lalu masukkan nomor VA BNI tujuan. Kemudian klik Tekan Jika Benar.

6. Konfirmasi Transaksi

Konfirmasi Transaksi 1

Sebelum lanjut ke pembayaran, silahkan periksa terlebih dahulu data transaksi yang tertera di layar mesin. Apabila semuanya sudah sesuai, silahkan pilih Tekan Jika Ya. Sampai disini transfer Virtual Account BNI lewat ATM telah selesai, ambil struk pembayaran dan kartu ATM yang keluar dari mesin.

Biaya Admin Transfer VA BNI

Biaya Admin Transfer VA BNI

Perlu diketahui bahwa setiap transaksi transfer Virtual Account BNI kalian akan dikenai biaya admin. Sedangkan besaran biaya tersebut setiap Merchant memiliki ketentuan yang berbeda. Namun yang pasti biaya admin pada transaksi ini tidak mahal, paling hanya 2.000 – 7.500 rupiah.

FAQ

Apakah Bisa Transfer VA BNI Lewat ATM BRI?

Bisa. Cara ini sama seperti kalian melakukan transfer BRI ke BNI.

Apakah Nomor  Virtual Account Memiliki Masa Berlaku?

Ya. Nomor tersebut berlaku selama 24 jam setelah proses Checkout.

Kiranya cukup sekian pembahasan dari PakaiATM.com mengenai cara bayar Virtual Account BNI via Online maupun Offline. Pada ulasan diatas juga kami jelaskan terkait cara memperoleh nomor VA di Merchant jual beli. Sedangkan untuk masalah biaya admin, informasi tersebut akan tertera pada tampilan data transaksi ketika melakukan pembayaran.