√ Jadwal Pemblokiran ATM Lama 2021 : BNI, BCA, BRI & Mandiri

Jadwal Pemblokiran ATM Lama – Seperti kalian ketahui, hampir semua Bank di Indonesia seperti BNI, BRI, BCA dan Mandiri selalu memberikan fasilitas kartu ATM untuk setiap nasabah setelah buka rekening. Nah, berbicara soal ATM kami punya informasi penting mengenai fasilitas tersebut.

Beberapa dari kalian mungkin masih ada yang menggunakan ATM Magnetic Stripe atau ATM yang belum memiliki Chip. Jika demikian, kami sarankan untuk segera mengajukan ganti kartu ATM ke Kantor Cabang dari Bank terkait.

Hal tersebut mengacu pada Surat Edaran Bank Indonesia No. 17/52/DKSP terkait Implementasi Standar Nasional Teknologi Chip untuk Kartu ATM dan/atau Kartu Debet. Lalu bagaimana jika tidak melakukan implementasi atau menukar ATM lama menjadi ATM baru?

Jadi setiap Bank telah memiliki jadwal pemblokiran ATM lama dan bagi nasabah yang masih menggunakan ATM Magnetic Stripe tidak melakukan implementasi lebih dari batas waktu, maka kartu ATM  akan di blokir oleh pihak Bank. Jika demikian, kapan sih jadwal pemblokiran ATM lama? apakah setiap Bank memiliki jadwal sama? simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Jadwal Pemblokiran ATM Lama

Jadwal Pemblokiran ATM Lama

Berbicara soal jadwal pemblokiran kartu ATM Magnetic Stripe, setiap Bank memiliki ketentuan masing-masing. Disamping itu, ada juga Bank yang membagi jadwal pemblokiran menjadi beberapa tahap, sesuai masa expired dari kartu ATM lama yang digunakan. Berikut ini adalah informasi lengkap mengenai jadwal pemblokiran ATM Magnetic Strip untuk nasabah BNI, BCA, BRI dan Mandiri :

1. ATM Lama BNI

ATM Lama BNI

Pertama bagi kalian para pengguna kartu ATM BNI lama, kami sarankan untuk segera melakukan implementasi sebelum tanggal 30 April 2021. Apabila dalam kurun waktu tersebut kalian belum mengganti ATM lama menjadi ATM BNI Magnetic Chip, maka kartu kalian akan di blokir secara otomatis oleh pihak BNI.

Proses penukaran ATM Magnetic Stripe menjadi Magnetic Chip dapat dilakukan melalui Kantor Cabang BNI terdekat. Atau jika tersedia layanan BNI SONIC (Self Service Opening Account) kalian bisa memanfaatkannya untuk implementasi di malam hari, sebab layanan ini beroperasi selama 24 jam.

2. ATM Lama BCA

ATM Lama BCA

Sedangkan untuk Bank Central Asia (BCA) sudah menghimbau setiap nasabah untuk melakukan ganti kartu ATM lama menjadi ATM Chip sejak akhir tahun lalu. Namun, bagi kalian para nasabah BCA, jadwal pemblokiran kartu ATM lama dilakukan pada akhir bulan Desember 2021.

Dengan demikian kalian masih punya waktu sekitar 9 bulan untuk segera menukarkan atau implementasi ATM BCA Magnetic Stripe ke Magnetic Chip. Selain melalui Kantor Cabang BCA, proses implementasi ATM juga bisa dilakukan lewat 900 mesin CS Digital BCA yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia.

3. ATM Lama BRI

ATM Lama BRI

Ketentuan mengenai jadwal pemblokiran ATM lama juga diterapkan oleh BRI untuk setiap pengguna ATM BRI Magnetic Stripe. Apabila kalian merupakan salah satu nasabah BRI, segera lakukan implementasi kartu ATM paling lambat pada bulan September 2021.

Hingga saat ini, sekitar 80% nasabah BRI sudah menukarkan kartu ATM lama ke versi terbaru, yaitu ATM Magnetic Chip. Syarat utama untuk melakukan implementasi ATM hanyalah KTP dan kartu ATM BRI Magnetic Stripe

4. ATM Lama Mandiri

ATM Lama Mandiri

Bagi yang belum tahu, CIRI-CIRI ATM MAGNETIC STRIPE adalah tidak memiliki chip dibagian depan. Selain itu pada bagian belakang juga belum terdapat hologram dari logo GPN.

Kemudian seperti yang kami singgung diatas bahwa ada Bank yang membagi jadwal pemblokiran ATM lama sesuai dengan masa berlakunya. Nah, Bank itu adalah Mandiri yang menerapkan ketentuan terkait jadwal pemblokiran sebagai berikut :

Masa Berlaku ATM Mandiri

Jadwal Pemblokiran

2021-2022 1 April 2021
2023 – 2025 1 Juni 2021
2026 – 2030 1 Juli 2021

KESIMPULAN

Demikianlah informasi dari Pakaiatm.com mengenai jadwal pemblokiran ATM lama BNI, BCA, Mandiri dan BRI. Khusus untuk pengguna ATM Magnetice Stripe Mandiri, jadwal pemblokiran disesuaikan dengan masa berlaku ATM. Meskipun demikian, kami sarankan untuk segera melakukan implementasi tanpa menunggu jadwal pemblokiran. Begitu juga untuk pengguna ATM lama dari BCA, BRI dan BNI, jika proses implementasi dilakukan lebih dari batas waktu yang telah ditentukan maka fasilitas tersebut akan terblokir secara otomatis.