√ 4 Ciri Ciri ATM Mandiri Debit Magnetic Stripe yang Wajib Diketahui 2021

Ciri Ciri ATM Mandiri  Debit Magnetic Stripe – Kartu ATM Mandri merupakan salah satu hal yang wajib diberikan pada saat registrasi rekening Mandiri. Fasilitas ini juga terbagi menjadi beberapa jenis, antara lain Silver,Gold dan Platinum.

Berbicara mengenai ATM Mandiri, belum lama ini Bank Mandiri merilis ketentuan terkait ATM Mandiri Debit Magnetic Stripe. Nah, kami yakin banyak dari kalian para nasabah Mandiri yang baru mendengar istilah Debit Magnetic Stripe. Seperti apa sih ciri ciri dari dari ATM tersebut? tenang, selengkapnya akan kami jelaskan pada artikel berikut.

Ada beberapa ciri ciri dari ATM Mandiri Debit Magnetic Stripe yang bisa dilihat dari segi fisik atau tampilan. Sebelum kami jelaskan secara lengkap mengenai cici-ciri ATM tersebut, perlu diketahui bahwa Mandiri mempunyai ketentuan bagi para nasabah yang masih menggunakan kartu Debit Mandiri Magnetic Stripe.

Bank Mandiri akan melakukan Cleansing atau pemblokiran pada kartu Debit Magnetic Stripe dalam waktu dekat. Oleh karena itu kalian perlu melakukan cek atau paling tidak mengetahui ciri ciri ATM Mandiri Debit Magnetic Stripe. Nah, informasi selengkapnya perihal ciri-ciri hingga jadwal blokir ATM Mandiri Debit Magnetic Stripe telah kami siapkan dibawah ini.

Ciri Ciri ATM Mandiri Debit Magnetic Stripe

Ciri Ciri ATM Mandiri Debit Magnetic Stripe

Bagi yang belum tahu, kartu Debit Magentic Stripe merupakan wujud atau bentuk fisik dari kartu ATM Mandiri jadul yang diproduksi sebelum tahun 2015. Apabila kalian masih menggunakan kartu tersebut, kami sarankan untuk segera menggantinya melalui Kantor Cabang Bank Mandiri terdekat. Sebelum itu, tahukah kalian apa ciri ciri kartu Debit Magnetic Stripe? jika belum, silahkan simak informasinya berikut ini :

1. Belum Memiliki Chip

Ciri ciri yang pertama bisa dilihat pada bagian depan kartu, dimana untu Debit Magnetic Stripe belum terdapat Chip yang berfungsi menyimpan semua data informasi pengguna.

2. Masih Menggunakan Strip Hitam

Selain itu, pada bagian belakang ATM ini masih menggunakan strip hitam, sedangkan untuk ATM Mandiri terbaru sudah menggunakan strip berwarna Gold / Emas.

3. Belum Terdapat Hologogram GPN

Ciri ciri lainnya juga terlihat di bagian belakang, yaitu tidak adanya Hologram berbentuk logo GPN.

4. Memiliki Limit Transaksi Rendah

Ciri ciri yang terakhir adalah belum bisa bisa melakukan transaksi diatas Rp. 100.000.000 per hari, dimana bisa kalian jumpai pada JENIS ATM MANDIRI Silver dan Gold.

Alasan Kenapa Kartu Debit Magnetic Stripe Sudah Tidak Berlaku

Alasan Kenapa Kartu Debit Magnetic Stripe Sudah Tidak Berlaku

Diatas telah kami singgung bahwa Bank Mandiri bakal memblokir kartu ATM Mandiri yang masih memakai teknologi Magnetic Stripe. Proses ini dilakukan karena kartu ATM jenis tersebut belum memiliki sistem keamanan yang memadai sehingga masih rentan dari tindakan Skimming, lain halnya dengan ATM Mandiri yang sudah memiliki teknologi Chip.

Dengan adanya Chip pada kartu tersebut, keamanan data yang terdapat di kartu ATM Mandiri akan lebih terjaga. Disamping itu, ATM Mandiri Chip juga memiliki berbagai keunggulan lainnya, mulai dari biaya administrasi bulanan hingga limit transaksi.

Jadwal Blokir Kartu ATM Mandiri Debit Magnetic Stripe

Jadwal Blokir Kartu ATM Mandiri Debit Magnetic Stripe

Untuk proses Cleansing Debit Magnetic Stripe akan dilakukan oleh Bank Mandiri mulai dari bulan April mendatang. Ketentuan terkait jadwal pemblokiran diatur sesuai masa berlaku dari masing-masing ATM Mandiri Stripe. Supaya lebih jelasnya, silahkan simak tabel dibawah ini :

Tanggal Kadaluarsa KartuJadwal Cleansing
2021 – 20221 April 2021
2022 – 20251 Juni 2021
2026 – 20301 Juli 2021

Sebelum melakukan pemblokiran, pihak Mandiri akan menginformasikan pada setiap nasabah melalui WhatsApp, Email  dan SMS. Selain itu, mereka juga akan mengunggah informasi tersebut melalui beberapa media sosial seperti Facebook, Twitter dan Instagram. Jadi, bagi kalian yang masih memakai ATM Mandiri Stripe, segera lakukan pergantian atau upgrade ke ATM Mandiri Chipe melalui Kantor Cabang Bank Mandiri terdekat.

FAQ

Bagaimana Jika Tidak Melakukan Upgrade ATM Mandiri Dari Magnetic Stripe ke Magnetic Chip?

ATM Mandiri tidak bisa digunakan untuk melakukan semua transaksi.

Apakah Perlu Biaya Untuk Upgrade ATM Mandiri?

Mandiri tidak memberlakukan biaya apapun untuk proses tersebut.

Itu saja informasi yang bisa Pakaiatm.com jelaskan mengenai ciri ciri kartu Debit Magnetic Stripe. Selain itu kami juga menyertakan alasan terkait ATM Mandiri Stripe sudah tidak layak digunakan lengkap dengan jadwal pemblokiran untuk ATM tersebut. Nah, mengenai cara Upgrade kartu hingga manfaat dari ATM Mandiri berteknologi Chip mungkin akan kami jelaskan secara lengkap pada pembahasan berikutnya.