√ Lupa PIN Token BNI 2021 : Syarat, Cara Mengatasi & Biaya

Lupa PIN Token BNI – Token BNI menjadi suatu sistem keamanan pendukung yang biasa digunakan nasabah dalam urusan transaksi menggunakan layanan Internet Banking. Di mana perangkat token ini memiliki bentuk layaknya remot dengan layar kecil di bagian atas.

Fungsi dari token BNI sendiri adalah menampilkan kode unik dari setiap transaksi yang ingin dilakukan. Kode muncul nantinya hanya diketahui oleh miliknya saja. Dengan begitu, data/kode transaksi tentu akan terjaga keamanannya.

Token BNI sendiri baik e-Secure maupun m-Secure nantinya akan memiliki PIN atau kombinasi angka yang akan dimasukkan saat Anda melakukan transaksi. Lalu bagaimana jika sampai para pemilik token lupa akan PIN nya?

Tentu saja para pemilik token BNI ada yang sudah pernah mengalami permasalahan seperti itu. Lantas bagaimana mengenai cara mengatasi dan hal apa saja yang diperlukan untuk mengurus PIN token yang lupa? Apakah ada cara cepatnya?

Lupa PIN Token BNI Syarat Cara Mengatasi Biaya

Tidak perlu khawatir akan hal itu, karena pada pembahasan kali ini pakaiatm.com akan sampaikan secara lengkap informasi seputar lupa PIN token BNI dari syarat, cara dan biaya yang dibutuhkan saat mengatasinya.

Lupa PIN Token BNI

Lupa PIN Token BNI

Seperti layaknya lupa PIN ATM, lupa akan PIN token (e-Secure dan m-Secure) jika terus dicoba dan mengalami kesalahan nantinya juga bisa mengakibatkan terblokir (LOCK). Di mana jika TOKEN BNI TERBLOKIR jalan satu-satunya harus di reset.

Mungkin saat salah satu kali tidak langsung terblokir, hanya saja Layar muncul tulisan FAIL 1. Salah dua kali layar muncul FAIL 2 dan jika salah tiga kali maka token benar-benar terblokir dengan memunculkan ciri LOCK PIN FAIL 3.

Jika sudah demikian Token BNI (e-Secure atau m-Secure) terblokir dan Anda tidak bisa menikmati layanan finansial di Internet banking. Namun untuk cek saldo dan mutasi tetap bisa. Nah, jika demikian, silakan atasi sesegera mungkin agar token bisa kembali digunakan.

Syarat Mengatasi Lupa PIN Token BNI

Syarat Mengatasi Lupa PIN Token BNI

Sebelum berlanjut ke cara mengatasi Token BNI yang lupa PIN, Anda perlu menyiapkan beberapa syarat yang nantinya diperlukan saat mengurusnya. Syarat sendiri cukup mudah untuk dilengkapi, seperti misalnya:

  • Kartu ATM/debit BNI.
  • Buku tabungan BNI.
  • Kartu identitas diri (KTP, SIM atau paspor).
  • Isi formulir jika atasi di kantor cabang bank.
  • Uang (biaya ganti PIN).
  • Informasi (alamat, nama ibu kandung dan nomor token) jika atasi lewat call center.

Cara Mengatasi Lupa PIN Token BNI (e-Secure)

Jika sudah tahu mengenai syarat apa saja yang diperlukan, maka Anda hanya perlu memulai atasi lupa PIN token tersebut. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, baik itu atasi atau reset token BNI secara online maupun offline.

1. Atasi Lewat Call Center BNI

1. Atasi Lewat Call Center BNI

Cara lupa PIN token pertama, bisa dilakukan secara online dengan meminta bantuan di call center BNI. Cara ini cukup mudah dilakukan karena Anda bisa mengatasi kapan saja, untuk langkah-langkahnya simak di bawah ini.

  • Siapkan HP yang akan digunakan untuk melakukan panggilan, pastikan tersedia pulsa yang cukup.
  • Jika sudah langsung saja tekan dial 1500046 (Call center BNI).
  • Saat sudah mulai tersambung dengan customer service (CS) silakan sampaikan maksud dan tujuannya yaitu ingin atau lupa PIN token BNI.
  • Nantinya CS akan mulai memproses dengan mengajukan beberapa pertanyaan verifikasi (alamat sesuai KTP, buku tabungan, nomor rekening dan nama ibu kandung).
  • CS juga akan menanyakan angka pada layar dan nomor seri belakang token.
  • Jika sudah, silakan hidupkan Token BNI e-Secure.
  • Berikutnya Anda akan diminta masukkan kode sesuai arahan CS.
  • Nantinya token akan terbuka dan meminta PIN baru.
  • Silakan Anda buat dan masukkan PIN baru.
  • Konfirmasi PIN baru dengan input sekali lagi PIN yang sudah dibuat.
  • Dengan demikian lupa PIN token sudah berhasil teratasi dan Anda sudah mendapat PIN baru. Itu tandanya Anda sudah bisa gunakan token BNI itu kembali.

2. Atasi Secara Online

2. Atasi Secara Online

Selain cara online di atas, Anda juga bisa atasi token BNI (e-Secure) secara online lainnya dengan masuk lewat browser. Caranya juga sama mudahnya dengan cara di atas, bahkan Anda bisa lakukan di mana saja yang terpenting perangkat yang digunakan tersambung koneksi internet.

  • Silakan buka browser dan login di https://bnidirect.bni.co.id.
  • Kemudian cari menu Utilities > Help Desk.
  • Lanjut dengan klik tab Compose.
  • Lalu tulis pesan seperti gambar di bawah dan klik Submit.

Atasi Secara Online

Catatan : Lakukan pengiriman pesan sebelum pukul 16.30 atau jam kerja kantor, tujuannya agar dapat balasan via email di hari itu juga. Isi pesan tersebut yaitu unlock code yang digunakan untuk membuka token e-Secure BNI yang terkunci akibat lupa PIN.

3. Datang ke Kantor Cabang Bank BNI

3. Datang ke Kantor Cabang Bank BNI

Jika cara di atas masih saja mengalami kendala walaupun memberikan keuntungan, Anda juga bisa pilih cara atasi lupa PIN token secara offline dengan datang ke kantor cabang bank. Mungkin ini bisa dilakukan bagi Anda yang memiliki jarak lokasi dekat dengan kantor cabang bank BNI.

  • Silakan datang ke kantor cabang BNI dengan bawa syarat diperlukan.
  • Ambil nomor antrean dan tunggu sampai di panggil customer service.
  • Tiba giliran dilayani, sampaikan maksud kedatangan yaitu lupa PIN token dan butuh reset.
  • Dengan begitu, CS akan mulai membantu Anda. Dengan pertama meminta persyaratan dibutuhkan dan mengisi formulir diperlukan.
  • Jika sudah, maka Anda hanya perlu tunggu sampai CS selesai memproses dan memberi tahu jika reset token sudah berhasil.

Mengurus lupa PIN token ini sendiri tidak memakan waktu yang cukup lama dan semua akan diproses oleh CS. Di mana nantinya yang membuat lama yaitu jika nomor antrean Anda terlalu banyak. Jadi usahakan datang saat masih pagi agar kebagian nomor antrean kecil.

Cara Mengatasi Lupa PIN Token BNI (m-Secure)

Cara Mengatasi Lupa PIN Token BNI m Secure

Lalu bagaimana dengan token BNI yang berwujud aplikasi (m-Secure), apakah metode resetnya sama? Ya, cara mengatasi lupa PIN m-Secure BNI sama bisa dilakukan lewat call center BNI atau datang kantor cabang secara langsung.

Nantinya Anda akan dipandu untuk melakukan penghapusan, install ulang, hingga mengaktivasi kembali. Mungkin jika Anda pilih cara lewat call center BNI alangkah baiknya siapkan dua ponsel/HP. Satu untuk menelepon dan satunya untuk menjalankan panduan.

Lalu bagaimana jika reset token m-Secure BNI dengan datang kantor cabang bank BNI langsung? Anda hanya perlu ikuti langkah-langkah umum seperti di atas dan jangan lupa bawa ponsel/HP nya untuk sekalian di atasi oleh customer service langsung.

Biaya Reset PIN Token BNI

Biaya Reset PIN Token BNI

Lantas berapa biaya dibutuhkan untuk atasi lupa PIN token itu sendiri? Mengenai biaya sendiri reset token gratis atau tidak ada biaya sepeserpun. Namun jika Anda melakukan panggilan lewat nomor HP, pastikan tersedia pulsa minimal Rp 20.000.

Berbeda saat Anda atasi lupa PIN token ke kantor cabang, nantinya di sana akan diminta isi formulir maintenance. Untuk pengesahannya, Anda wajib bertanda tangan di atas meterai seharga Rp 10.000.

Lalu untuk token BNI (m-Secure), cara reset akibat lupa PIN bisa dilakukan dengan hapus aplikasi dan download ulang. Di mana dalam proses ini, Anda hanya butuh kuota internet atau tersambung dengan Wi-FI.

Yang akan terkena biaya yaitu saat token BNI Anda mengalami rusak atau hilang yang mengharuskan Anda ganti token baru. Biaya atau harga token sendiri berkisar Rp 20.000 – Rp 120.000 tergantung dengan limitnya.

Mungkin seperti itulah informasi dapat pakaiatm.com sampaikan informasi mengenai lupa PIN token BNI lengkap dari syarat dan cara mengurusnya. Semoga adanya informasi lupa PIN token di atas bisa bermanfaat dan berguna bagi semua yang membutuhkan.