Apa Itu Mesin ATM dari Tujuan, Manfaat & Komponen 2020

Apa Itu Mesin ATM – Pembukaan rekening tabungan bank mungkin saat ini dapat dengan mudah dilakukan oleh siapapun, dari anak-anak sampai orang dewasa bisa mulai membukanya. Sudah cukup banyak bank-bank di Indonesia yang siap menerima anda menjadi nasabahnya.

Salah satunya BUKA REKENING TABUNGAN BRI SYARIAH, BRI, BNI, BCA, Mandiri, CIMB Niaga, atau rekening lainnya. Dengan pembukaan rekening tersebut nantinya anda akan mendapatkan fasilitas bernama Anjungan Tunai Mandiri atau lebih dikenal dengan ATM.

Terkadang banyak para nasabah yang belum tahu betul mengenai ATM dan mesin ATM setelah pembukaan rekening, walaupun sudah bisa menggunakannya. Nah pada kesempatan kali ini pakaiatm.com akan sampaikan informasi mengenai apa itu mesin ATM secara lengkap.

Teruntuk para nasabah yang belum tahu, mungkin dengan adanya artikel ini bisa membantu memperluas wawasan atau pengetahuannya. Berikut lebih lengkapnya mengenai mesin ATM, tujuan, manfaat, jenis, jaringan, komponen serta tips bertransaksi secara aman.

Apa Itu Mesin ATM dari Tujuan, Manfaat & Komponen Terlengkap

Apa Itu Mesin ATM dari Tujuan Manfaat Komponen Terlengkap

Mungkin banyak yang sudah menggunakan mesin ATM namun tidak jarang nasabah baru yang belum mengetahuinya secara jelas. Nah berikut informasi mengenai mesin ATM secara jelasnya.

Apa Itu Mesin ATM

Apa Itu Mesin ATM

Mesin ATM ialah alat elektronik dimana disediakan oleh bank sebagai salah satu layanan yang diberikan kepada para nasabah pemilik kartu ATM. Nantinya dengan kartu ATM dan mesin ATM nasabah bisa lebih mudah dalam bertransaksi seperti transfer, tarik tunai, cek saldo dan beberapa transaksi lainnya tanpa harus diawasi oleh teller.

Tujuan & Manfaat Mesin ATM

Tujuan Manfaat Mesin ATM

Untuk tujuan itu sendiri pihak bank, lebih memudahkan para nasabah untuk melakukan berbagai transaksi kapan saja tanpa harus diawasi oleh teller bank. Sedangkan untuk manfaatnya sendiri yaitu dapat dirasakan saat anda datang mengantre panjang-panjang di kantor cabang bank untuk melakukan tarik atau setor tunai, maka bisa manfaatkan adanya mesin ATM.

Jenis Mesin ATM

Jenis Mesin ATM

Bisa dikatakan dari semua bentuk layanan yang disediakan mesin ATM belum tentu semuanya memiliki fungsi yang tercakup secara terpadu di dalam satu mesin. Dengan begitu mesin ATM masih terbagi lagi menjadi beberapa jenis, berikut beberapa jenis mesin ATM yang terbagi berdasarkan fungsinya.

1. Mesin ATM Tarik Tunai

Untuk mesin ATM pertama yaitu mesin ATM tarik tunai, dimana mesin ATM ini memiliki fungsi sebagai transaksi penarikan uang oleh nasabahnya. Mesin ATM tarik tunai lebih mudah ditemukan di tempat-tempat umum, hal tersebut karena ditujukan untuk lebih memudahkan para nasabahnya yang ingin mengambil uang.

2. Mesin ATM Setor Tunai

Sama seperti halnya dengan mesin yang pertama tadi, pada mesin ATM setor tunai ini lebih dikhususkan oleh para nasabah yang ingin melakukan transaksi setor tunai. Pada umumnya mesin ini lebih dimanfaatkan atau digunakan saat nasabah malas datang ke kantor cabang langsung karena banyak menunggu antrean.

3. Mesin ATM Non Tunai

Pada mesin ATM non tunai ini sendiri nantinya nasabah tidak dapat bertransaksi dengan leluasa seperti di mesin ATM tarik tunai. Hal tersebut karena mesin ATM non tunai ini lebih dikhususkan untuk para nasabah yang akan melakukan transaksi non tunai seperti transfer uang, bayar tagihan, bayar belanjaan dan beberapa transaksi lainnya.

4. ATM Serbabisa

Untuk jenis ATM yang terakhir ini bisa dikatakan akan jauh lebih sulit untuk di temukan, karena beberapa bank saja yang mengeluarkan mesin jenis satu ini. Dengan jenis mesin ini nantinya nasabah akan bisa melakukan hampir semua transaksi non tunai dan juga setor tunai di satu mesin ATM yang sama.

Jaringan Mesin ATM

Jaringan Mesin ATM

Berbagai pihak bank kerap melakukan kerja sama dengan jaringan ATM untuk mempermudah para nasabah dalam bertransaksi menggunakan mesin ATM. Nah berikut beberapa jaringan pada mesin ATM seperti Bersama, Prima, dan Link.

1. ATM Bersama

ATM Bersama ialah salah satu jaringan interbank di Indonesia, dimana jaringan satu ini didirikan pada Februari 2000. Sampai saat ini lebih dari 90 bank terkoneksi ke 77 ribu lebih ATM Bersama di penjuru daerah Indonesia.

Bank tersebut antara lain bank Muamalat, Mandiri, CIMB Niaga, Bukopin, HSBC, dan masih banyak lainnya. Jika anda menggunakan mesin ATM ini nantinya akan mendapat biaya saat bertransaksi seperti:

TRANSAKSIBIAYA
Transfer antar bankRp 6.500
Tarik tunaiRp 6.500
Transfer antar bank lewat internet, sms, mobile bankingRp 6.500
Transfer lewat kliringRp 5.000
Transfer antar bank lewat RTGSRp 25.000

2. ATM Prima

Jaringan ATM Prima sendiri ialah salah satu jaringan ATM dimana sudah terhubung ke lebih 80 bank serta memiliki lebih dari 120 ribu mesin ATM di penjuru daerah Indonesia. Beberapa bank yang tergabung dalam jaringan ATM Prima itu seperti Bank BCA, BNI, Artha Graha dan BTPN. Jika anda menggunakan mesin ATM Prima nantinya akan dikenakan biaya dalam beberapa transaksi seperti:

TRANSAKSIBIAYA
Transfer antar bankRp 7.500
Tarik tunaiRp 7.500
Cek saldoRp 4.000

3. ATM Link

Jaringan ATM Link atau ATM Merah Putih sendiri ialah salah satu jaringan dimana diusung oleh Himpunan Bank-Bank Milik Negara (HIMBARA). Beberpa perusahaan bank yang tergabung dalam jaringan ATM Link yaitu seperti bank BRI, BNI, Mandiri, dan BTN. Jika anda menggunakan mesin ATM Link nantinya akan dikenakan biaya dalam beberapa transaksi seperti:

TRANSAKSIBIAYA
Transfer antar bankRp 6.500
Transfer antar bank BUMNRp 4.000
Tarik tunaiGratis

Komponen Mesin ATM

Komponen Mesin ATM

Setelah mengetahui apa itu mesin ATM, jenis, tujuan dan manfaat mesin ATM maka anda nasabah juga perlu mengetahui komponen dari mesin ATM. Dan pada mesin ATM itu sendiri terbagi menjadi 2 bagian yaitu bagian atas (Upper Compartement) dan bagian bawah (Lower Compartement), nah berikut komponen-komponen umum yang ada pada mesin ATM.

Bagian Atas (Upper Compartement)

  • Layar monitor : Fungsinya yaitu untuk menampilkan data digital.
  • Card reader : Fungsinya untuk memasukkan kartu ATM nasabah ke mesin ATM.
  • Customer keypad : Tombol untuk nasabah mengaksesnya.
  • Journal printer : Fungsi komponen ini yaitu untuk mencetak uang.
  • Receipt printer : Fungsinya untuk mencetak tanda terima atau struk sebagai bukti transaksi.

Bagian Bawah (Lower Compartement)

  • Combination lock : Fungsinya yaitu kunci penjaga kerahasiaan pengguna/nasabah.
  • Cash cassette : Sebagai bagian penyimpan uang.
  • CPU : Memiliki fungsi sebagai sistem pusat kontrol.
  • Dispenser module : Sebagai pengumpul uang.
  • Reject cassette : Fungsinya untuk menarik kembali drive rusak.

Tips Transaksi Aman di Mesin ATM

Tips Transaksi Aman di Mesin ATM

Setelah mengetahui apa mesin ATM sampai komponennya, pakaiatm.com akan menyampaikan beberapa tips atau trik agar transaksi di mesin ATM akan berjalan aman. Hal tersebut untuk mengantisipasi kejahatan yang bisa terjadi kapan saja.

  • Lokasi ATM

Tips pertama agar transaksi anda aman yaitu dengan memastikan lokasi dari mesin ATM. Alangkah baiknya melakukan transaksi di mesin ATM yang lokasinya cukup ramai.

  • Awasi Lokasi Sekitar

Tips kedua, pastikan saat anda mau masuk ke mesin ATM tidak ada orang yang mengikuti dan melihat PIN ATM anda ketika mulai dimasukkan.

  • Adanya CCTV

Tips ketiga, pastikan bertransaksi pada mesin ATM yang memiliki CCTV, hal ini untuk mengantisipasi terjadinya masalah yang tidak diinginkan dan terekam oleh kamera CCTV.

  • Mesin ATM Kondisi Aman

Tips keempat, pastikan sebelum melakukan transaksi di mesin ATM anda mengecek kondisi mesin ATM terlebih dahulu. Jika terjadi kondisi mesin ATM yang janggal seperti adanya benda di slot kartu maka segera laporkan pada petugas/satpam yang berjaga.

  • Ganti PIN

Tips terakhir agar transaksi di mesin ATM tetap aman yaitu selalu ganti PIN ATM secara berkala untuk menghindari orang lain mengetahui PIN ATM anda.

Demikianlah informasi mengenai apa itu mesin ATM, jenis, komponen, tujuan & manfaat mesin ATM, beserta tips transaksi di mesin ATM yang aman. Semoga informasi yang pakaiatm.com sampaikan bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda semua.