√ Kartu ATM Tidak Diizinkan 2021 : Penyebab & Solusi

Kartu ATM Tidak Diizinkan – Hampir semua orang saat ini memiliki apa itu rekening bank yang digunakan untuk menyimpan uang atau hanya sekedar untuk melakukan transaksi. Dengan pembukaan rekening tersebut, Anda akan mendapatkan buku tabungan dan kartu ATM.

Di mana kartu ATM inilah yang nantinya akan digunakan untuk bertransaksi di mesin ATM sebagai sarana utamanya. Sebenarnya tanpa kartu ATM, Anda tetap bisa lakukan transaksi yaitu dengan cardless atau transaksi tanpa kartu.

Namun, nasabah bank-bank di Indonesia masih banyak yang lebih memilih melakukan transaksi dengan kartu ATM, seperti misalnya saat melakukan cek saldo, setor tunai, tarik tunai, pembayaran, pembelian dan beberapa transaksi lainnya.

Di mana dalam penggunaan kartu ATM tersebut, terkadang ada saja masalah yang bisa menghampiri dan membuat transaksi terhambat. Masalah tersebut seperti kartu ATM ditolak, KARTU ATM GAGAL TRANSAKSI, kartu ATM tidak diizinkan dan lainnya.

Kartu ATM Tidak Diizinkan

Jika demikian tentu saja Anda harus terlebih dahulu mengatasinya agar kartu ATM tetap bisa kembali digunakan. Nah kali ini pakaiatm.com akan sampaikan informasi terkait penyebab dan cara mengatasi kartu tidak diizinkan bertransaksi.

Penyebab Kartu ATM Tidak Diizinkan

Penyebab Kartu ATM Tidak Diizinkan

Mengenai penyebab sendiri, kenapa kartu tidak diizinkan untuk transaksi di mesin ada beberapa faktornya. Secara umum masalah yang akan membuat kartu ATM tidak diizinkan dalam bertransaksi yaitu seperti:

1. Kartu ATM Belum Aktif

Pertama, kartu belum aktif juga bisa menjadi masalah yang menjadikan tidak dapat diizinkan untuk melakukan transaksi. Masalah ini jadi masalah umum yang terkadang banyak orang belum disadari oleh para pemilik rekening/kartu ATM.

Baca  10 Cara Membuat ATM LINE Bank 2021 : Syarat & Biaya Bikin

2. Saldo Dibawah Minimal

Kedua, kartu tidak diizinkan untuk bertransaksi di mesin ATM bisa saja karena saldo di dalam rekening tabungan Anda berada di bawah saldo minimal ketentuan. Dengan begitu, untuk melakukan transaksi di mesin ATM akan memunculkan tulisan transaksi tidak diizinkan.

3. Kartu ATM Rusak

Ketiga, selain tidak diizinkan oleh dua masalah di atas. Tidak diizinkannya kartu ATM saat bertransaksi juga dikarenakan oleh KARTU ATM RUSAK atau bermasalah seperti misalnya pita hitam luka atau terdapat goresan. Bahkan bisa juga karena chip ATM tidak terdeteksi.

Cara Mengatasi Kartu ATM Tidak Diizinkan

Cara Mengatasi Kartu ATM Tidak Diizinkan

Jika sudah tahu apa itu faktor penyebab yang menjadikan kartu ATM Anda tidak diizinkan dalam bertransaksi, maka selanjutnya Anda tinggal perlu tahu bagaimana cara mengatasi kartu ATM tidak diizinkan tersebut. Di mana cara mengatasinya sendiri yaitu dengan atasi di kantor cabang sesuai dengan bank penerbit.

  • Pertama, siapkan syarat ketentuan seperti kartu ATM, buku tabungan, kartu identitas diri (KTP) dan sejumlah uang.
  • Setelah semua syarat dilengkapi, silakan kunjungi kantor cabang bank sesuai dengan rekening/ATM Anda.
  • Sesampainya di kantor cabang bank, silakan ambil dan tunggu nomor antrean.
  • Tiba giliran nomor Antrean Anda dipanggil Customer Service (CS), maka sampaikan maksud kedatangannya yaitu ingin atasi masalah kartu ATM tidak diizinkan.
  • Kemudian CS akan mulai memproses dengan terlebih dahulu meminta syarat diperlukan.
  • Selanjutnya CS akan melakukan validasi data diri.
  • Setelah semua sudah sesuai, CS akan melakukan pengecekan terhadap kartu ATM nya.
  • Jika sampai rusak, maka Anda nantinya akan mendapatkan kartu baru.
  • Sedangkan jika hanya terblokir, maka CS akan mulai buka blokir otomatis.
  • Terakhir, ikuti dan tunggu langkah berikutnya selesai.
Baca  2 Contoh Surat Kehilangan Buku Tabungan dari Sekolah & Kepolisian

Catatan : Pembukaan blokir kartu ATM hanya akan dikenai biaya Rp 5.000, sedangkan jika kartu ATM rusak dan harus ganti kartu ATM maka akan dikenai biaya sekitar Rp 15.000-Rp 30.000.

Tips Rawat Kartu ATM Agar Tidak Rusak

Tips Rawat Kartu ATM Agar Tidak Rusak

Untuk terhindar dari kartu ATM rusak yang menjadikan kartu ATM tidak digunakan untuk bertransaksi, maka selalu jaga benar-benar kartu ATM. Berikut ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk bisa rawat kartu ATM agar tidak rusak seperti:

  • Menjaga chip dan pita hitam/magnetik agar tidak terluka dan kotor.
  • Menyimpan kartu ATM di dompet khusus.
  • Hindari penyimpanan kartu ATM bersamaan dengan uang logam.
  • Hindari penyimpanan di dompet dan kerap di taruh di saku belakang.
  • Bisa manfaatkan metode cardless atau transaksi tanpa kartu.

Demikian informasi tentang kartu Anjungan Tunai Mandiri tidak diizinkan dapat pakaiatm.com sajikan baik dari penyebab dan cara mengatasinya. Semoga dengan adanya informasi di atas bisa bermanfaat dan berguna bagi nasabah bank-bank di tanah air seperti Mandiri, BRI, BNI, BCA dan lainnya yang alami hal serupa.