√ Apa Itu Virtual Account Bank : Kegunaan & Cara Kerja

Apa Itu Virtual Account Bank – Seiring dengan majunya dunia teknologi, dunia perbankan juga tidak bisa tinggal diam akan hal itu. Karena cukup banyak manfaat dapat dirasakan adanya kemajuan teknologi itu sendiri.

Seperti yang sudah dapat diberikan oleh pihak bank nasional semisal BRI, BCA, BNI, Mandiri dan lainnya kepada para nasabahnya. Karena pihak bank sudah memberikan layanan seperti Mobile Banking, SMS Banking serta Internet Banking.

Adanya fasilitas layanan tersebut, kemudahan dalam bertransaksi di perbankan nantinya akan semakin praktis. Salah satu contoh nyata dari segi pembayaran maupun transfer yang bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Dalam transaksi transfer maupun pembayaran lewat layanan bank tersebut terkadang banyak nasabah yang memerlukan nomor virtual account untuk kelancaran transaksinya. Lantas apa itu sebenarnya virtual account bank? Berikut akan disampaikan secara lengkap.

Apa Itu Virtual Account Bank

Apa Itu Virtual Account Bank

Virtual Account atau lebih di kenal VA merupakan akun sementara yang dapat digunakan untuk bertransaksi atas nama akun fisik nyata. Yang nantinya akan memungkinkan berbagai jenis dan ukuran bisnis untuk menerima pembayaran melalui transfer bank tanpa harus membuka rekening bank khusus di setiap bank.

Nantinya dengan virtual account, satu rekening bank bisa terbagi menjadi beberapa akun virtual. Seperti misalnya sub-divisi akun utama, akun virtual juga memiliki fitur nomor, laporan transaksi serta saldo dari akun virtual itu sendiri.

Kegunaan Virtual Account

Untuk kegunaannya sendiri yaitu untuk memudahkan transfer atau pembayaran terutama para nasabah bank kepada bank lain/beda bank secara online maupun offline. Tentunya dengan adanya virtual account bank ini, kemudahan Anda dalam bertransaksi akan jauh semakin cepat, praktis dan tidak dibuat ribet.

Cara Kerja Virtual Account

Virtual account nantinya akan memungkinkan para penggunanya dapat melakukan serta mengidentifikasi pembayaran secara mudah. Seperti misalnya, jika seorang pedagang melakukan tiga pembayaran sebesar Rp 100.000.

Maka akun virtual memungkinkan untuk menetapkan ini secara instan kepada setiap pembayar dengan memberikan nomor rekening unik/virtual account untuk dibayarkan. Lantas bagaimana dengan cara kerja dari virtual account bank tersebut:

  • Pedagang akan memberitahu pada pelanggan untuk membayar ke faktur atau virtual account tertentu untuk transaksinya.
  • Setiap nomor virtual account nantinya langsung terkait dengan pelanggan.
  • Setiap pembayaran telah diterima, informasi transaksi yang terjadi nantinya dikirim ke pedagang serta pedagang bisa segera mengidentifikasi pembeli itu.

Cara Transfer atau Bertransaksi lewat Virtual Account Bank

Cara Transfer atau Bertransaksi lewat Virtual Account Bank

Dalam cara transfer, pembayaran maupun bertransaksi lewat layanan virtual account ini sendiri. Bisa dikatakan menjadi pilihan tepat bagi nasabah bank seiring berkembangnya dengan teknologi dan digitalisasi.

Selain praktis dan mudah, menggunakan virtual account lebih personal serta juga akan terjamin atas keamanan dalam bertransaksi. Lalu bagaimana dengan cara bertransaksi dengan virtual akun bank baik ke sesama atau BEDA BANK itu sendiri?

Untuk cara pertama transaksi dengan virtual account bank sendiri yaitu nasabah/pelanggan perlu mengetahui nomor virtual account tersebut dahulu. Jika sudah, maka tinggal ikuti langkah-langkah pembayaran sesuai dengan layanan fasilitas dari bank.

Karena setiap bank sudah memberikan berbagai layanan-layanannya, seperti mesin ATM, Mobile Banking, SMS Banking maupun Internet Banking. Bank-bank ternama seperti BNI, BCA, Mandiri, BRI sudah memberikan fasilitas tersebut.

Kelebihan & Kelemahan Virtual Account

Kelebihan Kelemahan Virtual Account

Untuk kelebihan atau keuntungan pertama saat bertransaksi lewat virtual account bank tentunya akan jauh lebih cepat dan praktis. Karena para pelanggan tidak perlu melakukan konfirmasi pembayaran melalui pengiriman bukti transfer.

Selain itu dalam segi pembayaran tagihan pun juga akan menjadi lebih mudah. Itu dikarenakan dari para pelanggan yang akan mendapatkan satu nomor ID virtual account unik sesuai dengan nominal atau besaran transaksi yang dilakukan.

Apa pun itu, termasuk dengan virtual account tentunya akan memiliki kelemahan atau kekurangan. Karena ini merupakan sistem otomatis, maka para nasabah bank harus benar dalam cek kode unik yang dipakai dalam pembayaran.

Dengan begitu jangan sampai mengirim ke virtual account yang salah, karena jika salah dan transaksi berhasil maka prosesnya akan panjang. Tidak hanya itu, karena ini merupakan sistem otomatis maka ada kemungkinan terjadi kegagalan saat melakukan transaksi.

FAQ

1. Apakah Ada Biaya Transfer lewat Virtual Account?

Tidak ada biaya atau gratis. Adapun biaya sendiri jika melakukan langsung melalui teller bank, seperti misalnya BCA yang memberlakukan sebesar Rp 5.000 per transaksi.

2. Apakah Ada Limit Transaksi lewat Virtual Account?

Ada. Limit tersebut tergantung dari kebijakan serta kesepakatan nasabah serta pihak penerimanya.

Mungkin seperti itulah informasi dapat pakaiatm.com sampaikan untuk Anda semua mengenai apa itu virtual account bank secara lengkap. Semoga dengan adanya pembahasan tentang virtual account bank di atas dapat bermanfaat dan berguna bagi semua yang membutuhkan.