√ Biaya Transfer Antar Bank 2021 : ATM, Mobile, Internet & SMS Banking

Biaya Transfer Antar Bank – Tak bisa dipungkiri memang transaksi mengirim uang antar bank menjadi hal yang sudah biasa dilakukan oleh banyak orang. Dimana hadirnya fasilitas perbankan membuat transfer ke berbeda bank makin mudah. Hal ini wajar, karena bank memang hadir untuk memudahkan transaksi.

Mekanisme transfer antar sendiri merupakan aktivitas kirim uang non tunai. Transfer antar bank biasa dilakukan via ATM, Teller Bank, Mobile dan Internet Banking hingga SMS Banking. Hampir semua bank menyediakan fasilitas tersebut dalam upaya memberi kemudahan dan kenyamanan bertransaksi keuangan.

Meskipun demikian, namun perlu Anda ketahui bahwa transfer antar bank akan dikenai biaya. Biaya ini dibebankan oleh pihak bank terhadap pemiliki rekening. Lantas mengapa transfer antar bank dikenai biaya? Hal ini dikarenakan mekanisme dalam transaksi transfer antar bank membutuhkan proses kliring.

Biaya admin transfer itu sendiri dapat dikatakan sebagai ongkos pemakaian jasa layanan perbankan. Nah, hampir setiap bank di Indonesia membebankan biaya transfer antar bank. Lantas berapa besar biaya untuk transfer antar bank? Adapun untuk informasi lebih lengkap terkait biaya transfer yaitu sebagai berikut.

Biaya Tarif Transfer Antar Bank

Biaya Tarif Transfer Antar Bank

Setiap transaksi antar bank yang dilakukan melalui fasilitas perbankan akan dikenai biaya. Misalkan TRANSFER BRI KE BCA melalui ATM, Mobile atau Internet maupun via SMS Banking tetap akan dikenai biaya. Adapun untuk rincian biaya transaksi antar bank masing-masing fasilitas perbankan yaitu sebagai berikut.

Teller Bank

Teller Bank

Sebelum ada fasilitas seperti mesin ATM, Mobile, SMS dan Internet Banking, orang-orang biasanya mengirim uang di bank langsung oleh teller bank terkait. Hingga kini bank masih melayani transfer antar bank. Meskipun melakukan transaksi langsung di bank, tapi Anda akan tetap dikenai biaya.

Besaran biaya transfer ke berbeda bank yaitu sebesar Rp. 6.500.- Biaya tersebut berlaku untuk semua bank, baik itu konvensional, syariah, BUMN maupun BUMD. Sedangkan, untuk transfer ke berbeda bank via kliring dikenai biaya Rp. 5.000.- Sementara, untuk biaya transfer ke berbeda bank via RTGS yaitu Rp. 25.000.-

ATM (Anjungan Tunai Mandiri)

ATM Anjungan Tunai Mandiri

Selain melalui teller, orang-orang juga sering melakukan transfer antar bank via mesin ATM. MESIN ATM adalah fasilitas yang dihadirkan oleh semua bank-bank di Indonesia untuk melakukan berbagai transaksi, baik finansial maupun non finansial. Mesin ATM ini menjadi salah satu cara transfer antar bank yang paling umum digunakan.

Sama seperti transfer di teller bank, mengirim uang melalui ATM juga akan dikenai biaya. Adapun biaya transfer antar bank via ATM lebih lengkapnya silahkan simak tabel di bawah ini.

Jenis Transaksi

Biaya

Tarif Transfer ke Bank Lain via ATMRp. 6.500
Tarif Transfer ke Bank Lain via ATM BersamaRp. 5.000
Tarif Transfer ke Bank Lain via ATM LinkRp. 6.500
Tarif Transfer Antar Bank via ATM Link (sesama Himbara)Rp. 4.000
Tarif Transfer ke Bank Lain via ATM AltoRp. 5.000
Tarif Transfer ke Bank Lain via ATM PrimaRp. 5.000

Mobile Banking

Mobile Banking

Mobile banking merupakan layanan perbankan yang dihadirkan seiring majunya teknologi. Mobile banking adalah aplikasi perbankan berbasis smartphone. Dengan aplikasi mobile transaksi akan semakin mudah, karena bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Mobile banking juga bisa digunakan untuk transaksi antar bank.

Kirim uang ke berbeda bank menggunakan mobile banking akan dikenai biaya sebesar Rp. 6.500.- Biaya tersebut berlaku untuk transfer antar bank BRI, BNI, Mandiri, BCA, BTPN, CIMB Niaga dan semua bank yang memiliki layanan mobile banking.

SMS Banking

SMS Banking

Nah, sedangkan untuk biaya transfer antar bank via SMS Banking sedikit berbeda. Pasalnya SMS Banking membebankan biaya kirim dan terima SMS. Besaranya tergantung kebijakan masing-masing operator. Rata-rata biaya yang dibebankan sekitar Rp. 250 – Rp.500. Biaya terima dan kirim SMS ini dibayar menggunakan pulsa.

Sedangkan, untuk transfer ke berbeda bank sendiri akan dikenai biaya sama besar seperti mobile banking yaitu sebesar Rp. 6.500.- Jadi nantinya Anda akan dikenai biaya pemotongan pulsa dan biaya admin transfer.

Internet Banking

Internet Banking

Hadir besamaan dengan Mobile dan SMS banking, Internet banking juga menjadi salah satu media transaksi perbankan secara online. Dimana dengan internet banking, transaksi perbankan juga akan lebih mudah dan praktis. Internet banking juga bisa digunakan untuk melakukan transaksi antar bank. Transaksi antar bank di Internet banking juga akan dikenai biaya. Dimana biaya yang dibebankan yaitu sebesar Rp. 6.500.-

Secara keseluruhan sebenarnya tarif mentrasfer uang antar bank itu sendiri akan dikenai biaya sekitar Rp. 6.500.- Hampir setiap bank menetapkan besaran sekian. Meskipun demikian, pembebanan biaya tersebut tergantung kebijakan pihak bank. Jadi sewaktu-waktu biaya dapat berubah ubah.

Demikian informasi yang dapat pakaiatm.com sajikan terkait informasi lengkap seputar biaya kirim uang ke berbeda bank. Sekiranya hanya itu saja informasi yang dapat kami sajikan, semoga informasi di atas bermanfaat.