4 Jenis Mesin ATM dari Kegunaan dan Fungsinya

Jenis Mesin ATM – Penggunaan mesin ATM mungkin sudah tidak asing lagi bagi anda para nasabah bank. Karena dengan adanya mesin ATM yang di berikan oleh pihak bank akan membuat lebih mudah dalam bertransaksi soal keuangan.

Beberapa transaksi seperti tarik tunai, setor tunai, pembayaran, dan transaksi lainnya akan bisa dilakukan di mesin ATM. Berbagai bank seperti BRI, Mandiri, BNI, BCA dan bank-bank lain di Indonesia sudah memberikan layanan bernama mesin ATM ini kepada nasabahnya.

Nantinya mesin ATM akan dengan mudah di beberapa tempat, karena pihak bank sudah menyebarluaskan mesin ATM tersebut. Salah satu yang umum yaitu di pusat kota, SPBU, minimarket serta beberapa tempat umum lainnya.

Namun perlu diketahui sendiri jika mesin ATM ada jenisnya, dimana jenis tersebut akan dibedakan menjadi beberapa. Nantinya berbedaan jenis tersebut dilihat dari fungsi dan kegunaan dari mesin ATM-nya.

Jenis Mesin ATM dari Kegunaan dan Fungsinya Terlengkap

Jenis Mesin ATM dari Kegunaan dan Fungsinya Terlengkap

Nah seperti judul yang tertera diatas, pakaiatm.com akan menyampaikan informasi mengenai beberapa  jenis ATM yang ada dan mungkin sering nasabah gunakan. Seperti sudah di singgung diawal jika MESIN ATM dibedakan menjadi beberapa jenis tergantung dengan fungsinya, berikut jenis tersebut.

1. Mesin ATM Tarik Tunai

Mesin ATM Tarik Tunai

Mesin ATM pertama yaitu mesin ATM tarik tunai, mesin ATM ini mungkin akan lebih sering dan mudah ditemukan oleh nasabah ditempat-tempat umum, karena mesin ATM ini lebih banyak diberikan dari pada beberapa ATM lainnya. Dimana fungsi dari mesin ATM ini lebih ditujukan kepada nasabah yang akan melakukan transaksi tarik tunai.

Baca  √ Tanggal Potongan Biaya Admin Bank : BRI, BNI, BCA & Mandiri

2. Mesin ATM Setor Tunai

Mesin ATM Setor Tunai

Jenis ATM yang kedua yaitu ATM setor tunai. Dimana mesin ATM satu ini lebih ditujukan untuk para nasabah bank melakukan transaksi setor tunai uang tanpa harus tatap muka dengan teller bank. Pada umumnya mesin ini akan dijumpai di beberapa tempat yang dekat dengan kantor cabang bank.

3. Mesin ATM Non Tunai

Mesin ATM Non Tunai

Jenis ATM selanjutnya yaitu jenis non tunai, dimana para nasabah tidak dapat bertransaksi dengan leluasa seperti kedua ATM sebelumnya. Ini karena mesin ATM non tunai lebih ditujukan kepada nasabah dimana akan melakukan transaksi non tunai seperti transfer, bayar tagihan, bayar belanjaan dan beberapa transaksi non tunai lainnya.

4. Mesin ATM Serbabisa

Mesin ATM Serbabisa

Jenis ATM terakhir bisa dikatakan memiliki fungsi yang lebih lengkap, karena nasabah akan dapat melakukan transaksi seperti setor tunai, tarik tunai, pembayaran non tunai di satu mesin ATM saja. Namun sayangnya mesin ATM serba bisa ini lebih sulit ditemukan, hal itu karena pihak bank-bank tertentulah yang menyediakan layanan mesin ATM ini.

Demikianlah informasi mengenai jenis mesin ATM yang diberikan bank kepada nasabahnya untuk bisa diakses melakukan beberapa transaksi. Semoga informasi mengenai jenis ATM yang pakaiatm.com sampaikan bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda semua bagi yang belum mengetahuinya secara jelas.