10 Perbedaan Internet Banking dan Mobile Banking Wajib Diketahui

Perbedaan Internet Banking dan Mobile Banking – Bertransaksi perbankan tidak hanya bisa dilakukan lewat ATM dan teller bank saja. Anda para nasabah bisa manfaatkan layanan online yaitu Internet Banking dan Mobile banking.

Advertisements

Di mana hampir semua bank-bank tanah air seperti BRI, BNI, Mandiri, BCA dan bank daerah sudah menawarkan dua layanan tersebut. Tujuannya adalah memudahkan transaksi yang ingin dilakukan oleh nasabah tanpa harus ke ATM atau bank.

Namun bagi orang awam, tentunya antara dua layanan tersebut banyak yang menganggap sama. Siapa sangka antara keduanya yaitu Internet Banking dan Mobile Banking memiliki perbedaan, lalu apa saja perbedaan dari dua layanan online tersebut?

Advertisements

Untuk Anda yang penasaran akan perbedaan-perbedaan yang ada, berikut akan pakaiatm.com sampaikan pada pembahasan kali ini. Jadi terus untuk simak pembahasan terkait perbedaan dari Internet Banking dan Mobile Banking sampai akhir.

Apa Itu Internet Banking

Apa Itu Internet Banking

Internet Banking (e-Banking) adalah layanan online yang digunakan untuk melakukan berbagai transaksi keuangan di situs web resmi bank lewat browser. Situs web ini bisa diakses jika pengguna/nasabah terhubung dengan koneksi internet dan telah terdaftar atau memiliki akun masuk.

Advertisements

Dengan layanan Internet Banking ini Anda bisa melakukan transaksi seperti transfer uang, metode pembayaran tagihan, penyetoran dan lainnya. Sehingga nantinya setelah daftar nasabah tidak perlu lagi berkunjung ke bank atau ATM untuk melakukan sebuah transaksi. Berikut fitur utama di Internet Banking:

  • Transfer
  • Pembayaran
  • Pembelian
  • Informasi saldo
  • Mutasi
Baca  12 Cara Transfer Bank DKI 2021 : ATM, mBanking & iBanking

Apa Itu Mobile Banking

Apa Itu Mobile Banking

Sedangkan Mobile Banking (m-Banking) sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Internet Banking, karena memiliki fitur hampir serupa dan harus daftar dahulu sebelum mengaksesnya. Yang membuat beda dengan layanan Internet Banking yaitu dalam proses pengaksesannya.

Jika Internet Banking diakses lewat browser, Mobile Banking diakses melalui aplikasi yang berhasil pihak bank terbitkan. Namun hal itu dipastikan saat mau mengakses pengguna harus menyambungkan koneksi internet dengan perangkat yang digunakan untuk buka aplikasi. Berikut fitur utama di Mobile Banking:

  • Transfer
  • Pembayaran
  • Informasi saldo
  • Mutasi
  • Cek kurs dan suku bunga

Perbedaan Internet Banking dan Mobile Banking

Jika sudah tahu akan pengertian dari Internet Banking dan Mobile Banking, selanjutnya Anda tinggal mengetahui perbedaan-perbedaan pada dua layanan perbankan yang hampir semua bank telah memberikannya. Untuk lebih jelas mengenai perbedaan tersebut, simak sampai akhir.

1. Cara Daftar

1. Cara Daftar

Advertisements

Perbedaan pertama datang dari CARA DAFTAR layanan nya. Meskipun cara daftar dua layanan perbankan yaitu Internet Banking dan Mobile Banking sama mudahnya, namun tetap saja ada perbedaan yang harus dilakukan oleh nasabah bank saat melakukan pendaftaran.

Internet Banking

  • Silakan daftar di mesin ATM terdekat (sesuai bank).
  • Masukkan kartu debit dan masukkan PIN.
  • Pilih Internet Banking, lalu ikuti panduan pendaftarannya sesuai ketentuan.
  • Jika sudah daftar, maka lanjut dengan aktivasi Internet Banking dengan cara login ke situs bank.

Mobile Banking

  • Unduh aplikasi Mobile Banking di Google Play Store atau App Store.
  • Kirim SMS sesuai dengan format yang ditentukan oleh pihak bank.
  • Kemudian lanjut buat identitas dan password yang akan digunakan.

Namun untuk Anda yang pertama kali buka rekening bank, bisa sekalian daftar dan aktivasi layanan Mobile Banking agar tidak bolak-balik ke kantor cabang.

Baca  10 Cara Daftar Internet Banking Mandiri Terbaru 2021

2. Cara Menggunakan

2. Cara Menggunakan

Perbedaan kedua antara Internet Banking dan Mobile Banking adalah mengenai cara menggunakannya. Ada perbedaan penggunaan atau pengaksesan dua layanan perbankan tersebut.

Internet Banking

Untuk bisa mengakses layanan Internet Banking, Anda para nasabah harus membuka situs web bank. Hal itu mewajibkan pengguna untuk membuka browser untuk bisa masuk ke halaman Internet Banking.

Mobile Banking

Sedangkan untuk mengakses Mobile Banking, ada dua cara bisa dilakukan. Pertama adalah mengunduh aplikasi Mobile Banking di HP dan kedua, bisa memanfaatkan menu provider (Hanya provider tertentu).

3. Keunggulan & Kekurangan

3. Keunggulan Kekurangan

Perbedaan ketiga datang dari keunggulan dan kekurangan dari layanannya, di mana antara Internet Banking dan Mobile Banking memiliki perbedaan satu sama lain atas keunggulan dan kekurangannya.

Internet Banking

Kelebihan Internet Banking adalah pengguna tidak perlu install aplikasi yang bisa saja akan memberatkan kinerja HP/smartphone. Itu menjadikan Anda hanya perlu koneksi internet untuk mulai mengaksesnya. Selain itu ada juga kelebihan lain seperti:

  • Dapat diakses kapan dan di mana saja.
  • Sistem perlindungan lebih berlapis yang tentunya lebih aman.
  • Tidak adanya biaya pulsa, hanya butuh koneksi internet.

Lalu untuk kekurangan Internet Banking sendiri banyak dikeluhkan mengenai adanya token dan rentan terhadap pencurian data, meskipun sudah mendapat sistem perlindungan berlapis namun tetap saja Internet Banking memiliki kerentanan.

Mobile Banking

Lalu kelebihan Mobile Banking yaitu lebih praktis, tidak perlu token dan menawarkan keamanan lebih. Karena saat ada seseorang yang mencoba mengakses/masuk layanan Mobile Banking maka perlu dapatkan kode OTP dan notifikasi SMS.

Sedangkan untuk kekurangan Mobile Banking berupa rentan terhadap serangan virus dan hacker. Selain itu juga ada beberapa bank yang membebankan biaya pulsa saat transaksi dengan Mobile Banking, biasanya untuk notifikasi SMS pada nasabah.

Baca  Pilih GoPay atau DANA ? Ini Kelebihan & Kekurangannya

Mungkin itulah informasi terkait bedanya antara Internet Banking dan Mobile Banking yang dapat pakaiatm.com sajikan. Semoga dengan adanya perbedaan-perbedaan di atas bisa menjawab rasa penasaran Anda mengenai dua layanan online perbankan dari bank-bank di tanah air.

Advertisements