√ ATM BRI Minta Tanggal Lahir ? Penyebab & Cara Mengatasinya

ATM BRI Minta Tanggal Lahir – Kejadian tidak mengenakan mungkin akan terjadi pada siapa saja, tidak terkecuali bagi Anda para nasabah bank BRI. Seperti misalnya saat bertransaksi di mesin ATM justru ATM tidak dapat memproses, ATM BRI minta tanggal lahir dan beberapa gangguan lain.

Dengan kejadian itu, pastinya akan membuat nasabah BRI yang ingin lakukan transaksi akan tertunda sampai berhasil mengatasinya. Lantas apa penyebab dan cara mengatasi yang perlu dilakukan ketika ATM BRI minta tanggal lahir saat transaksi di ATM sedang berlangsung?.

Terkait kejadian itu, pada pembahasan kali ini kami akan sajikan secara lengkap informasi mengenai ATM minta atau menyuruh Anda untuk memasukkan format tanggal lahir. Sebenarnya permasalahan ATM minta tanggal lahir sendiri sebenarnya bukan permasalahan yang serius dan bisa mengakibatkan saldo hilang.

Namun bagi nasabah BRI yang baru pertama kali menemui kendala seperti ini tentu saja akan merasa bingung dan sedikit cemas. Tidak perlu berlebihan dan Anda harus bersikap tenang, sehingga nantinya bisa berfikir untuk mengatasi permasalahan ATM minta atau menyuruh memasukkan format tanggal lahir.

ATM BRI Minta Tanggal Lahir

ATM BRI Minta Tanggal Lahir

Terkait kejadian ATM minta tanggal lahir sendiri juga kerap dinamakan sebagai ATM BRI disable. Yang mana kartu ATM BRI Anda dinonaktifkan oleh pihak bank BRI akibat beberapa hal, guna lebih jelas mengenai arti ATM BRI minta tanggal lahir tersebut maka terus untuk simak penjelasan di bawah ini.

Sudah disampaikan di awal, pada kesempatan kali ini pakaiatm.com akan sajikan informasi mengenai ATM BRI minta tanggal lahir baik dari penyebab beserta solusi maupun cara mengatasinya. Sehingga nantinya proses transaksi bisa dilakukan kembali dan berjalan lancar tanpa ada kendala.

Baca  5 Cara Bayar Tiket Kereta Api Via ATM BRI

Penyebab ATM BRI Minta Tanggal Lahir

Penyebab ATM BRI Minta Tanggal Lahir

Untuk ATM BRI menunjukkan layar notifikasi yang meminta tanggal lahir sebenarnya hal umum yang bisa juga terjadi juga di ATM-ATM bank lain. Itu artinya tidak hanya terjadi pada ATM BRI saja, melainkan ATM minta tanggal lahir bisa juga terjadi di ATM BNI, BCA, Mandiri dan ATM lainnya.

Kejadian ATM meminta atau menyuruh pengguna untuk memasukkan format tanggal lahir penyebabnya dikarenakan nasabah BRI telah menggunakan kartu ATM tanpa mengganti PIN ATM dalam kurun waktu yang cukup lama atau bisa juga tidak pernah mengganti PIN dari waktu pembuatan.

Muncul atau memintanya tanggal lahir ini berguna meminimalisir tindak kejahatan yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Sehingga secara otomatis sistem bank BRI melakukan verifikasi dengan memunculkan layar tampilan format tanggal lahir dan menyuruh nasabah memasukkannya.

Terkait tujuan dari minta tanggal lahir sendiri sebagai bentuk verifikasi keamanan untuk menghindari hal tidak diinginkan. Banyak nasabah merasa cemas dengan kejadian ini, namun sekali lagi ATM minta tanggal lahir bukan masalah serius yang bisa berakibat fatal seperti kehilangan saldo.

Cara Mengatasi ATM BRI Minta Tanggal Lahir

Cara Mengatasi ATM BRI Minta Tanggal Lahir

Setelah tahu penyebab ATM minta tanggal lahir di atas, selanjutnya Anda tinggal mengetahui cara mengatasinya. Di mana untuk permasalahan minta tanggal lahir di ATM cara mengatasinya cukup mudah, nantinya Anda hanya perlu melakukan pergantian atau ubah PIN lama dengan PIN ATM baru.

Di mana jika sedang transaksi di ATM kemudian muncul layar yang minta masukkan tanggal lahir, maka bisa atasi langsung di mesin ATM dengan cara meneruskannya dengan lakukan pergantian PIN ATM. Untuk lebih jelas bagaimana cara ganti PIN melalui mesin ATM simak langkah di bawah ini.

  • Langkah pertama masukkan kartu ATM BRI ke mesin ATM.
  • Jika sudah pilih bahasa dan masukkan 6 digit PIN ATM BRI.
  • Saat layar muncul tulisan minta tanggal lahir silakan tekan saja “Ya”.
  • Lalu lanjut isi format tanggal lahir 8 digit (Tanggal, Bulan dan Tahun).
  • Setelah terisi maka Anda diminta masukkan 6 digit PIN ATM BRI lama.
  • Kemudian masukkan 6 digit PIN ATM BRI baru.
  • Sekali lagi masukkan PIN ATM BRI baru sebagai langkah konfirmasi.
  • Dengan begitu ganti PIN atau aktivasi kartu berhasil dan sudah bisa digunakan kembali untuk bertransaksi.
Baca  25 Cara Mengetahui CVV BRI 2022: Pengertian, Fungsi, Letak Kode

Bisakah Ganti PIN ATM Melalui BRImo?

Untuk pertanyaan satu ini, nasabah BRI masih belum bisa melakukan ganti PIN ATM BRI melalui layanan BRImo. Itu artinya jika ingin lakukan pergantian PIN ATM bisa dilakukan lewat mesin ATM secara langsung dengan mendatangi gerai ATM BRI terdekat dengan lokasi Anda berada.

Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa melakukan pergantian PIN ATM BRI dengan cara datang langsung ke kantor cabang bank BRI terdekat yang nantinya akan dibantu oleh customer service / CS bank BRI. Namun pastikan nasabah BRI membawa dokumen buku tabungan, KTP dan kartu ATM.

Anda juga bisa ganti PIN ATM BRI lewat HP dengan memanfaatkan layanan SMS Banking. Silakan buka HP yang biasa digunakan untuk melakukan transaksi SMS Banking. Kemudian lanjut buka menu “Pesan”. Buat pesan baru dan ketik Format SMS : PIN (spasi) PIN Baru (spasi) PIN lama setelah itu kirim ke 3300.

Demikian pembahasan ATM BRI meminta tanggal lahir lengkap dari penyebab serta cara mengatasi yang dapat pakaiatm.com sajikan. Namun jika kartu ATM BRI tetap saja disable atau tidak aktif karena beberapa hal, maka Anda harus lakukan cara enable kartu ATM BRI agar nantinya bisa lakukan transaksi.

Adanya pembahasan terkait ATM BRI menyuruh memasukkan tanggal lahir di atas semoga bisa bermanfaat. Terutama bagi para nasabah BRI yang menemui kendala atau kejadian serupa di mana meminta nasabah untuk masukkan format tanggal lahir saat bertransaksi di mesin ATM BRI.