Biaya Ganti ATM BNI 2020 : Hilang, Terblokir & Tertelan

Biaya Ganti ATM BNI – Kartu ATM hilang, terblokir dan tertelan mungkin tidak diinginkan oleh semua nasabah bank. Hal tersebut akan membuat transaksi keuangan anda nantinya sedikit bermasalah atau terjadi penundaan.

Jika sampai mengalami masalah seperti itu maka nasabah harus mengurusnya di kantor cabang terdekat sesuai bank-nya. Terkadang jalan atau solusinya ATM hilang, terblokir maupun tertelan itu sendiri yaitu dengan ganti kartu ATM baru.

Untuk pengurusan ganti kartu ATM baru sebenarnya caranya sangat mudah. Dimana nasabah hanya perlu datang ke kantor cabang bank-nya dengan membawa persyaratan seperti buku rekening tabungan, KTP, dan juga surat kehilangan jika kartu ATM tersebut hilang.

Lalu apa ada biaya dalam penggantian kartu ATM? Jawabannya ada, dimana setiap bank di Indonesia memberikan biaya yang berbeda-beda. Biaya antara ganti ATM BCA, BRI, Mandiri, BNI dan lainnya bisa dikatakan memiliki perbedaan.

Biaya Ganti ATM BNI Baru Baik Akibat Hilang, Terblokir & Tertelan

Biaya Ganti ATM BNI Baru Baik Akibat Hilang Terblokir Tertelan

Nah pada pembahasan kali ini pakaiatm.com akan menyampaikan informasi mengenai biaya ganti ATM BNI seperti yang sudah tertera di judul di atas. Lalu berapa besaran ganti ATM BNI tersebut? Apakah sama dengan bank lain? Untuk lebih jelasnya simak sampai akhir ulasan berikut ini.

Biaya Ganti ATM BNI

Biaya Ganti ATM BNI

Sudah disampaikan diawal jika biaya ganti ATM memang memiliki besaran yang berbeda-beda satu sama lainnya. Tidak hanya itu, biaya ganti ATM juga akan memiliki perbedaan tergantung dengan masalah atau faktor penyebabnya. Bahkan di beberapa bank ganti ATM baru memiliki perbedaan di setiap produk atau tipe kartunya.

1. Biaya Ganti ATM BNI Akibat Hilang

Untuk biaya ganti kartu ATM BNI diakibatkan oleh hilangnya kartu, dari pihak bank BNI menjatuhi besaran biaya hanya Rp 15.000 + biaya pergantian meterai 6000. Dimana besaran tersebut sama dengan biaya ganti ATM Mandiri akibat hilang.

Untuk mengurusnya anda bisa datangi langsung kantor cabang bank BNI terdekat dengan membawa persyaratan seperti buku rekening tabungan, KTP, surat kehilangan dan tentunya uang untuk membayarkannya. Lakukan segera penggantian jika kartu ATM BNI anda hilang, takutnya disalahgunakan oleh orang yang menemukannya.

2. Biaya Ganti ATM BNI Akibat Terblokir

Sebenarnya biaya ganti kartu ATM BNI akibat terblokir di setiap bank memiliki besaran yang berbeda. Namun di BNI besarannya sama yaitu Rp 15.000 saja, itupun jika kartu ATM terblokir perlu di ganti dengan yang baru.

Namun pada umumnya kartu ATM yang terblokir untuk mengaktifkannya hanya perlu di reset/unblock di kantor cabang terdekat. Biasanya besaran pembukaan kartu ATM terblokir ini akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000.

3. Biaya Ganti ATM BNI Akibat Tertelan

Sama seperti biaya ganti kartu ATM BRI, BCA dan lainnya. Jika masalah tertelan kartu ATM-nya dekat dengan kantor cabang maka nantinya tidak akan ada biaya, tinggal saja anda meminta bantuan kepada petugas untuk membuka atau mengambilkannya.

Namun jika kartu ATM BNI anda tertelan di mesin ATM yang memiliki jarak cukup jauh dengan kantor cabang, maka jalan satu-satunya harus ganti dengan yang baru. Nah untuk ganti kartu ATM baru ini nantinya anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 15.000 saja sama seperti biaya ganti akibat hilang.

Penyebab ATM BNI Hilang, Terblokir & Tertelan

Penyebab ATM BNI Hilang Terblokir Tertelan

Ada beberapa faktor penyebab yang bisa terjadi pada kartu ATM seperti hilang, terblokir dan tertelan yang mengakibatkan nasabah bank BNI harus menggantinya dengan kartu baru di kantor cabang. Nah untuk penyebabnya berikut beberapa faktor yang sering terjadi.

1. Penyebab Kartu ATM BNI Hilang

Untuk masalah seperti ini bisa dikarenakan oleh keteledoran dari sang pemilik kartu ATM karena lupa menaruh, jatuh di jalan, atau hilang dicuri/diambil orang. Masalah ini sering terjadi pada nasabah bank di Indonesia, tidak terkecuali nasabah bank BNI.

2. Penyebab Kartu ATM BNI Terblokir

Masalah terblokirnya kartu ATM pastinya nasabah sudah mengetahuinya sendiri, dimana jika salah memasukkan PIN 3 kali berturut-turut akan secara otomatis kartu ATM terblokir. Untuk mengantisipasi terblokirnya kartu ATM BNI, alangkah baiknya saat bertransaksi di mesin ATM lebih teliti lagi ketika memasukkan 6 digit PIN-nya.

3. Penyebab Kartu ATM BNI Tertelan

Penyebab atau faktor terjadinya kartu ATM BNI tertelan itu sendiri ada beberapa yang biasanya terjadi. Hal ini umum dan bisa dikatakan sebagian nasabah bank baik itu BNI, BRI, BCA, Mandiri dan lainnya mengalami masalah ini. Faktor penyebabnya sendiri seperti:

  • Setelah selesai melakukan transaksi di mesin ATM anda tidak cepat-cepat mengambil kartu ATM yang sudah mulai keluar.
  • Mesin ATM BNI atau mesin yang sedang digunakan untuk transaksi mengalami rusak atau eror.
  • Terjadi masalah pada KARTU ATM RUSAK, retak, patah, atau kartu ATM dalam kondisi kadaluarsa.
  • Terjadinya pemadaman listrik saat transaksi sedang dilakukan.

FAQ

1. Apakah Uang Akan Hilang Jika ATM Terblokir?

Tidak. Kartu ATM yang terblokir nantinya tidak berpengaruh terhadap isi saldo di dalamnya.

2. Apakah Ganti Kartu ATM BNI Bisa di Cabang Lain?

Bisa. Anda bisa mengurus atau ganti kartu ATM BNI dikantor cabang manapun yang terdekat.

3. Berapa Lama Masa Aktif Kartu ATM BNI?

Kartu ATM BNI akan aktif selama 5 tahun, jika sudah melebihi itu maka nasabah BNI harus menggantinya di kantor cabang.

Demikianlah informasi mengenai biaya ganti ATM BNI yang bisa pakaiatm.com sampaikan. Dimana besaran biaya ganti ATM baru akibat hilang, terblokir dan tertelan yaitu biayanya sama, namun untuk mengantisipasi perbedaan anda bisa siapkan uang lebih saat datang mengurusnya ke kantor cabang.