√ Kartu ATM Rusak 2020 : Cara Mengurus & Biaya

Kartu ATM Rusak – Membuka rekening tabungan bank mungkin saat ini menjadi salah satu keharusan bagi setiap orang. Dengan membuat rekening tabungan ini nantinya anda akan mendapatkan buku rekening dan kartu ATM/debit yang akan memudahkan dalam urusan transaksi.

Fungsi kartu ATM ini sangatlah penting sekali dalam keperluan transaksi anda di mesin ATM. Dengan begitu menyimpan kartu ATM anda secara baik agar tidak rusak ataupun hilang menjadi hal perlu anda lakukan agar nantinya tetap bisa digunakan.

Jangan sampai kartu ATM anda rusak dan menyebabkan tidak bisanya transaksi di mesin ATM saat waktu yang dibutuhkan. Jika pun sampai mengalami masalah rusaknya kartu ATM maka anda hanya perlu mengurusnya kembali di kantor cabang sesuai rekening bank-nya.

Dengan begitu maka anda juga perlu mengetahui penyebab, cara mengurus atau mengatasi dan juga biaya dibutuhkannya. Dalam pengurusan kartu rusak ini nantinya anda akan di berikan biaya penggantian kartu baru.

Cara & Biaya Mengurus Kartu ATM Rusak Terlengkap

Kartu ATM Rusak

Dalam hal kartu ATM rusak sebenarnya cara menangani atau mengatasinya mudah yaitu dengan cara datang ke kantor cabang bank terdekat (sesuai bank). Namun sebelum berlanjut mengenai cara mengurus dan lainnya, alangkah baiknya ketahui penyebabnya terlebih dahulu mengapa kartu rusak.

Penyebab Kartu ATM Rusak

Penyebab Kartu ATM Rusak

Penyebab rusak kartu ATM juga ada berbagai faktor dimana membuat kartu ATM tidak dapat digunakan untuk transaksi di mesin ATM. Berikut beberapa penyebab umum menjadikan kartu ATM anda rusak.

1. Terblokir

Kadang banyak para nasabah bank mengalami masalah seperti ini, bahkan tidak jarang nasabah mengalami masalah ini beberapa kali. Pada umumnya penyebab terblokir itu sendiri dikarenakan oleh nasabah salah memasukkan 6 digit PIN saat bertransaksi di mesin ATM.

Salah dalam memasukkan PIN ATM sebanyak tiga kali berturut-turut akan secara otomatis kartu ATM anda terblokir, sehingga kartu ATM tidak bisa digunakan untuk bertransaksi. Mungkin ini menjadi salah satu penyebab kerusakan kartu ATM sering atau umum terjadi.

2. Kartu ATM Retak

Retaknya kartu ATM mungkin terkadang jarang disadari oleh para penggunanya. Namun pada umumnya terjadinya retak pada kartu ATM disebabkan oleh faktor yang tidak sengaja seperti menaruhnya di dompet dan dimasukkan di saku bagian belakang lalu dibawa duduk. Otomatis dompet yang ada kartu ATM tersebut tertekan dan timbul retak-retak.

3. Kartu ATM Cacat

Sama seperti penyebab kartu rusak diatas, penyebab ini juga terkadang jarang di ketahui masalah utamanya. Namun kemungkinan besar kartu tersebut tertimpa beban yang cukup berat menjadikan kartu ATM berubah fisik maupun cacat. Kecacatan parah ialah saat bagian pita hitam pada kartu ATM tersebut tergores atau luka, karena jika sampai luka maka kartu ATM sudah dapat dipastikan tidak dapat digunakan.

4. Kartu ATM Terkena Magnet

Pada penyebab kartu rusak selanjutnya bisa juga disebabkan oleh terkenanya magnet pada bagian kartu ATM. Walaupun kartu ATM terkena dan tertarik medan magnet cukup kuat dalam kurun waktu tidak lama maka tidak akan membuat kartu akan cepat rusak.

Dimana yang membuat kartu rusak itu sendiri jika terkena atau tertarik medan magnet dengan waktu cukup lama atau bisa disebut terlalu sering. Dengan begitu antisipasi kartu ATM anda agar terjauh dengan medan magnet yang ada.

5. Kartu ATM Basah

Memiliki tampilan fisik yang cukup mudah untuk di bersihkan saat terkena air, kartu ATM juga tetap bisa bermasalah saat terkena air dalam waktu cukup lama. Selain itu penyimpanan kartu ATM di dompet yang lembab juga bisa menyebabkan rusaknya kartu apa lagi dalam waktu yang cukup lama.

6. Kartu ATM Terkena Panas

Suhu yang panas juga bisa menjadi salah satu dari banyaknya penyebab kartu debit anda rusak. Namun jika panas akibat terbakar mungkin itu menjadi penyebab yang tidak bisa di tolerir karena dari bentuk fisiknya saja pasti sudah rusak dan tidak bisa dipakai dan digunakan transaksi pada mesin ATM.

Cara Mengurus Kartu ATM Rusak

Cara Mengurus Kartu ATM Rusak

Setelah mengetahui penyebab dan faktor kartu menjadi rusak pastinya anda berkeinginan untuk cepat mengurus kembali kartu ATM tersebut supaya bisa digunakan untuk bertransaksi kembali. Nah dalam hal ini anda para nasabah hanya memiliki satu cara yang dapat digunakan untuk mengembalikan kartu ATM rusak, dimana caranya yaitu dengan mendatangi kantor cabang bank.

Rusak fisik memang harus mengganti kartu yang baru di kantor cabang, namun ada beberapa bank yang mengharuskan untuk mengganti kartu ATM baru walaupun hanya terblokir PIN-nya saja. Dalam mengurus ATM rusak itu sendiri bisa dikatakan cukup mudah dan sederhana dimana anda para nasabah hanya perlu membawa dokumen seperti:

  • Kartu Identitas Diri (KTP/KITAS/SIM/Paspor).
  • Kartu ATM yang akan diganti sebagai tanda bukti.
  • Buku rekening tabungan sebagai tanda kepemilikan kartu yang rusak.

Jika ketiga syarat dokumen tersebut sudah ada maka anda dapat langsung mengurusnya di kantor cabang sesuai bank-nya. Cara mengurus juga terbilang cukup mudah, dimana anda para nasabah hanya perlu membawa dokumen tersebut. Tidak seperti saat anda mengurus KARTU ATM BCA, Mandiri, BNI, dan lainnya akibat hilang.

Karena jika hilang anda harus menyertakan surat keterangan kehilangan dimana didapatkan di kantor kepolisian. Sedangkan untuk mengurus kartu rusak hanya perlu mendatangi kantor cabang dengan membawa dokumen diatas. Nah untuk cara atau langkah mengurus kartu ATM rusak sendiri seperti berikut.

  1. Siapkan dokumen seperti KTP, buku tabungan, kartu yang rusak.
  2. Setelah itu datang ke kantor cabang (sesuai bank).
  3. Sesampainya dikantor langsung saja ambil nomor antrean.
  4. Tunggu sampai nomor anda dipanggil oleh petugas atau customer service.
  5. Jika tiba giliran di panggil maka langsung saja temui petugas atau customer service. Lalu sampaikan maksud kedatangan anda yaitu ingin mengurus kartu ATM yang rusak.
  6. Setelah itu petugas akan membantu memproses dengan meminta persyaratan tadi.
  7. Tunggu sebentar sampai petugas atau customer service selesai memprosesnya. Setelah itu anda akan diberikan kartu ATM yang baru.

Biaya Ganti Kartu ATM Karena Rusak

Biaya Ganti Kartu ATM Karena Rusak 1

Dalam mengurus penggantian kartu ATM baru itu sendiri pastinya ada beberapa hal yang perlu disiapkan oleh anda selain persyaratan itu tadi. Yang harus disiapkan yaitu biaya pergantian kartu ATM akibat di sebabkan oleh rusaknya fisik kartu ATM.

Biaya ganti kartu ATM baru sendiri bisa dikatakan berbeda-beda tergantung masing-masing bank. Dimana bank-bank yang ada di Indonesia seperti bank BRI, Mandiri, BCA, BNI, CIMB Niaga dan bank lainnya memberikan perbedaan, bahkan ada yang membebaskan biayanya.

Namun secara umum besaran bisa ganti kartu debit rusak tidak terlalu mahal. Dimana anda para nasabah hanya perlu menyiapkan biaya berkisar antara Rp 0 sampai Rp 25.000 + biaya materai, jika anda tidak membawa uang cash maka bisa memotong rekening tabungan.

Tips Menyimpan Kartu ATM Agar Tidak Cepat Rusak

Tips Menyimpan Kartu ATM Agar Tidak Cepat Rusak

Untuk mengantisipasi masalah seperti ini kartu ATM rusak maka anda harus memiliki tips untuk menyimpannya. Nah berikut beberapa tips yang pakaiatm.com sampaikan semoga bisa membantu dan melindungi masalah tersebut terjadi pada kartu ATM anda.

  1. Saat pertama kali anda membuka rekening tabungan pastinya akan mendapatkan kartu ATM juga. Keadaan kartu ATM tersebut nantinya pastinya dalam kondisi yang sangat mulus dan terlapisi oleh plastik. Agar kartu ATM tidak mudah lecet dan atau tergores maka usahakan jangan sampai plastik tersebut terlepas.
  2. Jangan menumpuk kartu ATM saling berhadapan. Hal ini untuk mengantisipasi magnet yang ada di barcode tersebut cepat rusak.
  3. Untuk menghindari kartu ATM patah alangkah baiknya simpan di dompet dan dompet tersebut taruh di tas. Hal itu menghindari jika anda menaruh dompet berisi kartu ATM di saku, terutama saku bagian belakang yang sangat rawan sekali.
  4. Hindari penyimpanan kartu ATM dengan benda lain yang memiliki material cukup keras, agar nantinya kartu ATM tidak tertekan-tekan (benturan) yang mengakibatkan kartu rusak.
  5. Usahakan selalu menyimpan kartu ATM di tempat yang aman.

FAQ

1. Apakah Kartu ATM Bengkok Masih Bisa Digunakan?

Kartu ATM melengkung kemudian diluruskan kembali tetap masih bisa digunakan. Yang tidak bisa digunakan yaitu saat kartu ATM retak pada bagian pita hitam/magnetic.

2. Apakah Kartu ATM Terblokir Bisa Menerima Transferan?

Tetap bisa menerima transfer dari orang lain, kecuali jika rekening anda yang terblokir maka anda tidak bisa mentransfer.

3. Berapa Lama Penggantian Kartu ATM Baru?

Penggantian kartu ATM baru di kantor cabang bisa selesai di hari itu juga.

Demikianlah informasi yang bisa pakaiatm.com sampaikan mengenai cara mengurus dan besaran biaya yang dibutuhkan saat anda ingin melakukan pergantian kartu ATM baru akibat rusak. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat dan berguna bagi semua yang membutuhkannya.