√ Kartu ATM BNI Tidak Bisa Digunakan : Penyebab & Solusi

Kartu ATM BNI Tidak Bisa Digunakan – Kartu ATM mungkin menjadi salah satu layanan fasilitas diberikan oleh pihak Bank kepada para nasabah setelah berhasil buka rekening tabungan. Hampir semua Bank-Bank tanah air sudah sudah memberlakukan hal itu, tidak terkecuali Bank BNI.

Dengan diberikannya sebuah kartu ATM, nantinya nasabah BNI bisa melakukan berbagai transaksi di mesin ATM dan juga EDC untuk melakukan pembayaran. Transaksi di mesin ATM sendiri seperti misalnya transfer, tarik tunai, cek saldo, pembayaran, tagihan dan masih banyak lainnya.

Dalam proses transaksi tersebut, terkadang ada saja kendala atau pun gangguan yang bisa menyebabkan nasabah BNI gagal transaksi. Seperti misalnya KARTU ATM TIDAK BISA CEK SALDO, tarik tunai, transfer, bahkan sampai tidak bisa digunakan sama sekali.

Dengan begitu tentunya jika sampai tidak bisa digunakan, transaksi Anda akan sedikit terganggu dan terhambat sampai Anda menyelesaikan. Lalu apa penyebab dan solusi atau cara mengatasi kartu ATM BNI tidak dapat digunakan untuk melakukan transaksi?

Kartu ATM BNI Tidak Bisa Digunakan

Kartu ATM BNI Tidak Bisa Digunakan

Untuk menjawab itu semua, berikut akan disampaikan secara jelas di bawah ini apa saja penyebab dan solusi untuk mengatasinya. Jadi terus untuk simak pembahasan tentang kartu ATM BNI tidak dapat digunakan untuk transaksi ini sampai akhir.

Baca  √ Saldo Minimal BNI 2021 : Semua Jenis ATM & Rekening

Penyebab Kartu ATM BNI Tidak Bisa Digunakan

Penyebab Kartu ATM BNI Tidak Dapat Digunakan

Mengenai faktor penyebab sendiri, hampir sama seperti penyebab KARTU ATM BCA TIDAK BISA DIGUNAKAN atau pun kartu ATM Bank-Bank lainnya. Di mana penyebab umum dan sudah biasa itu sendiri seperti misalnya:

1. Masa Aktif Kartu ATM BNI Habis (Valid Thru)

Pertama, kartu ATM tidak bisa digunakan karena masa aktif dari kartu ATM sudah habis (Valid Thru), seperti sudah Anda ketahui sendiri jika kartu ATM memiliki jangka umur atau waktu hanya 5 tahun saja. Jadi, untuk memastikkannya Anda bisa cek di bagian depan kartu ATM BNI nya apakah masih aktif atau expired.

2. Kartu ATM BNI Berstatus Dormant

Kedua, kartu ATM BNI tidak dapat digunakan terjadi karena kartu ATM sudah berubah status menjadi pasif atau dormant. Biasanya permasalahan kartu ATM BNI dormant sendiri akan secara otomatis terjadi saat nasabah BNI tidak menggunakan kartu ATM tersebut untuk melakukan transaksi dalam jangka waktu 6 bulan.

3. Kartu ATM BNI Rusak

Ketiga, kartu ATM tidak bisa digunakan juga bisa terjadi karena kartu ATM yang mengalami kerusakan. Pada umumnya kartu ATM BNI rusak bisa saja pita hitam tergores, kartu ATM patah maupun retak. Sehingga saat digunakan untuk transaksi di mesin ATM mengalami mesin menolaknya.

4. Belum Ganti Kartu ATM BNI Chip

Terakhir, kartu ATM tidak bisa digunakan juga bisa terjadi karena kartu ATM Anda belum di ganti dengan kartu ATM berteknologi chip. Hal ini sudah menjadi ketentuan pihak Bank untuk memberlakukan pergantian kartu ATM chip sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan, jika tidak maka kartu ATM tidak bisa digunakan.

Baca  2 Perbedaan BNI Taplus dan BNI Taplus Muda 2021

Solusi Atasi Kartu ATM BNI Tidak Bisa Digunakan

Solusi Atasi Kartu ATM BNI Tidak Bisa Digunakan

Setelah tahu apa saja penyebab kenapa kartu ATM BNI tidak dapat digunakan di atas, Anda tinggal perlu tahu bagaimana cara atau solusi untuk mengatasinya. Untuk solusi mengatasi itu sendiri Anda tinggal sesuaikan saja dengan faktor penyebab yang menjadikan kartu ATM tidak bisa digunakan.

1. Aktifkan Kembali Kartu ATM BNI

Saat kartu ATM BNI tidak dapat digunakan karena berstatus dormant atau tidak aktif, solusi mengatasinya yaitu Anda hanya perlu mengaktifkan ulang kartu ATM BNI tersebut di kantor cabang BNI terdekat. Silakan datangi kantor cabang BNI terdekat dengan membawa syarat ketentuan seperti kartu ATM BNI lama, buku tabungan, KTP dan juga uang tunai sebagai setoran di dalam rekening Anda.

2. Ganti Kartu ATM BNI Baru

Lalu jika kartu ATM BNI tidak dapat digunakan karena kartu ATM sudah habis masa aktif, kartu ATM rusak atau belum beralih ke kartu ATM BNI chip. Cara mengatasinya yaitu dengan datang langsung ke kantor cabang Bank BNI terdekat guna melakukan permintaan kartu ATM BNI baru.

Jangan lupa untuk siapkan syarat ketentuan seperti misalnya kartu ATM lama, buku rekening tabungan, KTP dan juga uang sebagai biaya pergantian. Untuk biaya sendiri berkisar Rp 10.000 – Rp 25.000 tergantung dengan jenis kartu ATM apa yang Anda gunakan, sedangkan GANTI KARTU ATM BNI CHIP nasabah BNI tidak dikenai biaya.

Mungkin seperti itulah informasi terkait kartu ATM BNI tidak bisa digunakan baik dari penyebab dan cara mengatasi yang dapat pakaiatm.com sajikan. Semoga adanya pembahasan kartu ATM BNI tidak dapat digunakan untuk transaksi di atas bisa bermanfaat bagi semua yang mengalami masalah serupa.

Baca  9 Cara Melihat Bukti Transfer BNI Mobile 1 Menit Berhasil