3 Cara Bayar Angsuran KUR Mandiri 2021 : Jatuh Tempo & Resiko Telat

Cara Bayar Angsuran KUR Mandiri – Kredit Usaha Rakyat atau lebih dikenal KUR oleh masyarakat, mungkin sudah diberikan hampir setiap bank-bank nasional. Seperti misalnya bank BRI, BNI, Mandiri dan lainnya.

Dalam pengajuan pinjaman KUR itu sendiri kebanyakan akan memberlakukan syarat yang sudah ditentukan. Seperti harus melengkapi kartu identitas diri, jaminan agunan berupa sertifikat berharga (tanah rumah, BPKB & dokumen lainnya).

Nah, pada kesempatan kali ini sendiri pakaiatm.com bukan akan membahas mengenai cara pengajuan KUR. Melainkan yang akan dibahas sendiri yaitu mengenai bagaimana cara bayar angsuran atau cicilan KUR Mandiri tersebut.

Di mana pembayaran angsuran KUR Mandiri sendiri akan dilakukan secara autodebet atau otomatis. Ini berbeda dengan CARA BAYAR ANGSURAN KUR BRI yang bisa dilakukan secara manual atau bisa membayarkan angsuran lewat mesin ATM.

Cara Bayar Angsuran KUR Mandiri

Untuk lebih jelas mengenai cara bayar cicilan KUR Mandiri itu sendiri, berikut akan disampaikan secara lengkap di bawah ini. Jadi, terus simak pembahasan atau ulasan ini sampai akhir.

Autodebet Mandiri?

Sebelum berlanjut ke pembahasan cara bayar angsuran, terlebih dahulu Anda harus tahu autodebet Mandiri tersebut. Di mana autodebet Mandiri sendiri merupakan layanan pendebitan dana secara otomatis.

Dengan begitu, saldo atau dana di dalam rekening nasabah Mandiri akan terpotong sesuai dengan kesepakatan antara nasabah dan pihak Mandiri. Pemotongan saldo biasanya akan berlaku sesuai dengan tanggal kesepakatan.

Cara Bayar Angsuran KUR Mandiri

Cara Bayar Angsuran KUR Mandiri

Seperti sudah disinggung di awal, jika pembayaran angsuran KUR Mandiri hanya bisa dilakukan secara autodebet saja. Hal ini juga sudah disampaikan saat Anda pertama kali mengajukan KUR Mandiri kepada petugas.

Hal itu membuat nantinya Anda tidak perlu repot melakukan pembayaran secara manual, karena angsuran akan memotong langsung saldo dalam tabungan rekening Mandiri Anda yang digunakan sebagai pengajuan di awal.

Yang pasti, sebelum jatuh tempo pembayaran angsuran nasabah yang meminjam KUR Mandiri harus sudah sedia saldo sesuai dengan ketentuannya. Jika pun belum, maka Anda harus isi saldonya sesuai kesepakatan.

Dalam pengisian saldo rekening yang digunakan untuk Autodebet ada beberapa cara bisa dilakukan. Seperti misalnya menabung di teller bank atau transfer dari rekening lain ke rekening Mandiri (didaftarkan).

Manfaat Menggunakan Autodebet Mandiri

Setelah tahu akan cara bayar angsuran KUR di atas, Anda juga perlu tahu manfaat saat menggunakan layanan autodebet Mandiri. Ada beberapa hal yang tentunya akan membantu dan mempermudah para peminjam KUR, seperti:

  • Lebih mudah dan tidak khawatir telat bayar, karena akan langsung memotong saldo rekening.
  • Hemat dari berbagai hal seperti waktu, tenaga, dan biaya.

Sayangnya, pembayaran autodebet juga terkadang memiliki kekurangan. Seperti sulit dalam melakukan pembayaran jumlah yang besar dan sulit untuk merubah pembayaran dari autodebet ke pembayaran manual.

Tanggal Jatuh Tempo Pembayaran KUR Mandiri

Tanggal Jatuh Tempo Pembayaran KUR Mandiri

Lalu tanggal berapa jatuh tempo pembayaran KUR Mandiri? Hal ini memang perlu diperhatikan, agar nantinya bayar angsuran KUR tidak melebihi tanggal jatuh temponya sesuai dengan ketentuan dan persetujuan dari 2 pihak nasabah dan bank.

Selain itu, tagihan angsuran KUR Mandiri juga akan muncul sebelum 3 hari dari tanggal jatuh temponya. Hal itu sebagai pengingat jika nasabah Mandiri atau peminjam KUR harus segera melakukan pendebetan otomatis.

Denda & Resiko Jika Telat Bayar Angsuran KUR Mandiri

Denda Resiko Jika Telat Bayar Angsuran KUR Mandiri

Untuk denda pembayaran angsuran KUR sendiri, pihak Mandiri memberlakukan ketentuan yang umum sama seperti kebanyakan bank lainnya. Yang mana, akan ada denda keterlambatan pembayaran sebesar berapa % dari angsurannya.

Selain itu, resiko jika Anda telat bayar angsuran KUR maka tidak hanya dikenakan denda uang saja. Melainkan juga akan di blacklist oleh pihak Mandiri saat telat bayar angsuran dalam waktu yang cukup lama.

Mungkin seperti itulah informasi dapat pakaiatm.com sampaikan mengenai cara bayar angsuran atau cicilan KUR Mandiri. Semoga dengan adanya informasi cara atau langkah bayar cicilan di atas dapat bermanfaat.