6 Cara Bayar Pajak Motor Lewat ATM BNI Terlengkap 2020

Cara Bayar Pajak Motor Lewat ATM BNI – Setiap pemilik kendaraan bermotor di Indonesia wajib membayar pajak di setiap tahunnya. Hal ini sesuai dengan 288 Undang Undang Nomor 22 Tahun 2009 mengenai Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Barang siapa yang melanggar pertaturan tersebut akan dikenai sanksi berupa denda dalam bentuk uang.

Nah, berbicara mengenai pajak kendaraan, tahukah kalian jika saat ini ATM BNI menyediakan fasilitas bayar pajak motor ? cara bayar pajak motor lewat ATM BNI juga sangat mudah. Caranya mungkin hampir sama dengan bayar pasport lewat ATM. Namun sebelumnya perlu kalian ketahui beberapa hal seputar pajak kendaraan bermotor.

Besaran pajak yang harus dibayarkan berbeda-beda, mulai dari motor, mobil hingga kendaraan besar. Disamping itu, untuk pajak motor juga terbagi menjadi beberapa kategori, sesuai kapasitas mesin motor tersebut. Misal, untuk motor dengan kapasitas 115 cc kurang lebih memiliki biaya pajak sebesar 200.000 rupiah. Sedangkan kapasitas mesin yang lebih besar tentu biaya pajak yang harus dibayarkan juga lebih mahal.

Dahulu mungkin kita membayarkan pajak motor harus lewat Samsat atau lewat jasa pajak motor yang biasa disebut calo. Namun di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini kita bisa bayar pajak motor lewat ATM BNI. Cara ini tentu jauh lebih praktis tanpa harus mengeluarkan biaya untuk jasa orang bayar pajak. Akan tetapi untuk membayar pajak lewat mesin ATM kita wajib memperoleh kode pembayaran terlebih dahulu.

Cara Bayar Pajak Motor Lewat ATM BNI Terlengkap

Cara Bayar Pajak Lewat ATM BNI Terlengkap

Bagaimana cara memperoleh kode pembayaran pajak motor ? penasaran ? tenang, caranya sangat mudah kok. Syarat utama untuk melakukan proses ini adalah memiliki koneksi internet dan Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor ( NRKB ). Baiklah, untuk mengetahui lebih detail seputar langkah-langkah bayar pajak motor via ATM BNI serta memperoleh kode pembayaran via online silahkan simak ulasan dibawah ini.

Cara Bayar Pajak Motor Lewat ATM BNI

Cara Bayar Pajak Lewat ATM BNI

Bank BNI merupakan salah satu Bank di Indonesia yang mendukung program orang bijak bayar pajak. Nah, salah satu bentuk dukungannya adalah mengaktifkan metode pembayaran pajak via ATM BNI. Akan tetapi sebelum melakukan transaksi bayar pajak, terlebih dahulu kalian harus melakukan registrasi lewat aplikasi Samsat Online Nasional untuk menerima kode pembayaran. Adapun tata caranya sebagai berikut :

Cara Memperoleh Kode Pembayaran

  1. Download aplikasi Samsat Online Nasional di Google Play Store.
  2. Setelah itu tap menu Daftar.
  3. Lalu masukkan data seperti NRKB, NIK, nomor rangka, nomor HP dan alamat e-mail.
  4. Lalu pilih Lanjutkan.
  5. Kemudian layar akan menampilkan kode pembayaran pajak kendaraan bermotor.
  6. Simpan kode tersebut untuk melakukan transaksi di ATM BNI.

Setelah menerima kode pembayaran, langkah selanjutnya adalah sebagai berikut :

Cara Membayarkan Pajak Motor di Mesin ATM

  1. Kunjungi mesin ATM BNI terdekat.
  2. Masukkan kartu ATM dan pilih Bahasa Indonesia.
  3. Selanjutnya masukkan nomor PIN ATM.
  4. Pada menu utama silahkan pilih Menu Lain.
  5. Kemudian tekan Pembayaran -> Pajak / Penerimaan Negara.
  6. Lalu pilih menu e-Samsat.
  7. Masukkan kode Institusi Samsat Nasional ( 1500 ) diikuti dengan kode pembayaran. Contoh : 1500+031234242xxx.
  8. Kemudian pada layar akan tertera rincian tagihan pajak motor kalian.
  9. Periksa data tersebut, jika sudah sesuai silahkan pilih Tekan Jika Ya.
  10. Lalu layar akan menampilkan status transaksi telah berhasil.
  11. Terakhir, struk bukti bayar pajak motor akan keluar dari mesin.

Setelah mengikuti langkah-langkah diatas, selanjutnya kalian harus datang ke Samsat. Untuk apa harus datang ke Samsat ? bukannya sudah bayar pajak lewat ATM ? tujuan kalian datang ke Samsat adalah untuk meminta tanda tangan kepolisian di STNK kalian. Jangan lupa bawa struk bukti pembayaran yang kalian peroleh ketika bayar pajak lewat ATM BNI.

Itulah informasi dari Pakaiatm.com terkait cara bayar pajak motor lewat ATM BNI. Praktis bukan ? soalnya kita tidak perlu antri panjang bahkan mengeluarkan uang untuk membayar jasa calo. Kemudian kami juga memberikan langkah-langkah registrasi lewat aplikasi Samsat Online Nasional untuk menerima kode pembayaran. Dengan menyimak ulasan diatas kami harap orang Indonesia bisa lebih taat dalam membayarkan pajak kendaraan bermotor mereka.