3 Cara Bayar Paspor via ATM BRI & Biaya Admin 2022

Cara Bayar Paspor via ATM BRI – Paspor merupakan dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang dari suatu negara di mana memuat identitas pemegang dan berlaku guna melakukan perjalanan antar negara.

Nah dengan seiring perkembangan teknologi, proses membayar paspor kini jauh lebih mudah. Bahkan bagi Anda yang merupakan nasabah bank, bisa melakukan bayar paspor melalui layanan yang ada baik itu ATM, m Banking, Internet Banking atau teller.

Jika Anda merupakan nasabah bank BRI maka bisa lakukan pembayaran paspor lewat mesin ATM BRI terdekat atau online lewat aplikasi BRImo. Hanya saja bagi beberapa para pemegang paspor yang merupakan nasabah BRI masih bingung caranya.

Mengenai cara bayar paspor tersebut, Anda tidak perlu khawatir. Karena pada pembahasan kali ini kami akan bahas mengenai cara bayar paspor lewat ATM BRI. Untuk lebih jelasnya bisa simak cara bayar paspor di bawah ini sampai akhir.

Cara Bayar Paspor via ATM BRI

Syarat Bayar Paspor via ATM BRI

Namun sebelum lanjut ke pembahasan mengenai cara bayarnya, alangkah baiknya Anda mengetahui apa saja syarat yang dibutuhkan agar proses bayar paspor melalui ATM BRI bisa berjalan lancar. Adapun beberapa syarat tersebut diantara lainnya:

  • Kartu ATM atau kartu debet BRI.
  • Saldo di ATM BRI cukup untuk bayar paspor.
  • Sudah dapat kode billing.
Baca  15 Jenis Tabungan BNI : Syarat & Fungsi 2022

Untuk kode billing ini nantinya Anda dapatkan dari petugas kantor imigrasi.

Cara Bayar Paspor via ATM BRI

Setelah semua syarat di atas terpenuhi, maka selanjutnya Anda tinggal mengetahui bagaimana langkah bayar paspor lewat ATM BRI. Untuk lebih jelas bagi Anda yang masih bingung, maka bisa simak dan ikuti pembahasan ini sampai akhir.

1. Masukkan Kartu ATM ke Mesin

Silakan kunjungi gerai ATM BRI terdekat dengan lokasi Anda. Jika sudah langsung saja masukkan kartu ATM ke mesin ATM BRI.

1. Masukkan Kartu ATM ke Mesin

2. Pilih Bahasa

Kemudian pada layar mesin ATM akan muncul dua pilihan bahasa yaitu Inggris dan Indonesia. Silakan pilih salah satu.

2. Pilih Bahasa

3. Masukkan PIN ATM

Setelah itu baru Anda akan diminta untuk memasukkan 6 digit PIN ATM BRI. Pastikan dalam memasukkan PIN ini jangan sampai salah.

3. Masukkan PIN ATM

4. Pilih Transaksi Lain

Lalu akan muncul beberapa pilihan menu baru pada layar mesin ATM BRI. Untuk pembayaran paspor silakan pilih “Transaksi Lainnya”.

4. Pilih Transaksi Lain

5. Pilih Pembayaran

Lalu ada opsi baru lagi, silakan klik menu “Pembayaran”.

5. Pilih Pembayaran

6. Pilih Lainnya

Dilanjut dengan pilih menu “Lainnya”. Sekali lagi pilih “Lainnya” karena yang dicari adalah ‘MPN’.

6. Pilih Lainnya

7. Pilih MPN

Dengan begitu maka layar ATM BRI akan menampilkan beberapa pilihan menu baru lagi. Di sini silakan Anda memilih yang “MPN”.

7. Pilih MPN

8. Masukkan Kode Billing

Langkah berikutnya Anda akan diminta untuk memasukkan kode billing yang berhasil didapat. Jika sudah input klik “Benar”.

8. Masukkan Kode Billing

9. Konfirmasi Pembayaran

Pada layar ATM BRI akan menampilkan konfirmasi pembayaran paspor Anda. Cek apakah sudah sesuai, jika sudah klik “Ya”.

9. Konfirmasi Bayar Paspor via ATM BRI

10. Cara Bayar Paspor via ATM BRI Berhasil

Dengan begitu cara bayar paspor melalui ATM BRI sudah berhasil dan Anda akan dapatkan struk bukti pembayaran. Selanjutnya Anda tinggal selesaikan transaksi untuk keluarkan kartu dari mesin.

Baca  25 Cara Bayar FIF Di ATM BCA Mudah 2022

10. Cara Bayar Paspor via ATM BRI Berhasil

Biaya Admin Bayar Paspor via ATM BRI

Dalam proses bayar paspor lewat ATM BRI apakah ada biaya admin? Mengenai hal itu, nantinya pemilik paspor yang merupakan nasabah BRI tidak dikenai biaya admin dalam proses pembayarannya.

Jadi bisa dikatakan gratis atau saldo rekening BRI Anda hanya akan terpotong sesuai jumlah yang harus dibayarkan. Jadi tidak perlu khawatir ada biaya tambahan lain dalam proses bayar paspor.

Kesimpulan

Selain lewat ATM, Anda para nasabah BRI yang sudah memiliki akses layanan Internet Banking dan Mobile Banking bisa melakukan pembayaran lewat layanan tersebut. Bahkan Anda bisa juga bayar lewat teller bank BRI.

Untuk nasabah bank lain seperti Mandiri, BNI, BCA dan lainnya juga bisa melakukan pembayaran lewat layanan ATM dan Mobile Banking atau bisa juga lewat Alfamart dan Indomaret. Bagi nasabah BCA yang bingung cara bayar paspor lewat ATM BCA, kami sudah pernah bahas di pembahasan sebelumnya.

Mungkin demikianlah cara bayar paspor via ATM BRI yang dapat pakaiatm.com sajikan. Semoga dengan adanya pembahasan mengenai cara bayar paspor lewat ATM di atas bisa bermanfaat untuk semua, terutama bagi nasabah BRI yang masih bingung.

Sumber Gambar : Youtube Sigit Kamseno Official, bisnis.tempo.co