6 Cara Bayar UTBK Lewat BRImo 100% Berhasil 2021

Cara Bayar UTBK Lewat BRImo – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) menggunakan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) merupakan tes masuk perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Tes ini bisa diikuti oleh semua calon mahasiswa yang ingin masuk ke perguruan tinggi negeri.

Namun, untuk mengikuti UTBK SBMPTN setiap calon mahasiswa atau peserta harus membayar biaya seleksi sesuai kelompok ujian. Pembayaran UTBK sendiri bisa dilakukan melalui bank milik pemerintah (BUMN) yaitu Bank Mandiri, Bank BTN, Bank BNI dan Bank BRI, baik melalui teller, ATM atau layanan e-channel.

BRI menjadi salah satu bank yang juga bisa digunakan untuk bayar UTBK masuk perguruan tinggi negeri. Perkembangan teknologi dalam dunia perbankan, menjadikan BRI menerbitkan layanan e-channel berupa aplikasi BRImo yang memungkinkan nasabah BRI melakukan berbagai transaksi finansial dan non finansial tanpa ke bank, termasuk bayar UTBK.

Lewat BRImo, nasabah bisa bayar UTBK dengan sangat mudah dan cepat dan bahkan tidak perlu mengantre panjang di loket pembayaran ataupun datang ke kantor cabang BRI untuk melakukan pembayaran via teller. Lantas, bagaimana cara bayar UTBK lewat BRImo? Tentu saja caranya sangat mudah yaitu sebagai berikut.

Biaya UTBK SBMPTN

Biaya UTBK SBMPTN

Untuk dapat mendaftar SBMPTN, peserta harus melewati serangkai proses. Salah satunya yaitu membayar biaya seleksi yang biasanya akan diberikan setelah peserta login ke situs portal.ltmpt.ac.id dan mendapatkan kode pembayaran. Adapun ketentuan biaya UTBK yang harus di bayar peserta UTBK yaitu sebagai berikut.

  • Rp. 200.000,- biaya untuk kelompok ujian Saintek atau Soshum.
  • Rp. 300.000,- biaya untuk kelompok ujian Campuran.
  • Biaya yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik atau dikembalikan dengan alasan apapun.
  • Peserta Kartu Indonesia Pintar Kuliah yang dinyatakan lolos persyaratan tidak akan dibebankan biaya.

Cara Bayar UTBK Lewat BRImo

Cara Bayar UTBK Lewat BRImo

Selain PEMBAYARAN UTBK LEWAT ATM BRI, Anda juga bisa bayar biaya seleksi lewat aplikasi BRImo. Lewat BRImo biaya seleksi bisa di bayar dengan mudah dan simpel, karena bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun selama 24 jam.

Namun, syarat bayar UTBK lewat BRImo yaitu pastikan Anda telah mengaktifkan BRImo dengan melakukan registrasi dan aktivasi di kantor cabang BRI terdekat. Setelah, BRImo aktif maka Anda bisa menggunakannya untuk bertransaksi seperti bayar UTBK.

Cara bayar UTBK lewat BRImo tidak membutuhkan proses yang panjang, namun hanya 5 menit saja biaya seleksi SBMPTM berhasil di bayar. Adapun caranya, langsung saja ikuti langkah-langkah pembayaran di bawah ini.

1. Login Aplikasi BRImo

1. Login Aplikasi BRImo

Langkah yang pertama, silahkan buka aplikasi BRImo di ponsel Anda. Kemudian, masukanlah username dan password, lalu tekan “Login” untuk masuk ke BRImo.

2. Pilih Menu Lainnya

2. Pilih Menu Lainnya 1

Setelah berhasil login, silahkan pilih menu “Lainnya” untuk menampilkan jenis transaksi pembayaran lain.

3. Pilih Menu LTMPT

3. Pilih Menu LTMPT

Setelah itu, maka akan muncul daftar berbagai pilihan transaksi. Untuk bayar UTBK, maka silahkan pilih menu “LTMPT“.

4. Input Kode Bayar dan NISN

Langkah selanjutnya, masukkanlah kode bayar yang Anda dapatkan setelah login ke situs portal.ltmpt.ac.id serta NISN. Lalu, tinggal konfirmasi pembayaran UTBK lewat BRImo.

5. Masukkan PIN BRImo

Setelah memasukkan kode bayar dan NISN, selanjutnya tinggal masukkan PIN BRImo dengan benar jangan sampai salah.

6. Bayar UTBK Selesai

Cara bayar UTBK lewat BRImo telah selesai, jangan lupa untuk menyimpan bukti transaksi dan lanjutkan proses melalui portal LTMPT.

Kenapa Fitur LTMPT Tidak Ada Di Aplikasi BRImo

Kenapa Fitur LTMPT Tidak Ada Di Aplikasi BRImo

Mungkin banyak yang bertanya-tanya mengapa fitur LTMPT tidak ada atau tidak muncul di aplikasi BRImo. Mengapa demikian? Kemungkinan besar, fitur tersebut hanya muncul pada saat pelaksanaan UTBK.

Kemungkinan lainnya yaitu bisa jadi fitur LTMPT tidak tersedia, karena aplikasi BRImo sedang ada pembaharuan. Sebagai solusi, pembayaran UTBK bisa dilakukan di jaringan kantor cabang BRI terdekat.

Itulah beberapa cara bayar UTBK lewat BRImo yang dapat pakaiatm.com sajikan. Dengan cara bayar di atas, maka kini pembayaran bisa dilakukan dari ponsel. Namun, jika mendapati kendala fitur LTMPT tidak ada atau tidak muncul di aplikasi BRImo silahkan hubungi CALL CENTER BRI.