[2020] Cara Buka Rekening BJB : Online, Syarat, Setoran

Cara Buka Rekening BJB – Membuka rekening tabungan untuk saat ini mungkin wajib dilakukan setiap orang. Apalagi saat ini banyak sekali bank-bank menawarkan produk terbaik dengan potongan bunga yang cukup menggiurkan.

Salah satu bank tersebut yaitu BJB, Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten ini dikenal karena promo potongan bunga di setiap produknya. Ini bisa menjadi pilihan yang tepat jika anda ingin buka rekening tabungan.

Produk rekening dari BJB antara lain BJB Tandamata, BJB Simpeda, BJB TabunganKu, BJB SiMuda, BJB Simpanan Pelajar. Setiap rekening BJB tersebut memiliki perbedaan dari besaran setoran awal, biaya administrasi bulanan dan biaya layanan lainnya.

Namun sebelum membuat salah satu rekening bank BJB diatas, pastinya anda bertanya-tanya mengenai bagaimana cara pendatarannya dan apa saja syaratnya. Nah pada kesempatan kali ini pakaiatm akan menyampaikan informasi mengenai hal tersebut secara lengkap. Untuk itu, silahkan simak terus artikel ini.

Cara Membuka Rekening Tabungan ATM BJB

Cara Buka Rekening BJB

Penasaran mengenai tata cara membuat rekening BJB? Berikut akan disampaikan dibawah ini secara lengkap dari syarat, biaya sampai setoran awalnya. Jadi simak ulasan ini sampai akhir agar anda paham dan jelas sebelum membuka rekening tabungan dari bank BJB.

BJB Tandamata

BJB Tandamata

BJB Tandamata merupakan produk tabungan yang diberikan oleh bank BJB dengan memberikan suku bunga yang kompetitif serta tenor beragam. Banyak keuntungan dapat dirasakan saat membuka rekening BJB ini seperti mendapatkan failitas e-chennel mulai dari kartu ATM, BJB NET, BJB SMS khusus mata uang rupiah.

Syarat Membuka Rekening

  • Identitas diri seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Ijin Tinggal Terbatas (KITAS), Kartu Ijin Tinggal Tetap (KITAP).
  • Mengisi formulir pembukaan rekening.
  • Nasabah merupakan perorangan & non perorangan.
  • Untuk perusahaan menyiapkan KTP Pejabar berwenang, SIUP, NPWP, Akte Pendirian Perusahaan serta perubahannya yang terakhir.

Biaya dan Setoran Awal

Biaya buat rekening BJB Tanda Mata ini gratis, adapun yang berbayar seperti biaya administrasi kartu ATM/bulan. Setiap kartu ATM juga memiliki perbedaan biaya adminnya berbeda mulai dari Rp 7.500 – Rp 17.500 tergantung pilihan kartunya, seperti:

Kartu ATM BJB Tanda MataBiaya Admin/Bulan
SilverRp 7.500
ClassicRp 12.500
GoldRp 15.000
Gold [Visa]Rp 15.000
Platinum [Visa]Rp 17.500

Selain biaya buat rekening yang gartis, biaya lain seperti biaya dibawah saldo minimum, biaya pelunasan dipercepat, biaya penarikan sebelum jatuh tempo juga tidak dikenakan biaya. Setoran awal pada rekening BJB ini juga bisa dikatakan sangat terjangkau mengingat hanya dengan Rp 50.000 saja, anda sudah bisa membuka rekening tabungan.

Cara Membuka Rekening

Jika persyaratan tersebut sudah dimengerti dan sudah memilih jenis kartu ATM BJB yang akan di buka, maka anda sudah bisa memulai cara pembuatan kartu ATM BJB Tandamata ini.

  1. Cara pertama yaitu datangi kantor bank BJB terdekat.
  2. Langsung ambil nomor antrean dan tunggu sampai di panggil petugas.
  3. Jika nomor dipanggil petugas/customer service langsung saja temui dan utarakan maksud kedatangan yaitu akan buka rekening BJB Tandamata.
  4. Mengisi formulir pembukaan rekening BJB Tandamata, jika sudah lanjut serahkan kepada customer service.
  5. Nantinya petugas akan mulai memproses dengan meminta persyaratan ditentukan.
  6. Setelah itu tunggu sebentar sampai petugas selesai memproses dan memberikan kartu ATM dan buku rekening.

BJB Simpeda

BJB Simpeda

Produk rekening tabungan selanjutnya dari bank BJB yaitu Simpeda. Tabungan ini merupakan Tabungan bank Pembangunan Daerah Seluruh Indonesia dalam bentuk mata uang rupiah yang di tujukan pada perorangan serta non perorangan dalam memenuhi kebutuhan transaksi sehari-hari.

Jika anda membuka rekening BJB Simpeda akan mendapat banyak keuntungan seperti biaya administrasi ringan, mendapat layanan SMS Banking, dan Internet Banking. Selain itu juga akan mendapat fasilitas e-channel mulai dari Kartu ATM, bjb NET, bjb SMS, dan SMS notifikasi.

Syarat Membuka Rekening

  • Nasabah merupakan perorangan & non perorangan.
  • Identitas diri seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Ijin Tinggal Tetap (KITAP) serta Kartu Ijin Tinggal Terbatas (KITAS).
  • Mengisi formulir pembukaan rekening.
  • Untuk perusahaan menyiapkan KTP Pejabar berwenang, SIUP, NPWP, Akte Pendirian Perusahaan serta perubahannya yang terakhir.

Biaya dan Setoran Awal

Dalam membuat rekening BJB ini nantinya anda tidak dikenakan biaya alias gratis, hanya saja dikenakan biaya administrasi saja pada kartu ATM-nya sebesar Rp 6.000. Setoran awal juga bisa dikatakan cukup ringan yaitu hanya dengan uang sebesar Rp 50.000 saja.

Cara Membuka Rekening

  1. Pertama datang ke kantor bank BJB terdekat.
  2. Setelah sampai di kantor ambil nomor antrean dan tunggu sampai nomor urut tunggu anda dipanggil.
  3. Jika nomor dipanggil customer service langsung bicarakan maksud kedatangan yaitu akan membuka rekening BJB Simpeda.
  4. Mengisi formulir pembukaan rekening, jika sudah lanjut serahkan kepada customer service.
  5. Nantinya customer service akan mulai memproses dengan meminta persyaratan menjadi ketentuannya.
  6. Tunggu sampai customer service selesai memproses dan memberikan kartu ATM dan buku rekening.

BJB TabunganKu

BJB TabunganKu

BJB TabunganKu merupakan tabungan dimana diterbitkan secara bersama oleh bank-bank di Indonesia dengan persyaratan sederhana dan ringan guna lebih mudah dalam menumbuhkan budaya menabung serta meningkatkan kesejahteraan para masyarakatnya.

Nanti para nasabah BJB TabunganKu akan mendapat fasilitas kartu ATM, potongan suku bunga ringan, serta layanan-layanan lain pada umumnya.

Syarat Membuka Rekening

  • Identitas diri berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Uang sebagai setoran awal.

Biaya dan Setoran Awal

Biaya? Biaya yang akan ada di tabungan BJB TabunganKu ini yaitu berupa biaya administrasi kartu ATM saja. Dimana setiap kartu ATM baik Silver, Gold, Classic memiliki perbedaan biaya adminnya.

Kartu ATM BJB TabunganKuBiaya Admin/Bulan
SilverRp 6.000
GoldRp 7.500
ClassicRp 10.000

Untuk setoran awal TabunganKu BJB hanya sebesar Rp 20.000 saja, dan setoran selanjutnya minimum Rp 10.000. Jadi bisa dikatakan setoran ini sangatlah ringan sekali.

Cara Membuka Rekening

  1. Langkah awal kunjungi kantor bank BJB terdekat.
  2. Sesampainya di kantor langsung ambil nomor antrean.
  3. Tunggu sampai nomor antrean dipanggil customer service.
  4. Jika nomor dipanggil langsung bicarakan maksud kedatangan ke kantor yaitu akan buka rekening BJB TabunganKu.
  5. Setelah itu lanjut isi formulir pembukaan rekening, jika sudah terisi semua serahkan kepada customer service.
  6. Customer service akan mulai memproses dengan meminta persyaratan ketentuannya.
  7. Tunggu sebentar sampai customer service selesai memproses dan memberikan kartu ATM serta buku rekening.

BJB SiMuda

BJB SiMuda

Produk tabungan yang diberikan oleh bank BJB selanjutnya yaitu rekening BJB SiMuda, dimana dalam rekening ini memiliki rencana untuk golongan pemuda maupun mahasiswa dalam mata uang rupiah yang dilengkapi sistem autodebet rekening perbulan dalam beberapa waktu tertentu dengan dilengkapi perlindungan asuransi jiwa.

Syarat Membuka Rekening

  • Kartu identitas masih berlaku seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Nasabah merupakan perorangan.
  • Memiliki rekening utama sebagai sumber dana.

Biaya dan Setoran Awal

Kabar gembiranya, biaya administrasi rekening ini bebas biaya. Hanya saja anda nanti perlu menyiapkan sebuah uang setoran awal, uniknya setoran awal diberikan keleluasaan pada nasabahnya bisa mulai dari Rp 100.000.

Cara Membuka Rekening

  1. Cara pertama datang ke kantor bank BJB terdekat.
  2. Setelah datang ambil nomor antrean.
  3. Tunggu sampai nomor antrean dipanggil customer service.
  4. Jika nomor dipanggil langsung sampaikan maksud kedatangan anda ke kantor dimana akan buka rekening BJB SiMuda.
  5. Kemudian lanjut diminta untuk mengisi formulir pembukaan rekening, jika sudah terisi semua serahkan kepada customer service.
  6. Customer service lanjut memproses dengan meminta persyaratan ketentuan.
  7. Tunggu sampai customer service selesai memproses dan memberikan kartu ATM serta buku rekening.

BJB Simpanan Pelajar

BJB Simpanan Pelajar

SimPel(Simpanan Pelajar) menjadi produk rekening tabungan selanjutnya yang diberikan oleh bank BJB kepada para siswa yang diterbitkan secara nasional oleh bank-bank di Indonesia. Dalam persyaratan terbilang mudah dan sederhana serta fitur menarik, dalam upaya edukasi dan inklusi keuangan untuk mendorong budaya menabung para siswa.

Syarat Membuka Rekening

  • Ditujukan kepada pelajar.
  • Kartu identitas seperti KTP atau kartu pelajar.
  • Uang setoran awal.

Biaya dan Setoran Awal

Bicara biaya sendiri rekening BJB SimPel bisa dikatakan istimewa karena dari biaya pembuatan rekening, biaya administrasi kartu ATM, biaya pergantian buku rekening sebab apapun tidak akan dikenakan biaya alias gratis. Dalam segi setoran awal juga bisa dikatakan sangat-sangat terjangkau dimana setoran awal pada rekening Simple hanya sebesar Rp 5.000 saja, kemudian setoran berikutnya bisa mulai dari Rp 1.000.

Cara Membuka Rekening

  1. Cara pertama datang ke kantor bank BJB terdekat.
  2. Langsung ambil nomor antrean, jika sudah tiba.
  3. Tunggu nomor antrean anda dipanggil customer service.
  4. Jika nomor dipanggil langsung saja bicarakan maksud kedatangan anda ke kantor yaitu akan buka rekening BJB SimPel.
  5. Cara selanjutnya mengisi formulir pembukaan rekening yang diberikan oleh petugas, jika sudah terisi semua serahkan kembali kepada customer service.
  6. Customer service akan lanjut memprosesnya dengan meminta persyaratan ketentuan.
  7. Tunggu beberapa waktu sampai customer service selesai memproses dan memberikan kartu ATM serta buku rekening kepada anda.

Cara Buka Rekening Tabungan BJB Online

Cara Buka Rekening Tabungan BJB Online

Selain bisa buka rekening BJB secara offline atau kata lain datang langsung ke kantor bank BJB, ternyata anda juga bisa membuka rekening BJB secara online. Ini bisa menjadi salah satu solusi bagi anda yang berkeinginan membuka tabungan BJB namun malas datang langsung ke kantor, berikut cara mudahnya:

  1. Cara pertama siapkan perangkat seperti smartphone, laptop maupun komputer. Setelah itu langsung saja buka laman https://eform.bankbjb.co.id/ di browser.
  2. Kemudian anda akan disajikan sebuah tampilan menu utama, langsung saja pilih pada menu Simpanan.
  3. Setelah itu akan muncul pilihan menu ada Giro Perorangan, Giro Non Perorangan serta BJB Tandamata.
  4. Langsung saja pilih pada menu BJB Tandamata. Lalu arahkan kursor/tekan pada menu DAFTAR REKENING.
  5. Akan muncul pada layar berupa informasi persyaratan dan ketentuan, baca serta pahami jika sudah tekan pada menu PROSES dibawah.
  6. Jika sudah, cara selanjutnya hanya perlu centang pada “Saya telah membaca, mengerti, memahami sepenuhnya dan menyetujui syarat dan ketentuan diatas” yang ada dibagian bawah lalu tekan SETUJU.
  7. Lanjut isi secara lengkap informasi pada form yang ada dari nama lengkap, nomor KTP, alamat, pekerjaan, serta data diri lainnya. Jika sudah terisi semua tekan pada menu PREVIEW.
  8. Akan muncul layar tampilan baru mengenai data yang telah dimasukkan tadi, periksa apakah data sudah dimasukkan sudah benar semua atau belum. Jika sudah masukan KODE CAPTCHA serta tekan SUBMIT.
  9. Setelah itu anda akan mendapat nomor registrasi.
  10. Terakhir bawa nomor registrasi serta persyaratan ke kantor untuk diterbitkan rekening tabungan anda.

Selain itu anda juga bisa buka rekening BJB online lewat aplikasi bjb digi applications, anda bisa unduh aplikasi ini di playstore.

FAQ

1. Berapa Biaya Buka Rekening Bank BJB?

Tidak ada biaya, hanya memerlukan uang setoran awal saja.

2. Apakah Rekening Tabungan BJB Bebas Biaya Admin?

Ada yang bebas yaitu rekening tabungan Simpel/Simpanan Pelajar serta SiMuda.

3. Berapa Nomor Call Center Bank BJB?

Anda bisa menghubungi di nomor 14049, layanan call center ini siap melayani selama 24 jam.

4. Berapa Kode Bank BJB ?

Kode bank BJB yaitu 110.

5. Apakah ATM BJB Bisa Digunakan di ATM Bersama?

Para nasabah bank BJB bisa melakukan transaksi di ATM-ATM yang memiliki logo ATM Bersama seperti tarik tunai, cek saldo, serta transfer antar bank.

Itulah cara mudah buka rekening tabungan bank BJB baik secara online maupun offline, caranya tidak jauh berbeda dengan CARA BUKA REKENING BJB SYARIAH. Semoga informasi yang pakaiatm.com sajikan bisa bermanfaat serta berguna bagi anda dimana memiliki niatan ingin buka rekening tabungan bank BJB.