√ 10 Cara Daftar SMS Banking BJB 2021 : ATM & Kantor

Cara Daftar SMS Banking BJB – Layanan SMS Banking mungkin saat ini sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang. Apalagi bagi anda para nasabah bank di Indonesia, karena sekarang bank-bank nasional memberikan layanan ini.

Dengan menggunakan layanan SMS Banking nantinya nasabah dapat dengan mudah untuk melakukan beberapa transaksi perbankan. Transaksi perbankan tersebut juga banyak seperti transfer, pembayaran tagihan, cek saldo dan masih banyak lainnya.

Namun sebelum bisa menikmati kemudahan dalam bertransaksi tersebut anda para nasabah tentunya harus daftar terlebih dahulu. Dengan sudah melakukan pendaftaran tersebutlah nantinya para nasabah sudah dapat mulai melakukan transaksi hanya menggunakan HP saja.

Nah pada kesempatan kali ini pakaiatm.com akan sampaikan informasi mengenai cara daftar SMS Banking dari salah satu bank yang ada yaitu Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (BJB). Walaupun BJB merupakan bank daerah namun sudah menggunakan layanan SMS Banking.

Cara Daftar SMS Banking BJB di ATM, Kantor Cabang, Cara Aktivasi, Biaya Tarif SMS & Format SMS

Cara Daftar SMS Banking BJB di ATM Kantor Cabang Cara Aktivasi Biaya Format SMS Tarif SMS

Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten ini sendiri telah memberikan pelayanan terbaik kepada para nasabahnya. Salah satunya dengan sudah diberikan layanan SMS Banking untuk digunakan dalam memudahkan bertransaksi para nasabahnya.

Cara Daftar SMS Banking BJB

Berbicara mengenai cara daftarnya sendiri SMS Banking dari BJB bisa dilakukan dengan beberapa cara. Dimana nantinya yang akan daftar layanan SMS Banking dari BJB sama seperti CARA DAFTAR SMS BANKING MANDIRI yaitu dapat daftar di ATM atau kantor.

Daftar SMS Banking lewat ATM

Daftar SMS Banking lewat ATM

Untuk cara pertama sendiri anda bisa daftarkan lewat mesin ATM BJB, mungkin cara ini bisa dikatakan mudah. Karena nantinya nasabah yang berkeinginan SMS Banking BJB hanya perlu mendatangi kantor mesin ATM BJB terdekat, berikut langkah daftar tersebut:

  • Masukkan kartu ATM ke mesin ATM BJB.
  • Pilih bahasa dan PIN ATM.
  • Pilih menu TRANSAKSI LAINNYA.

Pilih Transaksi Lainnya

  • Pilih DAFTAR E-BANKING.

Pilih DAFTAR E BANKING

  • Lalu pilih SMS BANKING (BJB SMS).

Pilih SMS BANKING

  • Lanjut dengan pilih rekening yang nantinya digunakan untuk registrasi yaitu TABUNGAN.

Pilih Rekening Tabungan

  • Kemudian akan ada informasi registrasi maka pilih SETUJU.
  • Setelah itu masukan nomor ponsel/HP, jika sudah.

Masukkan No HP

  • Masukkan sekali lagi nomor ponsel/HP yang didaftarkan, lalu tekan BENAR.
  • Nantinya mesin akan memprosesnya dan tunggu. Jika sudah maka anda akan mendapatkan struk daftar SMS Banking dari mesin ATM dan kode aktivasi akan dikirim ke no ponsel/HP terdaftar.

Dengan begitu maka daftar SMS Banking BJB anda selesai. Sayangnya layanan SMS Banking tersebut belum bisa digunakan untuk melakukan transaksi seperti cek saldo, transfer, pembayaran tagihan cek mutasi dan beberapa lainnya.

Agar dapat melakukan transaksi sepenuhnya maka anda harus melakukan aktivasi terlebih dahulu. Cara aktivasi SMS Banking sendiri terbilang cukup mudah untuk dilakukan karena bisa dilakukan di HP tanpa perlu datang ke kantor cabang BJB langsung.

Cara Aktivasi SMS Banking

Nantinya nasabah BJB yang sudah daftar di mesin ATM hanya perlu aktivasi dengan cara mengirim SMS dengan format yang sudah ditentukan.

AKT (spasi) KODE AKTIVASI (spasi) PIN (spasi) PIN VERISIKASI

Cara Aktivasi SMS Banking BJB

Kode aktivasinya sendiri yaitu kode yang tadi telah didapatkan saat mendaftarkan di mesin ATM dan untuk PIN-nya yaitu PIN yang digunakan nantinya saat akan melakukan transaksi. Setelah menuliskan format tersebut maka anda hanya perlu mengirimkannya ke 3373.

Daftar SMS Banking di Kantor Cabang

Daftar SMS Banking di Kantor Cabang

Mungkin jika cara pertama daftar SMS Banking tersebut masih terasa membingungkan maka anda bisa lakukan daftar dengan cara ini. Dimana nasabah BJB bisa langsung daftarkan layanan SMS Banking datang ke kantor cabang BJB langsung.

  • Datang ke kantor cabang BJB terdekat.
  • Ambil nomor antrean dan tunggu nomor di panggil oleh customer service.
  • Setelah giliran dipanggil maka langsung temui customer service dan sampaikan maksud kedatangan yaitu ingin daftar SMS Banking BJB.
  • Nantinya petugas akan memproses daftar SMS Banking anda sampai selesai.

Syarat Diperlukan

Walaupun mudah nantinya nasabah BJB juga harus tetap mempersiapkan syarat diperlukan agar dapat berjalan lancar. Syaratnya seperti:

  • Buku tabungan BJB.
  • Kartu ATM BJB.
  • Kartu identitas (KTP).
  • Nomor ponsel/HP yang akan di daftarkan.

Format SMS Banking BJB

Format SMS Banking BJB

Dengan adanya layanan SMS Banking dan sudah daftar, maka anda hanya perlu melakukan dengan mengetahui mengenai format SMS-nya. Jika sudah mengerti formatnya maka anda hanya perlu membuat format transaksi, kemudian kirimkan ke 3373. Berikut beberapa format SMS Banking BJB:

1. Cek Saldo

SAL

Contoh: SAL

2. Transfer Sesama BJB

TRF (spasi) No.Rek Tujuan (spasi) Nominal

Contoh: TRF 52431985497852 500000

3. Transfer ke Bank Lain

TRF (spasi) Kode Bank (spasi) No.Rek Tujuan (spasi) Nominal.

Contoh: TRF 014 97684532164 500000

4. Pembayaran Tagihan Kartu Kredit

BYR KK (spasi) No Kartu (spasi) Nominal

Contoh: BYR KK 975643219765462 2500000

5. Ganti PIN

PIN (spasi) PIN Baru (spasi) Verifikasi PIN Baru

Contoh: PIN 290397 240393 240393

Biaya Transaksi SMS Banking

Biaya Transaksi SMS Banking

Untuk biaya sendiri sama seperti kebanyakan layanan SMS Banking BRI, BNI, BCA, Mandiri dan lainnya, dimana nantinya akan tergantung dengan jenis transaksinya dan providernya. Namun tarif biaya SMS Banking BJB seperti berikut.

  • Mengirim pesan Rp 350.
  • Menerima pesan Rp 550.

Dengan begitu untuk mengantisipasi hal tidak diinginkan seperti terjadi kegagalan pengiriman pesannya. Maka nasabah bank BJB yang ingin menggunakan layanan SMS Banking pastikan memiliki pulsa minimal Rp 5.000.

Keunggulan SMS Baking BJB

Keunggulan SMS Baking BJB

Keunggulan yang dapat dirasakan saat menggunakan layanan SMS Banking BJB, cukup banyak. Salah satunya seperti:

  • Dapat dengan mudah untuk melakukan transaksi seperti transfer atau pembayaran tagihan dengan hanya menggunakan HP.
  • Bisa melakukan transaksi kapan dan dimanapun yang terpenting ada pulsa dan sinyal.
  • Lebih terjamin keamanannya saat bertransaksi.

Mungkin itulah informasi yang dapat pakaiatm.com sampaikan untuk anda semua mengenai cara daftar, cara aktivasi, format SMS, biaya tarif SMS, keunggulan dari SMS Banking BJB. Semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat bermanfaat dan berguna bagi semua, terutama nasabah BJB yang akan daftar layanan SMS Banking.