4 Cara Cetak Bukti Transfer BJB Cepat & Mudah 2020

Cara Cetak Bukti Transfer BJB – Transfer di mesin ATM mungkin saat ini sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan orang. Bahkan kebanyakan sudah memiliki apa itu yang dinamakan rekening tabungan dan kartu ATM untuk bertransaksi di mesin ATM.

Berbagai bank nasional sudah hadir dan siap memanjakan anda dalam urusan keuangan atau perbankan. Bank-bank ternama seperti BRI, BNI, BCA, BTN, Mandiri, CIMB Niaga, sampai bank daerah seperti BJB, DKI sudah memberikan fasilitas terbaiknya termasuk fasilitas mesin ATM.

Dengan mesin ATM ini lah nantinya nasabah bank dapat melakukan transaksi dari cek saldo tabungan, mutasi rekening, penarikan tunai, pembayaran atau transfer. Dengan transaksi tersebut nantinya nasabah akan mendapatkan struk atau bukti setelah melakukan transaksi.

Namun transaksi-transaksi nasabah bank tidak semuanya dapat berjalan lancar, terkadang ada kendala seperti mesin ATM mengalami gangguan sistem, mati listrik, kartu ATM tertelan, mesin ATM tidak mengeluarkan struk transfer dan lainnya. Masalah tersebut pastinya sering didapati oleh nasabah.

Cara Cetak Bukti Transfer BJB Mudah lewat ATM, BJB Digi, SMS, & Kantor

Cara Cetak Bukti Transfer BJB

Nah pada pembahasan kali ini sendiri pakaiatm.com akan sampaikan informasi mengenai cara cetak bukti atau struk transfer BJB akibat setelah transfer mesin ATM tidak mengeluarkan struk buktinya. Dan ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk cetak kembali bukti transfernya, seperti:

1. Cetak Bukti Transfer BJB lewat Mesin ATM

Cara cetak bukti transfer yang pertama bisa dilakukan dengan melakukan cek mutasi di mesin ATM BJB lain, barangkali mesin ATM yang tidak mengeluarkan bukti transfer sedang kehabisan kertas pencetak bukti tersebut. Lakukan cek mutasi di mesin ATM BJB lain untuk mendapatkan bukti transfernya.

  • Masukkan kartu ATM ke mesin ATM BJB.
  • Pilih bahasa dan masukkan PIN ATM BJB.
  • Pilih menu TRANSAKSI LAINNYA.

Pilih Menu TRANSAKSI LAINNYA

  • Selanjutnya pilih menu MINI STATEMENT.

Pilih Menu MINI STATEMENT

  • Setelah itu pilih TABUNGAN.

Pilih TABUNGAN

  • Kemudian tunggu sebentar sampai mesin mengeluarkan bukti transfernya. Dalam bukti transfer tersebut akan muncul 5 transaksi terakhir yang telah dilakukan, ini sama seperti CEK MUTASI MANDIRI yang akan mengeluarkan 5 transaksi terakhirnya.

2. Cara Cetak Bukti Transfer lewat Aplikasi BJB Digi

Cara Cetak Bukti Transfer lewat Aplikasi BJB Digi

Cara cetak maupun mengetahui bukti transfer selanjutnya bisa dilakukan jika anda sudah menggunakan layanan online bernama BJB Digi. Anda bisa cek mutasi atau bukti transfer dengan cara cukup mudah dan sederhana dimana bisa dilakukan menggunakan ponsel atau smartphone secara online.

  • Pertama buka aplikasi BJB Digi.
  • Lalu pilih menu BJB NET.
  • Lanjut masukkan User ID dan Password juga kode gambar yang terlihat di kolom, lalu klik Login.
  • Nantinya anda akan dibawa ke tampilan menu utama, pilih saja menu Informasi Rekening.
  • Terakhir pilih Mini Statement, kemudian akan muncul mengenai transaksi terakhir anda baik kredit atau debet, termasuk transfer di mesin ATM yang tidak mengeluarkan bukti transfer tersebut.

Untuk membuktikan jika anda telah melakukan transfer, maka simpan hasil mutasi tersebut atau screenshoot dan kirimkan kepada si penerima dana transfer. Agar lebih meyakinkan jika anda benar adanya melakukan transfer dan terjadi masalah tidak keluarnya bukti trnsfer atau struk tersebut dari mesin ATM.

3. Cetak Bukti Transfer BJB lewat Layanan SMS

Cetak Bukti Transfer BJB lewat Layanan SMS

Tidak kalah mudahnya dengan cara-cara di atas, nasabah bank BJB yang telah melakukan transfer namun tidak mengeluarkan bukti transfernya. Maka bisa lakukan cek mutasi untuk melihat riwayat transfer yang di maksud dengan cara melakukan pengiriman SMS, caranya sendiri sangat mudah.

  • Siapkan HP dan nomor yang akan digunakan untuk mengirimkan SMS.
  • Langsung saja pilih menu pesan dan tuliskan format HST.
  • Kemudian kirimkan ke nomor 3373.
  • Selanjutnya akan ada balasan berupa mutasi atau 5 bukti transaksi terakhir anda.

Catatan : Pastikan nomor yang digunakan untuk mengirim SMS ini sudah terdaftar di bank BJB serta memiliki pulsa. Karena nantinya SMS tersebut dikenakan biaya.

4. Cara Cetak Bukti Transfer Datang ke Kantor

Cara Cetak Bukti Transfer Datang ke Kantor

Cara yang terakhir mungkin bisa dikatakan jika anda belum menggunakan layanan BJB Digi, belum mendaftarkan nomornya, dan keadaan mesin ATM BJB lainnya memiliki lokasi jauh. Caranya dengan mendatangi kantor cabang BJB terdekat untuk melakukan cetak rekening koran.

Langsung saja temui petugas yang sedang berjaga dan sampaikan maksud kedatangan anda yaitu ingin melakukan cetak rekening koran. Nantinya petugas akan mulai membantunya, namun untuk melakukan cetak rekening koran sebagai bukti transfer yang telah dilakukan di mesin ATM dan tidak mengeluarkan struk perlu persyaratan seperti:

  • Buku rekening tabungan BJB.
  • Kartu ATM BJB.
  • Kartu identitas diri (KTP).

Demikianlah informasi yang dapat pakaiatm.com sampaikan untuk anda semua, terutama nasabah bank BJB yang mengalami masalah tidak mau keluarnya struk dari mesin ATM setelah transfer ke rekening lain. Semoga dengan adanya ulasan diatas, nasabah BJB yang mengalami masalah serupa bisa bermanfaat dan berguna untuk kembali mendapatkan bukti transfernya.