2 Cara Mematikan Mesin EDC BNI Paling Lengkap 2022

Cara Mematikan Mesin EDC BNI – Selain melalui BNI Mobile dan gerai ATM, untuk tarik tunai, transfer, bayar tagihan atau transaksi apapun itu juga bisa dilakukan menggunakan mesin EDC. Fasilitas tersebut biasanya terdapat di Toko atau Merchant yang sudah terdaftar sebagai agen BNI.

Mungkin disini ada beberapa dari kalian yang sudah sering melakukan transaksi di Agen BNI menggunakan mesin EDC. Atau mungkin ada dari kalian yang justru menjadi penyedia jasa fasilitas tersebut di komplek, kami punya informasi terkait cara mematikan mesin EDC BNI.

Meskipun sudah banyak agen BNI yang menyediakan fasilitas mesin EDC, ternyata masih ada beberapa pemilik yang belum tahu bagaimana cara mematikan mesin EDC BNI dengan benar. Jika kalian merupakan salah satunya, silahkan simak artikel ini sampai akhir.

Kemudian perlu diketahui juga bahwa mesin EDC BNI terbagi menjadi dua jenis, dimana setiap jenisnya memiliki cara tersendiri untuk menonaktifkan perangkat. Baiklah, supaya lebih jelasnya langsung saja simak ulasan di bawah ini.

Cara Mematikan Mesin EDC BNI

Cara Mematikan Mesin EDC BNI

Seperti kami sebutkan diatas bahwa Bank BNI juga menyediakan fasilitas berupa mesin EDC yang tersedia di setiap gerai Agen BNI47. Fasilitas ini mendukung banyak fitur transaksi, mulai dari transfer uang, tarik tunai, bayar tagihan, Top Up Dompet Digital dan lain sebagainya.

Dalam menyediakan program ini, Bank BNI menawarkan keuntungan pada setiap Agen BNI berupa komisi yang diperoleh setiap kali membantu nasabah Bank BNI melakukan transaksi melalui mesin EDC.

Bicara soal mesin EDC BNI, perlu diketahui bahwa saat ini masih ada beberapa pemilik mesin EDC yang belum tahu bagaimana cara mematikan perangkat tersebut dengan benar. Tidak jarang dari mereka yang masih menggunakan cara mencabut kabel power untuk menonaktifkan perangkat tersebut.

Baca  4 Cara Bayar SPMB Unsoed Lewat BNI 2022 : Teller & ATM

Padahal jika cara tersebut terus menerus dilakukan bisa berdampak buruk bagi perangkat mesin EDC BNI itu sendiri. Lalu seperti apa cara menonaktifkan mesin EDC yang baik dan benar? Apakah ada Kode Function khusus untuk mematikan perangkat tersebut?

Untuk mematikan perangkat ini kalian membutuhkan kombinasi tombol, sesuai dengan tata cara yang dianjurkan yaitu melalui tombol-tombol yang terdapat di mesin EDC. Disamping itu, kami juga sempat menyinggung bahwa mesin EDC terbagi menjadi 2 (dua) jenis, yaitu mesin EDC Ingenico dan Verifone.

Baik mesin EDC Verifone maupun Ingenico, keduanya memiliki cara yang berbeda dalam proses Shut Down atau mematikan perangkat. Berikut telah kami siapkan tata cara lengkap mematikan mesin EDC BNI Ingenico dan Verifone dengan baik dan benar :

Mesin EDC Ingenico

Mesin EDC Ingenico

Cara pertama kami tujukan pada kalian para pemilik mesin EDC Ingenico. Pada mesin ini cara penggunaannya adalah memasukkan kartu di bagian bawah. Terdapat layar dan tombol berupa angka 0 sampai dengan 9.

Selain itu ada juga tombol Enter, Cancel dan lain sebagainya untuk konfirmasi perintah. Lalu untuk mematikan mesin nya sendiri kalian bakal memanfaatkan tombol-tombol tersebut. Atau supaya lebih jelasnya silahkan ikuti tata cara sebagai berikut :

  • Tekan tombol Titik dan tombol berwarna Kuning pada Mesin
  • Tahan kedua tombol tersebut kurang lebih selama 5 detik
  • Setelah itu layar mesin akan mati yang artinya mesin EDC tersebut sudah berhasil di non-aktifkan.

Jika ingin menghidupkannya kembali, kalian cukup tekan dan tahan tombol berwarna Hijau selama 5 detik.

Mesin EDC Verifone

Mesin EDC Verifone

Sedangkan mesin EDC BNI jenis Verifone merupakan mesin EDC yang sudah menggunakan fitur gesek di sebelah kanan. Mesin EDC seperti ini biasanya tersedia di Pasar Swalayan, Supermarket dan sejenisnya.

Baca  7 Cara Mengatasi SMS Banking BNI Terblokir 2022 : Penyebab & Tips

Untuk pilihan tombol dan Kode Function yang berlaku mungkin hampir sama seperti mesin EDC Ingenico. Akan tetapi untuk cara mematikan mesin EDC jenis ini tentu saja berbeda. Pada mesin ini, proses menonaktifkan nya lebih mudah, kalian cukup tekan dan tahan tombol Power selama 3 – 5 detik.

Setelah itu layar mesin akan mati yang tandanya perangkat sudah berhasil dimatikan. Lalu untuk menyalakan nya kembali pun sama, kalian cukup tekan dan tahan tombol Power pada mesin, tunggu sampai layar menyala. Kemudian kalian tinggal menunggu proses Booting.

KESIMPULAN

Jadi seperti itulah informasi dari Pakaiatm.com mengenai cara mematikan mesin EDC BNI untuk jenis Ingenico maupun Verifone. Dengan cara mengetahui penggunaan mesin EDC, termasuk untuk proses menonaktifkan perangkat yang baik dan benar, maka kondisi mesin EDC nantinya bisa jauh lebih awet.

Semoga pembahasan kali ini bermanfaat bagi kalian para Agen BNI47 yang menjadi penyedia jasa layanan mesin EDC untuk nasabah BNI yang berada jauh dari lokasi gerai ATM maupun Bank BNI.

sumber gambar :

  • Tim Pakaiatm.com
  • Channel Youtube rusdi cepax
  • Channel Youtube Priyo_NotFound
  • bni.co.id voi.id