7 Cara Mengatasi Lupa PIN ATM BNI atau Terblokir 2020

Lupa PIN ATM BNI – Semua Bank di Indonesia termasuk BNI pasti memberikan fasilitas berupa kartu ATM pada setiap nasabahnya. Dalam penggunaannya, kartu ATM memiliki 6 digit nomor rahasia yang hanya diketahui oleh nasabah itu sendiri. Angka tersebut dikenal sebagai nomor PIN ATM.

Biasanya nasabah menggunakan angka-angka unik untuk membuat nomor PIN. Hal ini bertujuan agar ATM tidak bisa diakses oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Disamping itu, kami sarankan untuk tidak membuat nomor PIN dengan angka yang rumit.

Jika demikian nasabah pemilik kartu akan lebih rentan mengalami masalah lupa PIN ATM BNI. Masalah tersebut akan menganggu aktivitas transaksi, mulai dari cek saldo, tarik tunai, transfer antar Bank online hingga pembayaran tagihan Home Credit dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, pada kesampatan kali ini Pakaiatm.com akan menjelaskan informasi seputar lupa PIN ATM BNI. Kemudian ada juga informasi mengenai penyebab, solusi hingga tips menghindari masalah tersebut.

Lupa PIN ATM BNI atau Terblokir : Solusi Paling Mudah

Lupa PIN ATM BNI dan Solusi Paling Mudah

Dampak yang paling terlihat ketika mengalami masalah lupa PIN adalah tidak bisa melakukan transaksi di mesin ATM. Selain itu, kartu ATM juga tidak bisa digunakan pada mesin CDM maupun EDC. Nah, daripada penasaran lebih baik langsung saja simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Lupa PIN ATM BNI

Lupa PIN ATM BNI

Sebagai nasabah BNI kita mungkin pernah mengalami masalah lupa PIN ATM. Dengan demikian tentu akan menghambat proses transaksi di mesin ATM. Selain itu, ketika lupa PIN ATM BNI kita tidak bisa menggunakan fasilitas EDC dan CDM BNI dimanapun karena kedua fasilitas tersebut mengharuskan kita menginput nomor PIN. Namun bagi kalian yang sudah memiliki akses BNI Mobile mungkin tetap bisa melakukan transaksi pembayaran seperti bayar Adira, bayar Indihome dan lainnya lewat layanan mBanking BNI.

Penyebab Lupa PIN ATM BNI

Penyebab Lupa PIN ATM BNI

Masalah lupa PIN biasanya disebabkan oleh kombinasi nomor PIN yang terlalu ribet. Oleh karena itu, kami sarankan untuk membuat PIN ATM dengan kombinasi angka yang mudah. Meskipun begitu jangan pernah menggunakan tanggal lahir sebagai nomor sandi ATM BNI, sebab informasi tersebut cukup mudah ditemukan oleh orang lain sehingga bisa membahayakan isi rekening BNI kalian.

Selain itu, masalah serupa juga bisa dikarenakan lupa mencatat nomor PIN baru setelah melakukan pergantian PIN ATM rutin. Biasanya proses ini dilakukan setiap 2 atau tiga bulan sekali. Ketika nomor PIN yang digunakan telah memasuki masa tersebut, otomatis sistem akan meminta kalian untuk mengganti PIN. Nah, pada proses ini kami sarankan untuk mencatat nomor PIN baru pada ponsel agar tidak lupa.

Solusi Mengatasi ATM BNI Terblokir / Lupa PIN

Solusi Mengatasi ATM BNI Terblokir dan Lupa PIN

Sebagai solusi atau cara mengatasi masalah tersebut, kami mempunyai beberapa cara yang cukup mudah dan efektif. Sebelum itu, kalian perlu menyiapkan beberapa data yang dibutuhkan, antara lain buku rekening, informasi pribadi dari pemilik rekening hingga nama Ibu kandung si pemilik rekening. Selanjutnya kalian bisa menggunakan salah satu metode dibawah ini untuk menyelesaikan persoalan PIN ATM terblokir dan lupa :

Menghubungi Call Center BNI

  1. Siapkan buku rekening dan kartu ATM BNI yang bermasalah.
  2. Ambil ponsel kalian.
  3. Pastikan ponsel tersebut memiliki pulsa minimal 30.000.
  4. Selanjutnya hubungi nomor Call Center BNI di 1500046.
  5. Setelah tersambung dengan petugas Customer Service, sampaikan maksud kalian untuk mengatasi masalah ATM terblokir atau lupa nomor sandi ATM BNI.
  6. Kemudian petugas akan meminta data serta informasi yang diperlukan.
  7. Jika sudah, tunggu beberapa saat petugas melakukan verifikasi.
  8. Lalu sampaikan kode PIN terbaru untuk ATM BNI pada petugas.
  9. Setelah itu kalian akan mendapatkan notifikasi yang menyatakan Kartu ATM BNI sudah bisa digunakan.

Mendatangi Bank BNI Terdekat

  1. Datang ke kantor cabang Bank BNI di daerah kalian.
  2. Lalu ambil nomor antrian untuk layanan Customer Service.
  3. Tunggu hingga tiba giliran.
  4. Setelah itu, kalian akan dipanggil untuk menemui petugas.
  5. Sampaikan maksud dan tujuan kalian untuk melakukan aktivasi ATM yang terblokir atau lupa PIN.
  6. Kemudian petugas akan meminta berkas seperti buku rekening dan kartu ATM BNI kalian.
  7. Selanjutnya kalian diminta untuk memasukkan nomor PIN yang baru.
  8. Lakukan sebanyak 2 kali untuk verifikasi.
  9. Selesai dan sekarang kartu ATM BNI sudah bisa digunakan kembali.

Tips & Trik Terhindar Dari Masalah Lupa PIN

Tips dan Trik Terhindar Dari Masalah Lupa PIN

Diawal pembahasan kami telah memberitahukan ketika mengalami masalah lupa PIN ATM atau ATM terblokir maka kalian tidak bisa melakukan transaksi pada mesin ATM, CDM dan EDC BNI. Untuk itu, berikut kami sajikan beberapa tips terhindar dari masalah ATM terblokir, lupa PIN hingga penipuan di ATM :

  • Jangan gunakan tanggal lahir sebagai PIN ATM.
  • Gunakan PIN dengan kombinasi angka yang mudah diingat.
  • Gunakan angka-angka khusus atau mengambil beberapa digit nomor HP.
  • Catat nomor PIN yang baru setiap kali melakukan pergantian rutin.
  • Gunakan tanggal jadian bersama pasangan sebagai nomor PIN.

Itulah beberapa informasi dari kami seputar masalah lupa PIN ATM BNI. Informasi diatas tentu berguna bagi semua nasabah Bank BNI di Indonesia. Disamping itu kami juga memberikan ulasan seputar penyebab hingga tips dan trik untuk menghindari masalah lupa PIN. Sebagai solusinya kalian bisa menghubungi Call Center BNI atau datang langsung ke Bank BNI terdekat. Langkah-langkah yang dilakukan sama seperti mengurus ATM terblokir.