8 Penyebab & Solusi Atasi ATM BNI Tidak Bisa Tarik Tunai

ATM BNI Tidak Bisa Tarik Tunai – Dengan sudah menjadi nasabah bank-bank di Indonesia termasuk nasabah bank BNI (Bank Negara Indonesia). Tentu saja Anda akan mendapatkan sebuah layanan fasilitas mesin ATM dan kartu ATM yang bisa digunakan untuk transaksi.

Sehingga transaksi-transaksi seperti tarik tunai, transfer, cek saldo, pembayaran dan lainnya bisa dilakukan di mesin ATM. Namun dalam penggunaan ATM BNI tersebut ada beberapa nasabah yang akan menemui masalah yang menjadikan GAGAL TRANSAKSI.

Salah satunya adalah ATM BNI tidak bisa tarik tunai atau bahkan ATM tidak bisa digunakan sama sekali dengan menolak kartu ATM saat dimasukkan ke slot kartu di mesin ATM. Tentu saja akan membuat nasabah BNI akan merasa kebingungan dengan permasalahan tidak bisa tarik tunai tersebut.

Nah, kali ini pakaiatm.com akan sajikan informasi terkait permasalahan ATM BNI tidak dapat tarik tunai baik dari penyebab dan cara mengatasinya. Mungkin permasalahan ini menjadi masalah umum dan banyak dialami oleh para pemilik rekening BNI yang sedang transaksi di mesin ATM.

ATM BNI Tidak Bisa Tarik Tunai

ATM BNI Tidak Bisa Tarik Tunai

Agar lebih jelas mengenai pembahasan tentang ATM BNI gagal tarik tunai, berikut akan coba disampaikan secara lengkap di bawah ini. Jadi terus simak dan ikuti pembahasan tentang masalah ATM tidak bisa tarik tunai ini sampai akhir.

Baca  √ BRImo General Error 2021 : 6 Penyebab & Cara Mengatasi

Penyebab ATM BNI Tidak Bisa Tarik Tunai

Penyebab ATM BNI Tidak Bisa Tarik Tunai

Berbicara mengenai penyebab ATM BNI tidak dapat tarik tunai sendiri ada beberapa faktornya. Namun secara umum permasalahan ATM tidak bisa tarik tunai sendiri terjadi karena beberapa hal berikut:

1. Uang di Mesin ATM BNI Habis

Pertama, tidak bisa tarik tunai dapat terjadi karena uang di dalam mesin ATM habis atau kosong. Sehingga saat Anda melakukan transaksi tarik tunai uang tidak akan keluar dari mesin ATM BNI.

2. Saldo Rekening BNI di Bawah Minimal

Kedua, bisa juga dikarenakan oleh saldo rekening BNI Anda memiliki saldo kurang dari ketentuan minimalnya. Seperti misalnya mesin ATM BNI hanya menyediakan pecahan Rp 100.000 dan di dalam rekening BNI hanya tersedia Rp 120.000, maka tarik tunai tidak bisa dikarenakan saldo mengendap harus Rp 50.000.

3. Mesin ATM Alami Gangguan Server & Jaringan

Ketiga, selain jaringan kedua masalah di atas ATM tidak dapat tarik tunai juga bisa dikarenakan oleh server dan jaringan yang sedang alami error/gangguan. Mengenai penyebab ini Anda tidak bisa menyalahkan siapa pun, karena error pada mesin ATM akan datang kapan saja di setiap mesin ATM.

4. Pemblokiran Rekening/Kartu ATM BNI

Keempat, ATM tidak bisa tarik tunai juga bisa dikarenakan oleh rekening/kartu ATM yang diblokir. Baik itu diblokir oleh sendiri atau diblokir oleh pihak bank BNI karena dirasa ada kejanggalan transaksi yang mencurigakan.

5. Kartu ATM Ada Masalah

Selain penyebab di atas, ATM BNI tidak dapat tarik tunai juga bisa terjadi karena kartu ATM mengalami masalah. Seperti misalnya KARTU ATM RUSAK, kartu ATM expired (Valid Thru), chip ATM tidak terdeteksi dan beberapa masalah lainnya pada kartu ATM.

Baca  PIN Kartu Kredit Mandiri Terblokir & Cara Mengatasi 2021

Solusi ATM BNI Tidak Bisa Tarik Tunai

Solusi ATM BNI Tidak Bisa Tarik Tunai

Jika sudah tahu apa saja faktor penyebab yang menjadikan ATM BNI gagal tarik tunai, maka selanjutnya Anda tinggal perlu tahu bagaimana cara atau solusi mengatasinya. Adapun cara mengatasi tinggal sesuaikan dengan penyebab masalahnya:

1. Tunggu Petugas Mengisi Uang ke Mesin ATM Kembali

Jika dikarenakan oleh uang di dalam mesin ATM BNI yang habis, cara mengatasinya yaitu hanya dengan menunggu petugas mengisi kembali uang ke dalam mesin ATM. Namun jika Anda membutuhkan uang saat itu juga, silakan gunakan mesin ATM BNI lainnya.

2. Pastikan Saldo di Dalam Rekening Ada

Namun saat tarik tunai gagal dikarenakan oleh saldo di dalam rekening berada di bawah saldo minimal, cara mengatasinya yaitu dengan lakukan pengiriman atau transfer ke rekening BNI tersebut. Anda bisa lakukan transfer ke rek BNI melalui rek bank lain atau minta bantuan teman.

3. Tunggu Sampai Perbaikan Mesin Normal

Lalu ketika tidak bisa tarik tunai karena mesin ATM alami gangguan server dan jaringan, maka cara mengatasinya yaitu dengan menunggu mesin ATM sampai kembali normal. Untuk berapa lama menunggu mesin kembali normal sendiri tidak bisa ditentukan.

4. Perbaikan Kartu ATM

Terakhir jika kartu ATM alami pemblokiran dan kartu ATM rusak, maka Anda hanya perlu lakukan pembukaan blokiran dan ganti kartu ATM baru di kantor cabang BNI terdekat. Untuk kelancaran silakan bawa syarat seperti kartu ATM, buku tabungan, KTP dan sejumlah untuk biaya pembukaan/pergantian.

Itulah informasi dapat pakaiatm.com sajikan mengenai ATM BNI tidak dapat tarik tunai lengkap dari penyebab dan cara mengatasi. Adanya informasi ATM tidak bisa tarik tunai di atas semoga bisa bermanfaat, khusunya bagi nasabah BNI yang alami masalah serupa.

Baca  7 Cara Mengatasi SMS Banking BNI Terblokir 2021 : Penyebab & Tips