10 Cara Mengatasi Lupa PIN ATM BJB 2021 : Ke Bank & Tanpa ke Bank

Cara Mengatasi Lupa PIN ATM BJB – Menjadi salah satu Bank Pembangunan Daerah yang bisa dikatakan cukup populer. Bank BJB atau Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten siapa yang tidak mengenalnya.

Bahkan bank BJB sudah cukup banyak nasabahnya, mungkin salah satu faktornya yaitu karena bank BJB telah memberikan layanan dan fasilitas terbaiknya. Layanan dan fasilitas tersebut seperti Internet Banking, SMS Banking, dan ATM.

Dengan layanan tersebut nantinya transaksi perbankan Anda akan semakin termudahkan. Namun saat melakukan transaksi di mesin ATM seperti transfer, BAYAR LISTRIK atau transaksi lainnya, nasabah bank BJB harus memasukkan PIN ATM dan jangan sampai lupa.

Karena jika sampai lupa akan PIN ATM itu sendiri nantinya transaksi akan sedikit terkendala. Apalagi jika sampai Anda telah salah memasukkan PIN sebanyak 3 kali, maka ATM Anda akan secara otomatis terblokir.

Cara Mengatasi Lupa PIN ATM BJB

Cara Mengatasi Lupa PIN ATM BJB

Nah jika sudah mengalami lupa akan PIN ATM itu sendiri, tentunya tidak ada yang dapat disalahkan. Karena manusia merupakan tempatnya lupa dan salah. Yang jelas Anda hanya perlu mengetahui cara mengatasi permasalahan lupa PIN ATM BJB.

Syarat Diperlukan Sebelum Mengatasi

Syarat Diperlukan Sebelum Mengatasi

Sebelum mulai mengatasi lupa PIN ATM-nya, terlebih dahulu Anda harus menyiapkan syarat diperlukan saat mengurus PIN ATM yang lupa. Karena biasanya ada beberapa syarat sangat diperlukan saat mengatasinya, seperti:

  • Kartu ATM BJB.
  • Buku tabungan BJB.
  • Kartu identitas diri dari si pemilik ATM BJB.

Mengatasi Lupa PIN ATM BJB

Jika sudah menyiapkan syarat tersebut, maka Anda hanya perlu mengetahui bagaimana cara mengatasi sebuah lupa PIN ATM-nya. Yang mana dalam mengatasi ini terdapat dua cara yaitu mengatasi dengan datang ke bank atau tanpa ke bank.

Datang ke Kantor Bank BJB

Datang ke Kantor Bank BJB

Datang ke kantor cabang bank terdekat mungkin menjadi salah satu cara termudah dan tepat untuk mengatasi permasalahan berupa lupa PIN ATM. Berikut langkah mengatasi lupa PIN ATM dengan datang ke kantor:

1. Datangi Kantor Bank BJB

Pertama kunjungi atau datangi kantor bank BJB terdekat di lokasi Anda berada. Jangan lupa untuk membawa juga persyaratan diperlukan.

2. Ambil Nomor Antrean

Sesampainya di kantor bank BJB, langsung saja ambil nomor antrean. Lalu tunggu saja sampai nomor antrean Anda dipanggil oleh customer service.

3. Sampaikan Masalah Pada Customer Service

Tiba giliran nomor Anda dipanggil oleh customer service, maka sampaikan masalahnya yaitu Anda meminta bantuan untuk mengatasi lupa PIN ATM. Nantinya customer service akan menanyakan penyebab permasalahan dan lainnya

4. Customer Service Memproses

Setelah itu, customer service akan mulai memproses keluhan maupun masalah Anda. Biasanya pihak customer service BJB akan meminta persyaratan tadi.

5. Ganti PIN Baru

Saat customer service sedang memproses, maka Anda hanya perlu menunggu. Jika pemprosesan telah selesai dilakukan maka akan diberitahu jika Anda hanya perlu ganti PIN ATM baru di mesin ATM.

Menghubungi Call Center BJB

Menghubungi Call Center BJB

Jika cara pertama yaitu dengan datang ke kantor bank BJB, cara kedua ini tanpa perlu datang. Mungkin cara mengatasi ini dapat digunakan oleh nasabah BJB yang tidak memiliki waktu luang untuk ke kantor, berikut cara mengatasinya:

1. Hubungi Pihak Call Center

Pertama nasabah BJB yang lupa akan PIN ATM hanya perlu siapkan perangkat seperti HP atau telepon rumah untuk melakukan panggilan ke call center BJB. Call center itu sendiri di nomor 14049.

2. Pilih Customer Service ATM

Kemudian langsung saja pilih angka yang sesuai dengan keluhan Anda di mana itu merupakan PIN ATM BJB. Tunggu sesaat sampai panggilan terhubung ke customer service BJB.

3. Informasikan Keluhan

Jika sudah terhubung dengan customer service, maka Anda hanya perlu menginformasikan keluhannya yaitu meminta bantuan untuk mengatasi masalah berupa lupa PIN ATM.

4. Berikan Data Diminta

Selanjutnya pihak customer service BJB akan meminta persyaratan seperti informasi tentang nomor kartu ATM dan identitas diri. Hal ini bertujuan untuk melakukan verifikasi data.

5. Customer Service Menginformasikan PIN Baru

Customer service akan memberitahukan PIN ATM baru pada Anda. Anda hanya perlu mengganti PIN baru tersebut di mesin ATM BJB untuk keamanan dan salah penggunaan oleh orang tidak bertanggungjawab.

Tips Menghindari Masalah Lupa PIN ATM

Tips Menghindari Masalah Lupa PIN ATM

Jika Anda para nasabah bank BJB merupakan orang yang mudah lupa, maka harus ada tips atau cara untuk mengatasi permasalahan ini. Berikut ada beberapa tips:

  • Mencatat PIN ATM setelah melakukan pergantian PIN baru.
  • Buatlah PIN yang mudah diingat namun sulit ditebak orang lain.
  • Gunakan PIN dengan angka-angka spesial dan hanya Anda yang tahu.

FAQ

1. Apakah Ada Biaya Saat Mengatasi Lupa PIN ATM?

Jika datang ke kantor tidak dikenakan biaya, sedangkan mengatasi lewat panggilan ke call center hanya akan dikenakan biaya panggilan/pulsa.

2. Apakah PIN ATM Ada Dibuku Tabungan?

Tidak ada.

3. Mengapa Orang Lupa PIN ATM?

Mungkin karena banyaknya PIN-PIN lain harus diingat.

Demikianlah informasi dapat pakaiatm.com sampaikan tentang cara mengatasi lupa PIN ATM. Semoga dengan adanya ulasan cara mengatasi lupa PIN ATM di atas dapat bermanfaat bagi semua yang membutuhkan.