4 Jenis ATM Mandiri 2020 : Kelebihan & Kekurangannya

Jenis ATM Mandiri – ATM Mandiri merupakan salah satu fasilitas perbankan bagi nasabah Mandiri untuk bertransaksi melalui mesin ATM. Fasilitas ini biasanya diperoleh ketika membuka rekening Mandiri, dimana petugas pada saat itu akan memberikan kita buku tabungan Mandiri dan juga kartu ATM Mandiri.

Perlu kalian ketahui jika sekarang terdapat empat jenis ATM Mandiri, antara lain Mandiri Silver, Gold, Platinum dan Platinum Plus. Kemudian di setiap jenisnya juga memiliki ketentuannya masing-masing. Ketentuan tersebut meliputi limi transaksi tarik tunai, saldo minimal, limit transfer dan lain sebagainya.

Kartu debit Mandiri juga bisa digunakan untuk melakukan pembayaran di Supermarket atau pasar swalayan. Seperti yang kita ketahui, biasanya di tempat-tempat tersebut kasir menyediakan mesin EDC Mandiri. Semua jenis kartu debit Mandiri telah  mendukung fasilitas tersebut, namun sebelum melakukan pembayaran melalui mesin EDC Mandiri, pastikan kalian memiliki saldo cukup.

Kemudian setiap jenis kartu debit Mandiri memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Misal, bagi pengguna kartu ATM Mandiri Gold kalian bisa melakukan tarik tunai sebesar 10 juta rupiah per hari. Kemudian untuk transfer tunai melalui mesin CDM limitnya adalah 10 juta rupiah. Sedangkan untuk kekurangannya, kartu debit jenis ini hanya memiliki limit tarik tunai di mesin EDC sebesar 1 juta rupiah.

Jenis ATM Mandiri : Kelebihan & Kekurangannya

Jenis ATM Mandiri Kelebihan dan Kekuranganya

Selain itu, setiap jenis kartu debit Mandiri juga memiliki biaya administrasi per bulan yang berbeda-beda. Baiklah, untuk mengetahui lebih jelas mengenai apa saja jenis kartu ATM Mandri, langsung saja simak penjelasannya dibawah ini. Disamping itu, Pakaiatm juga memberikan informasi terkait kekurangan dan kelebihan hingga limit transaksi per hari dari setiap jenis kartu debit Mandiri.

Jenis ATM Mandiri

Jenis ATM Mandiri

Seperti yang kita ketahui dimana saat ini telah hadir beberapa macam ATM atau kartu debit Mandiri. Layanan tersebut akan diperoleh pada saat pembukaan rekening, biasanya petugas Bank akan menawarkan beberapa jenis kartu debit. Selain itu, mereka juga menjelaskan mengenai syarat dan ketentuan yang berlaku. Nah, bagi kalian yang belum dan berminat membuka rekening Mandiri tetapi masih bingung akan menggunakan jenis ATM yang mana, berikut kami sajikan penjelasan setiap macam ATM Mandiri lengkap dengan kekurangan dan kelebihannya.

1. Mandiri Silver

Mandiri Silver

Jenis kartu debit Mandiri yang pertama adalah Silver. Sesuai namanya, kartu ini memiliki warna Silver. Biaya administrasi yang berlaku untuk kartu ATM jenis ini hanya 2000 rupiah per bulan. Sedangkan untuk limit transaksi per hari adalah sebagai berikut :

Tarik TunaiRp. 10.000.000
Transfer SesamaRp. 25.000.000
Transfer Lain BankRp. 5.000.000
Pembayaran via Mesin EDCRp. 25.000.000
Tarik Tunai via Mesin EDCRp. 500.000
Pembayaran Virtual AccountRp. 5.000.000

Keuntungan menggunakan kartu ATM jenis ini adalah biaya potongan per bulan sangat rendah dan bisa melakukan tarik tunai melalui ATM Mandiri hingga 10 juta rupiah per hari. Sedangkan untuk kekurangannya, ATM  jenis ini hanya bisa melakukan tarik tunai via mesin EDC Mandiri sebesar 500 ribu rupiah per hari. Selain itu, limit transaksi pembayaran online hanya 5 juta rupiah di setiap harinya.

 2. Mandiri Gold

Mandiri Gold

Selanjutnya Mandiri juga menawarkan jenis ATM Gold dengan biaya administrasi bulanan sebesar 4.500 rupiah. Sedangkan untuk batas maksimal transaksi per hari jenis kartu debit Mandiri Gold memiliki ketentuan sebagai berikut :

Tarik TunaiRp. 10.000.000
Transfer SesamaRp. 50.000.000
Transfer Lain BankRp. 10.000.000
Pembayaran via Mesin EDCRp. 50.000.000
Tarik Tunai via Mesin EDCRp. 1.000.000
Pembayaran Virtual AccountRp. 50.000.000

Keuntungan bagi pengguna ATM Mandiri jenis Gold adalah bisa transfer ke sesama Mandiri hingga 50 juta rupiah per hari. Disamping itu, mereka juga bisa melakukan pembayaran tagihan atau belanja online dengan limit 50 juta rupiah per hari. Namun ATM jenis Gold hanya bisa melakukan tarik tunai melalui mesin EDC Mandiri dengan limit 1 juta rupiah.

 3. Mandiri Platinum

Mandiri Platinum

ATM Mandiri jenis ini biasanya digunakan oleh pelaku bisnis. Biaya administrasi yang berlaku untuk ATM Mandiri Platinum memang lebih tinggi dibanding yang lain, yaitu sebesar 7.500 rupiah. Meskipun demikian, ATM jenis ini memiliki limit transaksi per hari yang cukup besar, yakni sebagai berikut :

Tarik TunaiRp. 10.000.000
Transfer SesamaRp. 100.000.000
Transfer Lain BankRp. 25.000.000
Pembayaran via Mesin EDCRp. 100.000.000
Tarik Tunai via Mesin EDCRp. 500.000
Pembayaran Virtual AccountRp. 100.000.000

Seperti yang kalian simak pada tabel diatas, ATM jenis ini mampu melakukan transfer ke sesama Mandiri hingga 100 juta rupiah dan 25 juta rupiah ke rekening lain Mandiri. Kekurangan dari ATM jenis Platinum adalah limit tarik tunai via mesin EDC sangat kecil, yakni hanya 500 rupiah. Selain itu, setiap bulannya rekening pengguna juga akan terpotong sebesar 7.500 rupiah sebagai biaya administrasi.

 4. Mandiri Platinum Plus

Mandiri Platinum Plus

Kartu ATM Mandiri jenis ini mungkin jarang kalian jumpai, pasalnya memang sedikit nasabah yang menggunakan ATM jenis Platinum Plus. Nah, untuk limit transaksi dari ATM jenis ini adalah sebagai berikut :

Tarik TunaiRp. 10.000.000
Transfer SesamaRp. 25.000.000
Transfer Lain BankRp. – ( mengikuti saldo rekening )
Pembayaran via Mesin EDCRp. – ( mengikuti saldo rekening )
Tarik Tunai via Mesin EDCRp. –
Pembayaran Virtual AccountRp. – ( mengikuti saldo rekening )

Pengguna ATM Mandiri Platinum Plus memiliki keuntungan bisa melakukan transfer ke lain Bank, bayar tagihan online, bayar via mesin EDC Mandiri sepuasanya. Hanya saja untuk transaksi tarik tunai menggunakan kartu debit jenis ini tidak bisa lebih dari 10 juta rupiah setiap harinya. Selain itu, untuk transfer ke sesama Mandiri juga dibatasi 25 juta rupiah per hari.

Berikut adalah beberapa informasi terkait jenis kartu debit atau ATM Mandiri yang bisa kalian gunakan. Sekali lagi, pemilihan kartu ATM bisa dilakukan pada saat membuka rekening Mandiri. Nah, ulasan diatas bisa digunakan sebagai referensi dalam menentukan jenis debit Mandiri. Kami juga memberikan beberapa kelebihan dan kekurangan dari setiap jenis kartu debit Mandiri.