7 Ciri Ciri ATM Terblokir : Penyebab & Cara Mengaktifkan Kembali

Ciri Ciri ATM Terblokir – Seperti yang kita ketahui saat ini dimana hampir semua orang memiliki kartu ATM masing-masing dengan Bank yang berbeda. Pasalnya dengan adanya layanan ini kita bisa dengan mudah melakukan segala aktivitas perbankan, mulai dari transfer uang, tarik tunai, setor tunai, pembayaran virtual seperti mebayar Wi-Fi dan tagihan lainnya.

Kemudian perlu kalian ketahui segala jenis kartu ATM dan dari rekening Bank manapun baik itu BRI, BCA, Mandiri, BNI, Cimb Niaga, dan lainnya tidak menutup kemungkinan akan mengalami pemblokiran yang disebabkan oleh beberapa faktor. mulai dari salah input nomer PIN ATM atau bahkan pemblokiran yang dilakukan oleh pihak Bank.

Lalu apa dampak yang terjadi apabila kartu ATM kita diblokir ? Dampak dari kartu ATM terblokir tentunya akan menganggu aktivitas kita dalam bertransaksi entah itu transfer atau tarik tunai. Nah pada kesempatan kali ini kami akan berbicara mengenai ciri ciri ATM terblokir yang wajib kalian ketahui agar jika suatu saat kartu ATM kalian terblokir kalian bisa mengetahui langkah apa yang harus diambil.

Ciri ciri ATM terblokir juga tidak bisa dilihat dari tampilan fisik, misal kartu ATM yang terlihat lusuh bukan berarti telah terblokir, bisa jadi malah sebaliknya kartu ATM yang terlihat masih baru justru telah terblokir. Pasalnya kita baru bisa mengetahui jika ATM telah terblokir adalah setelah memasukan kartu pada mesin ATM, apabila kartu masih normal tentu saja bisa untuk melakukan transaksi, dan untuk kartu ATM yang telah terblokir akan muncul berbagai macam tulisan, seperti kartu terblokir, salah pin melampaui batas, silahkan hubungi call center atau sejenisnya.

Ciri Ciri ATM Terblokir

Ciri-Ciri-ATM-Terblokir-Penyebab-dan-Cara-Mengatasinya

Setelah mengetahui ciri ciri ATM terblokir tentunya kalian juga bertanya mengenai apa penyebab kartu ATM bisa terblokir dan bagaimana cara mengatasinya. Tenang, kami telah menyiapkan informasi mengenai hal tersebut, yang mana bisa kalian simak pada ulasan dibawah ini.

  • Segela bentuk transaksi baik dari cek saldo, tansfer, pembayaran, top up dan lainnya di mesin ATM tidak bisa dilakukan.
  • ATM terblokir juga akan ditolak saat transaksi melalui mesin ATM, dan layar juga akan memunculkan sebuah keterangan.

Umumnya pada layar nantinya akan menampilkan beberapa keterangan penolakan yang menjelaskan jika ATM milik Anda terblokir. Misalnya “Kartu ATM Ditolak”, “Anda Memasukkan Salah PIN”, “Anda sudah Salah Memasukkan PIN 3X”, “Salah PIN Sudah Melampaui Batas, Ambil Kartu Anda”, “Transaksi Tidak Berhasil”, “Silakan Hubungi Call Center”.

Penyebab ATM Terblokir

Ciri-Ciri-ATM-Terblokir

Penyebab ATM terblokir datang dari beberapa hal, salah satunya dan yang paling sering terjadi adalah salah memasukkan nomer PIN ATM sebanyak tiga kali secara berturut-turut. Misal kalian menggunakan kartu ATM BRI dan mengalami pemblokiran kartu yang dikarenakan salah input nomer PIN ATM sebanyak tiga kali secara berturut-turut maka pada layar mesin ATM akan muncul tulisan “salah pin telah melampaui batas, silahkan ambil kartu anda” dengan demikian kalian harus melakukan pembukaan blokir dengan cara datang ke cabang Bank BRI terdekat.

Selain karena salah input PIN ATM, pemblokiran kartu ATM juga bisa terjadi karena unsur kesengajaan, loh kok bisa ? tentu saja bisa, hal ini dilakukan apabila si pemilik kehilangan kartu ATM dan untuk melindungi tabungan dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab melakukan pemblokiran kartu ini merupakan tindakan yang sangat tepat dengan cara menghubungi Call Center Bank.

Baca  9 Cara Bayar Iconnet Lewat Livin Mandiri 2022: Syarat, Admin & Tempo

Kemudian pemblokiran kartu ATM juga bisa dilakukan oleh pihak Bank, dengan catatan si nasabah telah terbukti melakukan transaksi yang tidak wajar atau mencurigakan. Disamping itu, pemblokiran kartu ATM yang dilakukan oleh pihak Bank bisa dilakukan tanpa sepengetahuan atau izin dari si nasabah. Hal ini bertujuan untuk menghindari penyalahgunaan transaksi oleh si nasabah.

Cara Mengatasi ATM Terblokir

Cara mengatasi kartu ATM yang terblokir juga bisa dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya dan yang paling sering digunakan adalah dengan menghubungi call center bank terkait. Lalu apakah kalian sudah tahu bagaimana cara mengaktifkan atau membuka kembali ATM terblokir lewat call center? Jika belum simak dibawah ini.

  1. Langkah awal siapkan terlebih dahulu HP dan nomor  yang tersedia pulsa.
  2. Setelah itu lanjut buka menu dial dan ketik call center bank dan panggil.
  3. Jika sudah terhubung, sampaikan secara jelas pada customer service.
  4. Nantinya CS akan mengajukan pertanyaan baik dari data diri, nomor rekening dan lainnya.
  5. Jika sudah CS akan mulai memproses dan mengaktifkan kembali ATM terblokir.
  6. Silakan tunggu sebentar sampai CS selesai memproses pengaktifan kembali.
  7. Setelah selesai, maka CS akan menginformasikan kepada kalian.

Selain cara online di atas, bagi kalian yang alami kartu ATM terblokir juga bisa dilakukan dengan secara offline dengan mendatangi kantor cabang bank terdekat serta membawa berkas seperti kartu ATM, buku rekening, kartu identitas seperti KTP/SIM dan membawa uang administrasi.

Dalam mengatasi ATM terblokir, tidak bisa diwakilkan. Sehingga bisa dikatakan kalian para pemilik rekening bank / ATM yang terblokir wajib datang sendiri ke kantor cabang bank terkait. Pastikan kalian mengetahui jam operasional bank terlebih dahulu.

Baca  √ Biaya Transfer BRI ke Mandiri Lewat Semua Metode 2022

Demikian informasi yang bisa kami sajikan mengenai ciri ciri ATM terblokir yang disertai juga penyebab kartu ATM terblokir dan bagaimana cara mengatasinya. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat bagi kalian, sehingga jika suatu saat kartu ATM terblokir kalian bisa lebih paham langkah apa yang harus diambil.