10 Daftar Bank Digital Terbaik 2021 : Konsep & Layanan

Daftar Bank Digital – Bank menjadi salah satu media menabung paling banyak diminati oleh masyarakat luas. Selain terjamin keamanannya, beberapa Bank ternama di Indonesia seperti Mandiri, BRI dan BCA juga kerap menawarkan suku bunga menarik bagi para nasabah supaya gemar menabung.

Berbicara soal Bank, pernahkan kalian mendengar istilah Bank Digital? Ya, belakangan ini pembahasan mengenai Bank Digital memang sedang cukup Viral. Hal tersebut juga dikaitkan dengan nasabah milenial dimana mendambakan sistem perbankan secara lebih praktis.

Sesuai dengan namanya, Bank Digital nantinya mengusung konsep transaksi dan aktivitas lainnya secara Online. Adapun berbagai perangkat yang bisa digunakan untuk mengakses Bank Digital antara lain smartphone, PC dan laptop.

Nah, melalui artikel berikut kami punya penjelasan lengkap terkait daftar Bank Digital di Indonesia. Perlu diketahui juga bahwa layanan tersebut memiliki beberapa kekurangan dan kelebihan. Untuk lebih jelasnya langsung saja simak ulasan dibawah ini.

Apa Itu Bank Digital?

Apa Itu Bank Digital

Sebelum masuk ke inti pembahasan, terlebih dahulu kami akan menjelaskan pengertian mengenai apa itu Bank Digital. Jadi, layanan ini merupakan inovasi terbaru dari berbagai BANK TERBAIK di Indonesia guna memudahkan calon nasabah membuka rekening tanpa perlu datang ke Bank. Ketentuan dari layanan ini semuanya telah tertuang pada Peraturan OJK Nomor 12/POJK.03.2018.

Target utama dari layanan ini adalah para generasi Milenial yang tentu saja sudah mengenal kecanggihan teknologi masa kini. Disamping itu, segala transaksi seperti menabung, tarik tunai dan pembayaran bisa dilakukan menggunakan aplikasi smartphone dari daftar Bank Digital.

Baca  Apa Itu Mesin EDC : Jenis, Manfaat, Syarat

Kelebihan Bank Digital

Kelebihan Bank Digital

Dengan adanya layanan Bank Digital ternyata membawa banyak manfaat bagi masyarakat, terlebih pada masa pandemi sekarang ini dimana Pemerintah menghimbau masyarakat untuk tetap dirumah saja. Nah, berikut adalah manfaat atau kelebihan dari layanan tersebut :

  • Proses registrasi dan aktivasi rekening bisa dilakukan tanpa harus keluar rumah.
  • Tidak perlu antri.
  • Gratis biaya admin.
  • Bunga simpanan yang menarik.

Kekurangan Bank Digital

Kekurangan Bank Digital

Selain beberapa kelebihan diatas, layanan ini juga tidak luput dari kekurangan. Jika demikian, apa saja sih kekurangan dari layanan tersebut? silahkan simak selengkapnya dibawah ini :

  • Perlu koneksi internet untuk mengakses Bank Digital.
  • Jika tidak bisa mengelola keuangan, bisa menyebabkan pengeluaran berlebih mengingat semua transaksi bisa dilakukan via Online.

Daftar Bank Digital Terbaik di Indonesia

Kemudian sesuai janjia diatas bahwa kami akan membagikan rekomendasi daftar Bank Digital terbaik yang ada di Indonesia. Bahkan ada beberapa Bank Digital pada daftar berikut yang membebaskan biaya admin dan lain-lain. Untuk lebih jelasnya langsung saja simak daftar dibawah ini :

1. BCA Digital

BCA Digital

Pertama ada Bank BCA yang telah menyiapkan aplikasi untuk mengakses BCA Digital. Nantinya calon nasabah tidak perlu lagi datang ke Bank untuk registrasi,proses tersebut cukup dilakukan melalui smartphone. Sedangkan untuk aktivasi nantinya dilakukan via Video Call dengan petugas CS BCA.

2. BRI Agro

BRI Agro

Daftar Bank Digital berikutnya adalah BRI Agro. Meskipun belum dirilis sepenuhnya, Bank BRI sudah menuturkan bahwa mereka menyiapkan dana 3,5 Triliun rupiah untuk belanja keperluan IT. Dengan merilis layanan ini BRI berharap bisa mengajak kaum milenial untuk membuka rekening BRI secara virtual.

3. BHI Digital

BHI Digital

Selanjutnya ada juga Bank Digital BHI (Bank Harda Internasional) yang telah mencantumkan namanya di daftar Bank Digital terbaik di Indonesia. BHI menggunakan momen pandemi seperti sekarang ini untuk merilis produk tersebut, dengan target utamanya adalah para kawula muda.

Baca  Kenapa Kartu ATM Tidak Dapat Diproses ? Ini 3 Masalahnya

4. BKE Digital

BKE Digital

PT Bank Kesejahteraan Ekonomi (BKE) juga turut meramaikan daftar Bank Digital di Indonesia. BKE telah bertransformasi ke dalam bentuk Digital sejak diakui sisi oleh Sea Grup selaku Induk Perusahaan Shopee. Dengan cara ini, Shopee bisa memiliki semakin banyak pengguna, khususnya para kaum milenial yang mengaktifkan rekening BKE secara Online.

5. BNC Digital

BNC Digital

Baru-baru ini PT Bank Neo Commerce (BNC) menggaet penyedia layanan digital terbaik yaitu Tencent Cloud untuk menciptakan Bank Digital. Dengan demikian, BNC berharap bisa meningkatkan beragam infrastruktur digital dengan tetap menomorsatukan keamanan data nasabah.

6. Jenius by BTPN

Bank Digital Jenius by BTPN

Bank Digital Jenius mungkin sudah tidak asing lagi di telingan kalian. Ya, Jenius merupakan produk Digital Banking dari BTPN yang sudah dirilis sejak tahun 2016. Ada banyak keunggulan dari layanan tersebut, salah satunya adalah fitur $Cashtag sebagai pengganti nomor rekening. Menariknya lagi, Bank Digital Jenius juga tidak menerapkan ketentuan terkait setoran awal maupun saldo mengendap di dalam rekening.

7. TMRW by UOB

TMRW by UOB

TMRW merupakan produk Digital Banking dari Bank UOB yang dirilis pada awal tahun kemarin. Selain mendukung pembukaan rekening via Online, Bank Digital TMRW juga menyediakan fitur Chat in App dimana nasabah bisa berkonsultasi dengan petugas Bank melalui chatting.

8. PermataME

PermataME

Daftar Bank Digital lainnya adalah PermataME yang bisa diakses melalui aplikasi bernama PermataMobileX. Bank Permata menggunakan promo bonus saldo Rp. 50.000 dimana cara ini berhasil menarik banyak nasabah baru untuk membuka rekening Digital PermataME. Disamping itu, Bank Digital PermataME juga membebaskan biaya admin bulanan untuk semua nasabahnya.

9. D-Save Danamon

D Save Danamon

Kami juga merekomendasikan D-Save Danamon sebagai salah satu daftar Bank Digital terbaik di Indonesia. Kenapa demikian? sebab selain mendukung registrasi via Online lebih dari 1 rekening, layanan ini juga memiliki banyak fitur perbankan hingga suku bunga cukup tinggi.

Baca  Pilih Shopee PayLater atau GoPayLater ? Simak Penjelasan Ini

10. Wokee

Bank Digital Wokee

Sedangkan untuk daftar Digital Banking terbaik yang terakhir adalah Wokee. Produk ini dirilis oleh Bank Bukopin dengan target pengguna para muda mudi yang pastinya lebih sadar akan teknologi. Melalui Wokee calon nasabah bisa registrasi tabungan secara Online, ditambah lagi Wokee juga mendukung banyak macam transaksi seperti transfer, tarik tunai tanpa kartu dan lain sebagainya.

Konsep Bank Digital

Konsep Bank Digital

Setelah menyimak beberapa daftar Bank Digital di Indonesia, sebagian dari kalian mungkin belum begitu paham dengan konsep Digital Banking. Jadi, layanan ini berbeda dengan mBanking maupun iBanking yang fasilitas digital perbankan. Kedua layanan tersebut hanya beronsep untuk memudahkan setiap transaksi via smartphone atau PC.

Sedangkan untuk Bank Digital sendiri memiliki konsep registrasi sekaligus aktivasi rekening secara Online. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk inovasi dari berbagai Bank. Disamping itu, untuk Bank yang akan membuat produk Digital Banking wajib menyiapkan modal 3 – 10 Triliun, memiliki kantor Pusat dan biasanya menggandeng penyedia jasa layanan Digital terkemuka yang ada di Indonesia.

Layanan Digital Banking

Layanan Digital Banking

Pada poin informasi mengenai daftar Bank Digital diatas telah kami singgung sedikit mengenai layanan yang ditawarkan Digital Banking. Nah, informasi lengkapnya mengenai hal tersebut bisa kalian simak dibawah ini :

  • Registrasi rekening via Online
  • Proses aktivasi via Video Call
  • Transaksi transfer sesama, Bank lain dan Virtual Account
  • Pembayaran
  • Cek saldo
  • Cek mutasi
  • Penutupan rekening

Itu dia rekomendasi beberapa daftar Bank Digital terbaik yang bisa Pakaiatm.com sajikan. Diatas kami juga menambahkan informasi mengenai definisi Bank Digital, konsep, layanan hingga kelebihan dan kekurangannya. Sampai disini, apakah kalian tertarik untuk MEMBUKA REKENING ONLINE melalui salah satu Bank Digital diatas?