Pilih OVO atau DANA ? Ini Dia Kelebihan & Kekurangannya

Pilih OVO atau DANA – Berbagai kemudahan saat ini mungkin sudah banyak dirasakan oleh orang-orang di Indonesia. Salah satu kemudahan tersebut yaitu soal urusan transaksi-transaksi pembayaran secara cashless atau tanpa tarik tunai.

Selain sudah tersedianya layanan perbankan seperti ATM dan Mobile Banking, di Indonesia juga telah hadir berbagai macam layanan E-Wallet atau dompet digital yang tentunya akan membuat Anda lebih termudahkan.

Ada banyak layanan dompet digital yang bisa Anda pilih seperti misalnya GoPay, DANA, OVO, LinkAja, ShopeePay dan masih banyak lainnya. Semua dompet digital tersebut memiliki nilai plus masing-masing.

Namun pada pembahasan kali ini sendiri pakaiatm.com akan sajikan atau berikan informasi mengenai dua pilihan dompet digital terpopuler di Indonesia. Di mana akan di bahas yaitu pilih dompet digital OVO atau DANA.

Pilih OVO atau DANA

Pilih OVO atau DANA

Bagi Anda masih bingung atau bimbang ingin pilih menggunakan OVO atau DANA, berikut simak pembahasan ini sampai tuntas agar nantinya bisa menentukannya. Sehingga Anda nantinya bisa pilih atas keuntungan yang signifikan terhadap penggunaan dompet digital OVO maupun DANA.

Apa Itu OVO

Apa Itu OVO

OVO adalah salah satu startup yang menawarkan layanan pembayaran digital melalui sebuah aplikasi. Di mana OVO didirikan pada tahun 2017 yang identik dengan warna ungu. Selain itu, OVO juga sudah berhasil kerjasama dengan banyak merchant, salah satunya Grab dan Tokopedia.

Kelebihan OVO

  • Terdapat Fitur OVO Points

Di mana fitur ini akan menjadi kelebihan utama yang didapat saat pilih OVO. Mungkin OVO Points ini sangat membantu, terutama bagi Anda yang sering belanja di Tokopedia. Itu karenakan setiap kali melakukan transaksi, maka pengguna OVO akan dapat cashback dalam bentuk saldo OVO Points (nilai beragam).

  • Dapat Tarik Tunai di Alfamart
Baca  4 Cara Mendapatkan Uang 75 Ribu di Bank : BRI, Mandiri, BCA & BNI

Kelebihan saat pilih OVO selanjutnya yaitu pengguna OVO sudah bisa melakukan transaksi seperti isi saldo, bayar belanja, bahkan tarik tunai di Alfamart kapan saja di lebih dari 14.000 gerai Alfamart yang ada di seluruh pelosok Indonesia.

  • Banyak Promo Menarik di Merchant

Selain OVO Points serta bisa tarik tunai di Alfamart, dengan pilih OVO juga nantinya akan diberikan promo-promo menarik dari merchant yang sudah bekerjasama. Dan seperti sudah disinggung di atas, jika OVO telah banyak memiliki partner resmi baik merchant offline online serta perusahaan e-commerce seperti Tokopedia serta Lazada.

Kekurangan OVO

  • Terdapat Limit Top Up Bulanan

Sedangkan untuk kekurangan aplikasi OVO yaitu soal limit pengisian atau top up saldonya. Karena dari pihak OVO membatasi pengguna akun PREMIER sebesar Rp 20 juta per bulan dan saat limit sudah tercapai maka pengguna OVO sudah tidak bisa top up lagi di bulan tersebut.

  • Update Akun OVO Ribet

Kekurangan selanjutnya yaitu berupa keribetan atau tidak praktisnya saat pengguna OVO ingin melakukan update ke akun OVO Premier dari akun OVO Club. Karena Anda harus datang ke kios atau booth OVO terdekat.

Apa Itu DANA

Apa Itu DANA

Tidak jauh dengan OVO, DANA juga menjadi e-wallet yang berbasis aplikasi di mana menawarkan transaksi digital sehingga lebih mudah dan efisien para penggunanya. Jika OVO mempunyai warna kebesaran ungu, ini berbeda dengan DANA, yang mana warna di dominannya adalah biru.

Kelebihan DANA

  • Gratis Biaya Admin

Kelebihan atau keuntungan pilih DANA pertama adalah yaitu gratis 10X transfer uang baik sesama DANA atau bank lain dalam sebulannya. Jadi jika kuota gratis tersebut sudah habis, maka transfer uang akan dikenai biaya admin, jadi manfaatkan kuota gratis tersebut.

  • Banyak Promo Menarik
Baca  Ukuran Kartu ATM Semua Bank Sesuai Standar ISO

Kelebihan DANA berikutnya berupa pemberian promo menarik yang dihadirkan oleh pihak DANA. Di mana sudah banyak merchant menawarkan promo-promo menarik jika Anda melakukan transaksi dengan DANA, seperti misalnya dapat cashback atau diskon hingga 50% baik pembayaran barang atau makanan dengan syarat ketentuan berlaku.

  • Bisa Dicairkan di Alfamart

Lalu kelebihan selanjutnya saat pilih DANA yaitu DANA sudah bekerjasama dengan Alfamart sehingga membuat pengguna DANA bisa mencairkan uang dengan minimal pencairan Rp 50 ribu. Hal ini tidak jauh berbeda sama OVO, namun ada hal lain yang menjadikan DANA dan OVO berbeda.

Kekurangan DANA

  • Ada Limit Top Up & Transaksi

Sama halnya layanan dompet digital OVO atau lainnya, DANA juga memberlakukan ketentuan limit top up nya. Di mana akun DANA belum verifikasi memiliki limit maksimal Rp 2 juta dan akun terverifikasi maksimal Rp 10 juta. Selain itu, pengguna DANA juga akan diberikan batas transaksi sebesar Rp 20 juta per bulannya.

  • Merchant Bekerjasama Sedikit

Sedangkan kekurangan aplikasi DANA selanjutnya berupa merchant yang bekerja sama dengan DANA masih terbilang sedikit. Namun untuk kemudahan transaksi DANA memang bisa di adu dengan layanan dompet digital lainnya.

Selain kelebihan serta kekurangan OVO atau DANA di atas, kesamaan antara keduanya yaitu soal kemudahan dalam urusan top up atau isi saldonya. Karena kedua layanan dompet digital tersebut sudah bisa diisi saldo lewat layanan Mobile Banking atau bank digital. Anda bisa lakukan top OVO dan DANA melalui layanan LIVIN BY MANDIRI, LINE BANK, SeaBank, Bank Jago atau  lainnya.

Lantas ingin pilih OVO atau DANA ? Setelah berhasil menyimak ulasan yang pakaiatm.com sajikan, adanya pembahasan pilih OVO atau DANA di atas semoga bisa bermanfaat serta membantu Anda menentukannya.

Baca  11 Cara Top Up OVO Lewat blu BCA : Syarat, Limit & Biaya