Pilih GoPay atau DANA ? Ini Kelebihan & Kekurangannya

Pilih GoPay atau DANA – Aplikasi dompet digital mungkin saat ini menjadi salah satu alternatif lain selain uang tunai. Karena dengan menggunakan dompet digital, nantinya transaksi pembayaran Anda bisa dilakukan hanya lewat aplikasi.

Dan di Indonesia sendiri sudah ada banyak layanan dompet digital yang siap memudahkan berbagai urusan keuangan Anda. Diantara lain dompet digital tersebut seperti misalnya OVO, DANA, GoPay, LinkAja, ShopeePay dan masih ada lainnya.

Semua layanan dompet digital tersebut menawarkan daya tarik tersendiri agar orang-orang menggunakan produknya. Seperti adanya promo-promo menarik serta cashback yang diberikan setelah berhasil melakukan transaksi pembayarannya.

Teruntuk para pemula atau orang baru pertama kali ingin menggunakan dompet digital, tentu saja bertanya mengenai akan pilih mana. Jika sebelumnya pakaiatm.com bahas tentang PILIH OVO ATAU DANA, kali ini akan bahas pilih GoPay atau DANA.

Pilih GoPay atau DANA

Bagi Anda yang bingung akan pilih GoPay atau pilih DANA, maka simak pembahasan ini sampai akhir agar Anda tahu apa saja kelebihan serta kekurangan dari masing-masing layanan dompet digital tersebut. Ini dia kelebihan dan kekurangan dua layanan dompet digital.

Apa Itu GoPay

GoPay

GoPay merupakan dompet digital serba bisa yang dimiliki oleh GoTo Financial di mana bisa digunakan untuk bertransaksi cepat untuk semua layanan Gojek (Go-Car, go-Ride, Go,Food, Go-Box, Go-Shop) dan digunakan pembayaran di ratusan Rekan Usaha, bahkan juga bisa digunakan untuk kirim atau terima uang.

Kelebihan GoPay

  • Top Up Mudah

Kelebihan pertama ditawarkan saat pilih GoPay yaitu mengenai pengisian saldo atau top up. Di mana untuk bisa top up GoPay banyak cara bisa dilakukan, seperti top up lewat driver Gojek, minimarket, ATM, Mobile Banking dan SMS Banking dari semua bank.

  • Mudah Digunakan Transaksi
Baca  3 Cara Top Up Dana Lewat ATM CIMB Niaga Terbaru 2021

Lalu jika Anda pilih GoPay juga akan dimudahkan saat transaksi kebutuhan sehari-hari selama 24 jam dengan keamanan terjamin. Itu menjadikan dengan menggunakan GoPay Anda bisa lebih mudah dalam urusan pembayaran, transfer ke sesama GoPay atau ke rekening bank, bahkan bisa tarik tunai di ATM tanpa menggunakan kartu.

  • Solusi Pembayaran

Selain itu GoPay juga bisa menjadi solusi pembayaran praktis saat saldo mulai menipis saat itu juga dan bayar di akhir bulan dengan gunakan GoPayLater. Selain itu, GoPayLater bisa langsung dipakai di aplikasi Gojek tanpa perlu penggunanya mengisi formulir terlebih dahulu (khusus buat yang terpilih).

  • Promo Menarik

Selain itu, saat pilih GoPay Anda juga akan mendapat berbagai macam promo khusus serta menarik dari Gojek setiap kali melakukan transaksi dengan GoPay. Seperti misalnya saat mengumpulkan token saat melakukan transaksi, token tersebut nantinya dapat ditukar dengan Go-Points serta voucher menarik dari GoPay.

Kekurangan GoPay

  • Fitur Pembayaran E-Wallet Sedikit

Sedangkan untuk kekurangan jika pilih GoPay, memang banyak pengguna menyayangkan jika GoPay memberikan fitur pembayaran E-Wallet lebih sedikit di banding dengan layanan dompet digital lainnya. Namun itu bukan menjadi masalah utama, dengan melihat kelebihan telah diberikan GoPay.

  • Biaya Top Up Admin Berbeda

Terkhusus bagi pengguna GoPay ingin melakukan top up atau isi saldo GoPay lewat layanan Mobile Banking atau bank digital, nantinya pengenaan biaya admin berbeda-beda. Mulai dari Rp 1.000 – Rp 2.000. Bahkan ada beberapa layanan Mobile Banking yang membebaskan biaya admin top up GoPay seperti LINE BANK, SEABANK, serta lainnya.

Apa Itu DANA

DANA

Tidak kalah populernya dengan GoPay, DANA juga menjadi salah satu layanan dompet digital populer di tanah air. Di mana aplikasi DANA adalah uang elektronik yang bisa digunakan untuk transaksi hanya dengan sentuhan tangan kapanpun, berapapun serta dimanapun.

Baca  Arti SA Cash Dep NoBook Adalah ? Saat Mutasi Rekening

Kelebihan DANA

  • Layanan Lengkap

Keunggulan pertama DANA yaitu atas kemudahan yang diberikan saat melakukan transaksi, karena bisa dibilang DANA memberikan layanan lengkap. Di mana pengguna DANA bisa melakukan kirim uang, pembelian pulsa, bayar tagihan serta transaksi e-commerce selama 24 jam dengan keamanan terjamin 100%.

  • Gratis Biaya Admin

Kelebihan pilih DANA selanjutnya berupa gratis kuota 10X transfer baik sesama DANA atau bank lain per bulannya. Jadi jika kuota gratis habis, maka transfer uang akan dikenai biaya admin. Dengan begitu manfaatkan kuota gratis tersebut semaksimal mungkin .

  • Banyak Promo Menarik

Lalu kelebihan DANA selanjutnya berupa adanya promo menarik ditawarkan oleh pihak DANA. Seperti sudah banyak merchant menawarkan promo-promo menarik jika Anda melakukan transaksi dengan DANA, misalnya mendapat cashback serta diskon hingga 50% saat pembayaran barang atau makanan (syarat ketentuan berlaku).

  • Saldo Dapat Dicairkan

Kelebihan lainnya saat pilih DANA yaitu DANA telah bekerjasama dengan Alfamart yang membuat pengguna DANA bisa mencairkan uang di minimarket ini dengan minimal pencairan sebesar Rp 50 ribu. Tentu saja, bagi pengguna DANA di mana bepergian tidak bawa uang bisa cairkan saldo DANA di Alfamart.

Kekurangan DANA

  • Limit Top Up & Transaksi

Untuk kekurangan sendiri sama halnya layanan dompet digital lainnya, DANA juga memberikan ketentuan limit top up atau isi ulang saldonya. Untuk akun DANA belum verifikasi dapat limit maksimal Rp 2 juta sedangkan akun DANA sudah terverifikasi maksimal Rp 10 juta. Lalu pengguna DANA juga akan diberikan limit transaksi sebesar Rp 20 juta per bulannya.

  • Merchant Sedikit

Kelemahan selanjutnya saat pilih DANA yaitu datang pada sedikitnya merchant yang bekerjasama dengan DANA. Walaupun sedikit, namun seperti sudah disampaikan di atas, DANA memberikan kemudahan transaksi yang terjamin keamanannya.

Baca  20 Cara Top Up DANA Lewat BSI Mobile (Syarat & Admin)

Demikian informasi tentang kelebihan serta kekurangan GoPay dan DANA dapat pakaiatm.com sajikan. Bagi Anda yang bimbang ingin pilih gunakan GoPay atau DANA, semoga adanya pembahasan tentang GoPay serta DANA di atas bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin menggunakan layanan dompet digital populer di Indonesia.