Arti ER-R5 Mandiri Online ? Penyebab & Cara Mengatasi

ER-R5 Mandiri Online – Dengan adanya layanan Mandiri online yang saat ini dikenal dengan Livin’ by Mandiri. Tentu saja para nasabah bank Mandiri yang gunakan layanan Mobile Banking ini akan dimudahkan urusan bertransaksi.

Karena dengan layanan Mandiri Online ini Anda bisa melakukan cek saldo, mutasi, transfer, pembayaran dan lain sebagainya hanya dalam genggaman tangan. Namun dipastikan sudah daftar dan aktivasi di kantor cabang.

Dalam penggunaan Mandiri Online, nantinya tidak semua bisa berjalan lancar. Ada kalanya saat menggunakan layanan Mobile Banking Mandiri Anda mengalami kegagalan atau masalah sehingga transaksi sedikit tertunda.

Dalam gangguan Mandiri Online tersebut biasanya akan disertai dengan munculnya kode-kode yang Anda tidak mengetahui. Seperti misalnya error dengan muncul KODE MW 01, MW 05, MW 9999, ER-R5 atau lainnya.

ER R5 Mandiri Online

ER-R5 Mandiri Online

Jika sebelumnya sudah bahas mengenai arti kode MW 01, 05 dan 9999. Maka pada pembahasan kali ini pakaiatm.com akan sajikan informasi mengenai kode “ER-R5 : Aplikasi Mandiri Online tidak dapat dijalankan pada device yang telah di root”.

Untuk arti kode ER-R5 menunjukkan jika perangkat yang Anda gunakan pernah melakukan root atau jailbreak. Sehingga membuat kode ER-R5 muncul di layar tampilan saat Anda sedang berusaha membuka layanan Mobile Banking dari bank Mandiri.

Penyebab Muncul ER-R5 Mandiri Online

Penyebab Muncul ER R5 Mandiri Online

Lalu apa saja penyebab yang menjadikan kode error pada Mandiri Online tersebut? Mengenai penyebab sendiri sudah disinggung sedikit diatas, namun agar lebih jelasnya bisa simak ulasan ini sampai akhir.

Baca  Arti BNI Mobile Error 2754 ? Berikut Penyebab & Solusinya

1. Perangkat Sudah di Root/Jailbreak

Penyebab utama munculnya kode ER-R5 di Mandiri Online dikarenakan oleh perangkat/HP yang digunakan untuk akses layanan Mandiri Online sudah pernah di root atau jailbreak oleh pemilik perangkat.

2. Aplikasi Ada Didalam Secure Folder

Selain penyebab di atas, munculnya kode error ER-R5 di layanan Mandiri Online juga terjadi karena pengguna aplikasi Mandiri Online/Livin by’ Mandiri yang di install tidak ada di dalam secure folder seperti aplikasi Knox.

Cara Mengatasi ER-R5 Mandiri Online

Cara Mengatasi ER R5 Mandiri Online

Jika sudah tahu akan penyebab munculnya kode ER-R5 di atas, selanjutnya Anda tinggal mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Adapun cara mengatasi sendiri sangat mudah, di mana Anda hanya perlu lakukan beberapa hal ini.

1. Kembalikan ke Setelan Semula

Pertama, silakan atur atau kembalikan ke setelan awal mengenai HP yang sudah di Root. Untuk caranya Anda bisa menyesuaikan dengan perangkat yang digunakan. Karena secara umum setiap perangkat/HP memiliki cara yang berbeda-beda.

Tujuan mengembalikan ke setelan semula yaitu untuk melindungi data-data yang ada di layanan Mandiri Online Anda. Itu juga karena layanan perbankan atau Mobile Banking dari semua bank tidak dianjurkan digunakan di perangkat yang sudah di root/jailbreak.

2. Install Aplikasi dari Google Play Store

Kedua, memastikan jika aplikasi Mandiri Online atau Livin’ by Mandiri yang Anda gunakan di install langsung dari Google Play Store atau App Store. Selain itu juga memastikan jika aplikasi yang di install tidak berada di dalam secure folder seperti aplikasi knox.

Jadi saat Anda menggunakan aplikasi Mobile Banking Mandiri dan memunculkan kode ER-R5, maka Anda bisa uninstall dan install langsung aplikasi dari Google Play Store. Untuk cara install-nya tentu saja Anda sudah memahaminya.

Baca  √ TabunganMU Mandiri 2021 : Biaya, Bunga, Syarat & Cara Buka

3. Install Aplikasi Magisk Manager

Selain dua cara di atas, Anda juga mengatasi masalah error ER-R5 dengan bantuan aplikasi Magisk Manager. Berikut langkah dan cara penggunaannya:

  • Silakan download dan install aplikasi Magisk Manager.
  • Buka aplikasi Magisk Manager.
  • Kemudian klik ikon garis tiga untuk melihat opsi lain.
  • Pada opsi tersebut, Anda pilih Opsi “Magisk Hide”
  • Lalu cari aplikasi Mandiri Online atau Livin’ by Mandiri dan berikan tanda centang.
  • Selanjutnya Anda tinggal keluar Aplikasi Magisk Manager dan menjalankan kembali Mandiri Online seperti biasa.

Bagaimana Untuk HP Tidak di Root Tapi Muncul Error ER-R5?

Bagi pengguna layanan Mandiri Online atau Livin’ by Mandiri di mana tidak root HP dan sudah install aplikasi di Google Play Store langsung namun tetap mengalami error ER-R5. Tentu saja akan bertanya-tanya apa sebenarnya masalah yang terjadi?

Atas ketidaknyamanan yang dialami oleh pengguna layanan Mandiri Online, maka Anda bisa menghubungi pihak call center Mandiri di 14000 atau datang ke kantor cabang Mandiri terdekat untuk meminta bantuan pada customer service.

Catatan : Aplikasi perbankan tidak terkecuali Mandiri Online atau Livin’ by Mandiri tidak bisa digunakan pada perangkat yang sudah di root.

Itulah informasi terkait error ER R5 pada Mandiri Online lengkap dari penyebab dan cara mengatasinya. Semoga dengan adanya informasi kode error ER-R5 di layanan Mandiri Online yang pakaiatm.com sampaikan di atas bisa bermanfaat.