√ Kode CVV BCA Tidak Ada 2022 : Penyebab & Cara Mengatasi

Kode CVV BCA tidak ada – Setiap nasabah Bank BCA pasti bakal menerima fasilitas berupa kartu ATM. Fasilitas tersebut berguna untuk melakukan transaksi tarik tunai, setor tunai, transfer, pembayaran dan lain sebagainya di mesin ATM.

Sementara itu, pada bukti fisik kartu ATM BCA juga terdapat beberapa informasi penting, diantaranya nomor kartu, tanggal Valid kartu dan Kode CVV. Semua informasi yang tertera di kartu Debit BCA tentu saja memiliki fungsi nya masing-masing termasuk Kode CVV.

Dengan begitu, ketika Kode CVV BCA tidak ada tentu saja bisa mengakibatkan masalah bagi para pemilik kartu. Tercatat ada beberapa nasabah Bank BCA yang mengalami masalah berupa kartu ATM milik mereka tidak tertera Kode CVV (Card Verification Value).

Jika demikian, apa yang harus dilakukan? Sebab, jika masalah tersebut dibiarkan bisa menjadi kendala ketika ingin mendaftarkan rekening BCA sebagai metode pembayaran transaksi Online maupun Offline. Tanpa perlu berlama-lama lagi, langsung saja simak penjelasan selengkapnya dibawah ini.

Kenapa Kode CVV BCA Tidak Ada ?

Kode CVV BCA Tidak Ada

Seperti kami sebutkan diatas bahwa setiap nasabah Bank BCA akan diberi fasilitas kartu ATM atau kartu Debit. Sementara itu, pada setiap ATM BCA terdapat beberapa data penting, salah satunya adalah Kode CVV.

Untuk mengetahui Kode CVV BCA kalian hanya perlu membalik kartu Debit, nantinya dibalik kartu ATM akan tertera 3 digit angka yang merupakan Kode CVV. Meski begitu, ada beberapa pemilik ATM BCA yang mengaku tidak menjumpai adanya Kode Card Verification Value di bagian belakang kartu. Kenapa demikian?

Baca  Mandiri Online Connection Timeout & Cara Mengatasinya

Sebenarnya kasus seperti ini bukanlah hal baru, selain nasabah Bank BCA, masalah Kode CVV tidak tersedia juga dialami oleh pengguna kartu Debit BRI Simpedes. Hanya saja, pada kartu Debit BRI Simpedes, informasi Kode CVV memang tidak disediakan oleh pihak penerbit, yaitu Bank BRI.

Tapi, berdasarkan informasi yang kami peroleh, Bank BCA telah menyediakan informasi Kode Card Verification Value di semua jenis kartu Debit dan jenis Tabungan yang digunakan. Dengan begitu, untuk nasabah Bank BCA yang mengalami masalah seperti itu mungkin bisa terjadi karena beberapa hal sebagai berikut :

1.  Fisik Kartu ATM Sudah Rusak

Penyebab pertama mungkin berasal ketika kartu Debit yang dimiliki sudah rusak karena sering bergesekan di Dompet atau memang usia kartu sudah usang. Dengan begitu, tampilan Kode Card Verification Value di kartu ATM hilang.

2. Kode CVV Salah

Sedangkan untuk kasus kedua, mungkin saja Kode Card Verification Value tersedia tapi pemilik tidak tahu yang mana. Sehingga pada saat diminta memasukkan Kode tersebut untuk suatu keperluan, pengguna memasukkan Kode yang salah.

Jadi, terkadang di bagian belakang  ATM BCA terdapat 7 digit nomor yang terbagi menjadi dua kelompok, yaitu 4 digit dan 3 digit. Dengan begitu, ketika salah memasukkan Kode Card Verification Value, hal ini mutlak disebabkan kurangnya pengetahuan dari si pemilik kartu itu sendiri.

Cara Mengatasi Kode Card Verification Value Tidak Ada di ATM BCA

Cara Mengatasi Kode Card Verification Value Tidak Ada di ATM BCA

Sampai disini kalian sudah menyimak beberapa faktor yang mungkin bisa menjadi alasan Kode CVV BCA tidak ada. Jadi, fungsi daripada Kode tersebut adalah sebagai kode keamanan kedua setelah PIN ATM. Kode tersebut diperlukan sebagai data bukti kepemilikan kartu ATM BCA.

Baca  8 Cara Bayar Indihome Lewat Mobile Banking BCA : Admin & Denda

Informasi Kode CVV memang tidak tersedia di buku Rekening, akun m-BCA, KlikBCA dan lain sebagainya, tapi hanya tertera pada kartu Debit BCA. Lalu untuk pemilik ATM BCA yang Kode Card Verification Value nya hilang karena kartu sudah usang atau rusak, apakah ada solusi agar Kode tersebut bisa muncul lagi?

Ya, untuk mengatasi masalah tersebut nasabah perlu melakukan pengajuan ganti kartu ATM ke Bank BCA. Sama seperti proses upgrade ATM BCA, untuk proses ganti ATM BCA disini kalian hanya perlu menyiapkan persyaratan seperti Buku Rekening, eKTP dan kartu ATM BCA yang akan diganti. Selain itu, proses ini juga menerapkan biaya yang berbeda tergantung jenis ATM yang digunakan.

Apabila semuanya sudah siap, selanjutnya kalian tinggal datang ke Kantor Bank BCA lalu menemui petugas Customer Service. Nantinya petugas bakal  membantu proses ganti kartu ATM BCA yang rusak dari awal sampai akhir.

Pada kartu ATM BCA yang baru nantinya segala informasi kartu akan tertera jelas, mulai dari nomor kartu, tanggal kadaluarsa hingga Kode CVV yang tertera di balik kartu. Dengan begitu, kalian tidak akan mengalami lagi masalah Kode Card Verification Value tidak ada di kartu Debit BCA.

KESIMPULAN

Demikianlah pembahasan dari Pakaiatm.com mengenai penyebab Kode CVV BCA tidak ada. Selain itu, diatas kami juga menjelaskan bagaimana mengatasi masalah Kode Card Verification Value tidak tersedia pada kartu ATM BCA. Semoga dengan adanya pembahasan ini, kalian para nasabah Bank BCA yang mungkin sedang mengalami masalah diatas bisa segera mengatasinya.

Selain itu, kalian juga bisa lebih berhati-hati dalam menjaga informasi Kode Card Verification Value yang terdapat di kartu Debit BCA supaya tidak hilang. Kami sarankan apabila kondisi kartu Debit BCA sudah mulai usang, kami sarankan untuk segera melakukan pergantian kartu baru di Bank BCA terdekat.

Baca  Arti BCA Mobile Error 213 ? Ini Penyebab & Solusinya

sumber gambar :

  • Jejaksemut.com
  • beritadiy.pikiran-rakyat.com
  • atmnesia.com