BCA Mobile Error 106 : Penyebab & Cara Mengatasinya!

BCA Mobile Error 106 – Selain menyediakan fasilitas berupa kartu ATM, Bank BCA juga memiliki fasilitas bernama BCA Mobile atau m-Banking BCA yang bakal memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi Finansial maupun Non-Finansial.

Kami yakin disini banyak dari kalian para nasabah Bank BCA yang sudah mengaktifkan layanan BCA Mobile di smartphone. Dengan begitu, segala transaksi dari rekening BCA mulai dari cek saldo, transfer, bayar tagihan, Top Up eWallet  dan lain sebagainya bisa dilakukan lebih mudah.

Tapi perlu diketahui bahwa dalam penggunaan fasilitas BCA Mobile, terkadang nasabah menjumpai beberapa kendala, salah satunya adalah Error 106. Kode Error akan muncul setiap kali layanan tersebut bermasalah.

Untuk kalian pengguna BCA Mobile yang menjumpai Kode Error 106, berikut ini telah kami siapkan penjelasan terkait penyebab terjadinya masalah tersebut. Selain itu, kami juga telah menyiapkan beberapa cara yang bisa dilakukan sebagai solusinya.

BCA Mobile Error 106

BCA Mobile Error 106

Seperti kami sebutkan diatas bahwa hadirnya layanan BCA Mobile semakin memudahkan para nasabah untuk transfer uang, cek  mutasi, bayar tagihan, isi saldo Pulsa, Paket Data, eWallet dan lain sebagainya. Bahkan layanan ini juga menyediakan fitur Setor Tunai tanpa kartu di ATM BCA. Dengan begitu, kalian tidak perlu lagi repot-repot datang dan antri di  Teller Bank BCA.

Sementara itu, terlepas dari segala keuntungan yang ditawarkan mBanking BCA, perlu diketahui bahwa layanan ini juga tidak bisa luput dari yang namanya masalah. Ya, tidak jarang pengguna BCA Mobile yang mengalami kendala pada saat menggunakan layanan tersebut.

Baca  4 Cara Mengetahui Kartu Kredit BCA Sudah Aktif Atau Belum

Kendala atau permasalahan yang muncul juga berbeda-beda, biasanya ditandai dengan Kode Error tertentu. Setiap Kode Error BCA Mobile memiliki artinya masing-masing, begitu juga untuk penyebab dan cara mengatasinya.

Bicara soal Kode Error BCA Mobile, selama menggunakan layanan ini pernahkah kalian menemui Kode Error 106?  Kode ini akan muncul pada halaman utama BCA  Mobile dan diikuti dengan keterangan Please Insert Your SIM Card “.

Jadi, Kode Error tersebut memiliki arti kalau SIM Card atau nomor HP yang terdaftar di akun BCA Mobile tidak terdeteksi di smartphone yang digunakan. Alhasil, layanan Mobile Banking BCA tidak bisa digunakan untuk sementara waktu. Meski begitu, terkadang ada faktor lain yang bisa menjadi alasan munculnya Kode Error 106 di BCA Mobile, diantaranya :

1. Nomor HP Tidak Berada di Slot SIM Utama

Pertama, mungkin saja Kode Error 106 bisa muncul ketika nomor HP yang terdaftar sudah berada di perangkat atau smartphone yang digunakan, hanya saja nomor HP tersebut dipasang pada Slot SIM 2. Dengan begitu, SIM Card tetap tidak akan terdeteksi.

Perlu diketahui bahwa BCA Mobile hanya akan mendeteksi nomor HP terdaftar jika nomor tersebut dipasang pada Slot SIM Utama. Faktor ini kerap terjadi pada pengguna smartphone yang sudah mendukung fitur Dual SIM.

2. Fitur Get Devices Info Tidak Diizinkan

Penyebab kedua adalah fitur Get Devices Info pada smartphone tidak diizinkan, oleh karena itu sistem BCA Mobile tidak bisa membaca keberadaan SIM Card di smartphone kalian. Bahkan faktor ini juga bisa berdampak pada permasalahan serupa di aplikasi BNI Mobile, Livin by Mandiri dan lain sebagainya.

3. BCA Mobile Belum di Update

Selain itu, masalah ini juga bisa juga muncul sebagai Bug karena aplikasi BCA Mobile belum di update. Ya, faktor ini memang kerap menimbulkan beberapa Bug seperti BCA Mobile Error 205, BCA Mobile tidak bisa transfer dan lain sebagainya.

Baca  15 Cara Mengatasi SMS Banking BCA Terblokir 2022 : Penyebab & Tips

Cara Mengatasi Error 106 di mBanking BCA

Sampai disini kalian sudah tahu beberapa penyebab terjadinya Kode Error 106 di BCA Mobile. Jadi, permasalahan tersebut tidak beda jauh seperti Error 101, hanya saja pada Error 106 ini penyebab nya lebih variatif.

Lalu bagaimana cara mengatasi masalah ini? Apakah perlu bantuan Customer Service Bank BCA? Ketika mendapati masalah seperti ini, kalian bisa mengatasinya sendiri pakai beberapa cara di bawah ini :

1. Pindahkan SIM ke Slot Utama

Cara pertama adalah memindahkan SIM Card atau nomor HP di perangkat kalian ke Slot SIM utama. Cara ini berlaku apabila smartphone kalian sudah mendukung fitur Dual SIM. Dengan cara memindahkan SIM Card ke Slot utama maka aplikasi BCA Mobile selanjutnya bisa kembali mendeteksi nomor HP yang terdaftar sekaligus mengatasi Kode Error BCA Mobile 106.

2. Izinkan Fitur Get Devices Info

Cara kedua adalah mengaktifkan izin Get Devices Info melalui menu Setelan di smartphone. Jadi, biasanya fitur ini belum aktif ketika kalian melakukan pindah perangkat dalam mengakses aplikasi BCA Mobile.

Lalu untuk mengaktifkan izin dari fitur agar nomor HP dan perangkat yang digunakan terdeteksi oleh sistem BCA Mobile, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini :

  • Masuk ke menu Setelan
  • Pilih menu Apl -> Kelola Aplikasi
  • Cari aplikasi BCA Mobile
  • Kemudian ketuk menu Permissions / Perizinan
  • Setelah itu pilih Get Devices Info
  • Terakhir pilih Always Allow

Setelah fitur ini aktif, maka SIM Card dan perangkat akan terdeteksi saat mengakses BCA Mobile.

3. Update Aplikasi BCA Mobile

Cara selanjutnya adalah update atau memperbarui aplikasi BCA Mobile di Google Play Store untuk kalian para pengguna Android. Sedangkan untuk pengguna iPhone, silahkan update BCA Mobile lewat App Store.

Baca  20 Cara Mengaktifkan ATM BCA yang Sudah Mati & Terblokir

Setelah berhasil memperbarui aplikasi, selanjutnya kalian bisa coba buka Aplikasi BCA Mobile, jika tampilan Kode Error 106 sudah hilang, artinya cara ini berhasil mengatasi masalah tersebut.

4. Lakukan Verifikasi Ulang BCA Mobile

Cara terakhir untuk mengatasi BCA Mobile Error 106 adalah melakukan Verifikasi Ulang. Cara ini bisa dilakukan sendiri dari rumah dengan langkah-langkah sebagai berikut :

  • Buka BCA Mobile
  • Ketuk ikon ( ! ) di pojok kanan atas untuk Masuk ke menu About
  • Pada halaman berikutnya langsung saja klik Verifikasi Ulang
  • Pilih Simpan
  • Selanjutnya tampilan akan beralih ke menu Pesan. Disini langsung saja tekan tombol Kirim, untuk format SMS nya sendiri akan terisi secara otomatis
  • Jika sudah, kalian akan diminta memasukkan 16 digit nomor kartu ATM BCA
  • Lalu buatlah Kode Akses m-BCA (boleh sama seperti  Kode Akses sebelumnya)
  • Selesai

Cara ini bisa dilakukan apabila ketiga cara diatas tidak kunjung berhasil mengatasi BCA Mobile Error 106. Cara ini bisa dilakukan sendiri, tanpa harus menghubungi Call Center BCA atau datang menemui Customer Service di Bank BCA.

KESIMPULAN

Demikianlah informasi dari Pakaiatm.com mengenai kendala BCA Mobile Error 106. Jadi, Kode Error 106 yang muncul pada aplikasi ini disebabkan oleh SIM Card yang terdaftar tidak terdeteksi oleh sistem.

Diatas kami juga menjelaskan informasi terkait beberapa cara yang bisa diterapkan sebagai solusi BCA Mobile Error  106. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat bagi kalian para nasabah BCA yang menggunakan layanan Mobile Banking BCA.

sumber gambar :