Kode Mutasi BNI & Cara Cek Mutasi Lewat SMS Banking 2020

Kode Mutasi BNI – Pembukaan rekening tabungan bank, tentunya akan mendapatkan sebuah buku rekening tabungan yang digunakan untuk mengetahui berbagai transaksi yang pernah dilakukan. Hal tersebut tentunya akan dapat dengan mudah untuk diketahui transaksi apa yang telah terjadi.

Namun sebelum mengetahui hal tersebut anda perlu melakukan cek mutasi terlebih dahulu dengan beberapa cara baik itu lewat teller bank, mesin ATM, Mobile Banking dan layanan lainnya. Nantinya di dalam buku tabungan atau hasil pengecekan mutasi tersebut terdapat kode atau istilah dari transaksinya.

Dimana kode mutasi tersebut di beberapa bank yang ada di Indonesia tentunya memiliki perbedaan satu sama lainnya, antara kode mutasi BRI, BCA, Mandiri, BNI atau lainnya jelas memiliki perbedaan. Sehingga nasabah setiap bank perlu mengetahui kode mutasi tersebut sesuai dengan rekening bank apa yang dimiliki.

Nah untuk kode mutasi BNI sendiri bisa dikatakan berbeda, karena kode mutasinya berupa angka sedangkan kode mutasi di bank lain kebanyakan ialah huruf atau singkatan dari transaksinya. Dengan begitu nasabah baru atau nasabah BNI yang belum mengetahui kode mutasi tersebut maka wajib untuk tahu.

Kode Mutasi BNI & Cara Cek Mutasi Lewat SMS Banking Terbaru

Kode Mutasi BNI Cara Cek Mutasi Lewat SMS Banking Terbaru

Bagi nasabah BNI yang penasaran dengan istilah atau arti kode mutasi yang terdapat di buku tabungan saat melakukan pengecekan, mungkin dengan adanya ulasan ini dapat untuk membantunya. Jadi terus simak ulasan ini sampai akhir agar anda paham dan jelas mengenai kode mutasinya.

Kode Mutasi BNI

Kode Mutasi BNI

Seperti sudah disinggung sedikit diatas, jika kode dari BNI sendiri ialah berupa angka. Nah berikut arti dari angka-angka kode tersebut:

  • Kode 1 : Kode mutasi telah terjadi penyetoran melalui teller Bank BNI.
  • Kode 2 : Kode mutasi telah terjadi penarikan melalui teller Bank BNI.
  • Kode 3 : Kode mutasi telah terjadi transaksi pengiriman uang beda bank yang dilakukan melalui perantara Bank Indonesia (kliring).
  • Kode 4 : Kode mutasi telah terjadi transaksi pemindah bukuan atau overbooking (proses pemindahan uang ke rekening bank yang sama).
  • Kode 5 : Kode mutasi telah terjadi pendebetan pajak oleh Bank BNI dari hasil bunga tabungan nasabah.
  • Kode 6 : Kode mutasi adanya pemberian bunga oleh Bank BNI atas saldo tabungan nasabah.
  • Kode 7 : Kode mutasi telah terjadi perbaikan atas kesalahan transaksi.
  • Kode 8 : Kode mutasi telah terjadi transaksi pemindahan saldo.
  • Kode 9 : Kode mutasi adanya pemotongan biaya administrasi oleh pihak bank seperti biaya administrasi bulanan buku rekening, penggunaan kartu ATM dan biaya administrasi SMS banking.
  • Kode 10 : Kode mutasi akumulasi transaksi Db (debit), yaitu akumulasi biaya administrasi selama nasabah melakukan print buku rekening.
  • Kode 11 : Kode mutasi akumulasi transaksi CR (kredit).
  • Kode 22 : Kode mutasi telah terjadi transaksi penarikan melalui ATM.
  • Kode 24 : Kode mutasi adanya transaksi melalui Maestro atau Pos.
  • Kode 25 : Kode mutasi telah terjadi transaksi penarikan melalui ATM berlogo Cirrus atau Link.
  • Kode 26 : Kode mutasi biaya inquiry atas transaksi melalui Cirrus atau Link.
  • Kode 27 : Kode mutasi telah terjadinya transaksi pembayaran.
  • Kode 28 : Kode mutasi biaya penarikan melalui ATM berlogo Cirrus atau Link.
  • Kode 42 : Kode mutasi terjadi transaksi transfer melalui ATM.
  • Kode 86 : Kode mutasi terjadinya penolakan terhadap transaksi Cirrus disebabkan uang tidak cukup.

Cara Cek Mutasi Lewat SMS Banking BNI

Cara Cek Mutasi Lewat SMS Banking BNI

Tidak hanya CARA CEK MUTASI BNI DI ATM, ternyata cek mutasi juga dapat dilakukan melalui layanan seperti SMS Bankingnya. Justru nasabah akan terasa dimudahkan, karena hanya melakukan pengecekan lewat sebuah HP/ponsel saja. Berikut langkah atau cara cek mutasi BNI lewat layanan SMS Banking.

  1. Pertama siapkan HP dan nomor yang akan digunakan untuk melakukan pengiriman SMS.
  2. Pastikan jika terdapat pulsa pada nomor tersebut.
  3. Setelah itu langsung saja masuk ke menu pesan dan ketik HST.
  4. Lalu kirim ke 3346.
  5. Terakhir hanya perlu tunggu balasan cek mutasinya.

FAQ

1. Apa Fungsi Mutasi rekening?

Mutasi rekening ialah melihat atau mengetahui semua catatan maupun riwayat transaksi telah terjadi dalam sebuah rekening dalam kurun beberapa waktu terakhir baik dana masuk maupun keluar.

2. Bagaimana Cara Melihat Mutasi Rekening BNI?

Anda bisa mengetahui atau melakukan pengecekan mutasi lewat mesin ATM, SMS Banking, Mobile Banking atau datang langsung ke kantor bank BNI terdekat dengan menemui teller.

3. Apa Itu Kode Transaksi BNI?

Kode transaksi ialah kode yang menandakan anda telah melakukan transaksi baik debit, kredit atau lainnya.

Demikianlah informasi mengenai kode mutasi BNI yang dapat pakaiatm.com sampaikan. Semoga dengan mengetahui arti atau istilah dari kode mutasi diatas nasabah tidak perlu bingung setelah melakukan cek mutasinya.