Kode Mutasi BRI & Cara Cek Mutasi di ATM BRI Terbaru 2020

Kode Mutasi BRI – Saat ini kemudahan bertransaksi mungkin sangat dirasakan oleh anda semua para nasabah bank. Hal tersebut karena setelah membuka rekening nantinya akan mendapatkan beberapa fasilitas seperti kartu ATM yang dapat dilakukan untuk bertransaksi di mesin ATM.

Anda dapat melakukan transaksi tunai maupun non tunai di mesin ATM yang telah disediakan oleh pihak bank. Ini bukti keseriusan dan berkembangnya dunia teknologi yang membuat nasabah akan lebih dimudahkan dalam segala urusan keuangannya.

Apalagi saat ini bertransaksi bisa dikatakan sangat sering sekali sehingga anda terkadang sampai lupa mengetahui kapan terjadinya transaksi. Dengan begitu anda bisa melihatnya dengan cara mutasi rekening agar dapat mengetahui kapan saja anda melakukan transaksi.

Namun terkadang banyak nasabah yang bingung mengenai mutasi tersebut atau tidak paham dengan kode-kodenya. Seperti anda ketahui sendiri jika sebuah kode mutasi di setiap bank memiliki perbedaan, seperti kode mutasi bank BRI dan BNI memiliki perbedaan satu sama lainnya.

Kode Mutasi BRI & Cara Cek Mutasi di ATM Terbaru

Kode Mutasi BRI Cara Cek Mutasi di ATM Terbaru

Sehingga pada pembahasan kali ini pakaiatm.com akan menyampaikan informasi mengenai kode mutasi dari salah satu bank yang ada di Indonesia yaitu bank BRI. Sehingga nasabah BRI saat melakukan mutasi bisa membaca dan mengartikan secara jelas mengenai transaksi apa saja yang pernah dilakukan dalam kurun waktu terakhir.

Kode Mutasi BRI

Kode Mutasi BRI

Nah berikut merupakan kode transaksi buku tabungan bank BRI yang perlu diketahui agar paham dan jelas mengenai kode yang tercantum saat nasabah mencoba melakukan cek mutasi.

  • AFT (Automatic Fund Transfer) : Kode mutasi AFT menunjukkan jika nasabah telah transfer uang/dana otomatis ke sesama rekening bank BRI.
  • FAS (Fasilitas Account Sweep) : Kode mutasi FAS menunjukkan jika nasabah telah transfer uang/dana otomatis ke rekening bank yang berbeda, dengan nominal dan tanggal transaksi telah ditetapkan setiap bulannya.
  • AGF (Auto Grand Found) : Kode mutasi AGF menunjukkan jika nasabah telah melakukan pembayaran otomatis terhadap angsuran pinjaman yang di debit langsung oleh bank pada rekening tabungan dimiliki.
  • CHG (Charge) : Kode mutasi CHG menunjukkan jika telah terjadinya potongan biaya administrasi bulanan buku tabungan.
  • CWD : Kode mutasi CWD menunjukkan jika nasabah telah terjadinya penarikan tunai melalui bank BRI.
  • OVB (Overbooking): Kode mutasi OVB menunjukkan jika nasabah telah melakukan transaksi pemindah bukuan, baik pemindah bukuan secara transfer melalui ATM maupun transfer langsung melalui teller bank.
  • CSD : Kode mutasi CSD menunjukkan jika nasabah telah melakukan setor tunai.
  • MDB (Multi Debet) : Kode mutasi MDB menunjukkan jika nasabah telah melakukan pemotongan tabungan otomatis terhadap biaya notifikasi yang di kirim oleh bank melalui SMS banking.
  • LIC : Kode mutasi LIC menunjukkan jika nasabah telah melakukan penarikan sistem untuk rekening pinjaman.
  • CCM : Kode mutasi CCM menunjukkan nominal akumulasi bunga yang diberikan pada nasabah dalam jangka waktu tertentu.
  • DCM : Kode mutasi DCM menunjukkan transaksi nominal akumulasi akibat nasabah tidak melakukan print buku rekening dalam jangka waktu tertentu.
  • C : Credit
  • D : Debit

Cara Cek Mutasi BRI di ATM

Cara Cek Mutasi BRI di ATM

Untuk cek mutasinya sendiri anda bisa melakukannya di mesin ATM BRI atau bisa datang langsung ke kantor bank BRI untuk menemui teler. Nah berikut cara cek mutasi lewat mesin ATM, caranya cukup mudah dan tidak jauh berbeda dengan CARA CEK MUTASI LEWAT MESIN ATM MANDIRI, BNI, atau bank lainnya.

  1. Pertama datang ke mesin ATM BRI terdekat.
  2. Setelah sampai masukkan kartu ATM ke mesin ATM.
  3. Lanjut dengan pilih bahasa dan masukkan PIN ATM.
  4. Nantinya anda akan dibawa ke layar tampilan menu utama.
  5. Langsung saja pilih menu TRANSAKSI LAINYA.
  6. Pilih INFO REKENING.
  7. Pilih MUTASI REKENING.
  8. Setelah itu tunggu mesin ATM memproses dan mengeluarkan struk mutasi tersebut.
  9. Umumnya struk akan memuat tentang 5 transaksi terakhir nasabah BRI.
  10. Ambil struk dan tekan TIDAK untuk mengakhiri cek mutasi tersebut.
  11. Terakhir jangan lupa untuk ambil kartu ATM yang keluar dari mesin ATM.

Selain cek mutasi lewat ATM anda juga bisa cek mutasi di layanan internet banking, mobile banking dan SMS banking dari BRI. Untuk cek mutasi keseluruhan anda bisa datang langsung ke kantor cabang bank BRI terdekat dan mintalah bantuan kepada petugas atau teler yang sedang berjaga.

FAQ

1. Apa Arti Mutasi Rekening BRI?

Mutasi rekening sendiri ialah informasi tentang beberapa transaksi rekening yang sudah dilakukan, baik debit maupun kredit.

2. Biaya Cek Mutasi?

Cek mutasi lewat ATM BRI, internet banking dan mobile banking nantinya tidak akan dikenakan biaya. Yang dikenakan biaya yaitu saat cek mutasi lewat layanan SMS banking, dimana akan dikenakan biaya sebesar Rp 1.350.

3. Apa Arti C dan D di Mutasi Rekening?

Kode C itu artinya Credit sedangkan kode D itu artinya Debit.

Mungkin itu saja yang bisa pakaiatm.com sampaikan untuk anda semua mengenai kode mutasi dan cara cek mutasi BRI lewat mesin ATM. Semoga informasi kode mutasi dan cek mutasi diatas dapat bermanfaat dan berguna bagi anda yang membutuhkan.