√ Apa Itu ATM Link : Fungsi, Fitur, Ciri Ciri & Manfaat

Apa Itu ATM Link – Kemajuan layanan perbankan, memang memudahkan segala hal transaksi keuangan. Mulai dari tarik tunai, setor tunai, transfer, bayar tagihan hingga transaksi pembelian kini sudah semakin mudah. Dimana Anda dapat melakukan transaksi finansial dan non finansial dengan lebih mudah menggunakan ATM.

Advertisements

MESIN ATM atau Anjungan Tunai Mandiri merupakan fasilitas perbankan yang ditunjukan bagi nasabah pemilik kartu ATM terbitan bank di Indonesia. Hampir setiap BANK TERBESAR DI INDONESIA menyediakan fasilitas kartu ATM untuk melakukan transaksi di mesin ATM tanpa harus mengantri di bank penerbit kartu.

Dalam upaya memudahkan nasabah dan meningkatkan jumlah mesin ATM, 4 (empat) perbankan Negara (BUMN) bergabung ke dalam Himbara untuk menghadirkan ATM Link. ATM Link ini sebenarnya sama seperti ATM pada umumnya. Dari bentuk fisiknya juga tidak ada bedanya dengan mesin ATM terbitan perbankan swasta.

Advertisements

Dari sisi fungsi sendiri, ATM Link juga memiliki fungsi sama dengan ATM pada umumnya yaitu untuk melakukan transaksi perbankan. Lantas apa sih ATM Link itu? Nah, bagi Anda yang belum tahu apa itu ATM Link, berikut ini pakaiatm akan ulas tuntas tentang apa itu ATM Link lengkap beserta fungsi, fitur dan manfaatnya berikut ini.

Apa Itu ATM Link

Apa Itu ATM Link

Seperti yang telah kami singgung sebelumnya, bahwa ATM Link ini sama seperti ATM pada umumnya. Dimana perbedaan ATM Link yaitu ATM Link ini diterbitkan oleh 4 perusahaan perbankan negara. Lantas apa itu ATM Link? ATM Link itu sendiri adalah semua ATM miliki 4 perbankan negara yang bergabung ke dalam Himpunan Bank Negara (Himbara) yaitu Mandiri, BNI, BRI dan BTN yang telah berlogo ATM Link. Sampai saat ini sudah tersedia 53 ribu ATM Link di seluruh Indonesia.

Baca  15 Cara Ubah Nama Buku Tabungan Berbeda dengan KTP 2022
Advertisements

Fungsi ATM Link

Fungsi ATM Link

Lalu, apa saja fungsi ATM Link? Apa fungsinya sama seperti ATM biasa? Tentu saja fungsi ATM Link itu sendiri sama seperti ATM pada umumnya. Adapun fungsi ATM Link yaitu sebagai berikut ini.

1. Tarik Tunai 24 Jam

Fungsi ATM Link pertama dan paling sering digunakan oleh nasabah yaitu untuk menarik uang tunai kapanpun dibutuhkan selama 24 jam. Fungsi ATM Link ini sangat memudahkan Anda ketika sedang membutuhkan uang dengan segera.

2. Setor Tunai ke Rekening Tabungan

Selain tarik tunai, ATM Link juga berfungsi untuk setor tunai atau menabung. ATM berlogo Link bisa digunakan untuk menyetor uang tunai ke rekening tabungan. Sehingga tak perlu mengantri di kantor cabang hanya untuk menyetorkan uang tunai.

3. Melakukan Transfer

Fungsi lainnya yaitu memudahkan nasabah dalam proses mengirim uang, baik itu ke sesama ataupun ke antar bank. Fungsi ini menjadi hal paling umum serta sering dilakukan oleh nasabah.

4. Bayar Tagihan

Selain itu, fungsi ATM link lainnya ialah untuk membayar tagihan, baik itu tagihan kartu kredit, tagihan PAM, Listrik telepon, internet, TV kabel, bayar sekolah hingga tagihan asuransi bisa dilakukan dengan mesin ATM Link.

5. Pembelian Produk

Sementara itu, ATM Link juga berfungsi untuk membeli suatu produk, mulai dari pulsa telepon, token listrik hingga tiket pesawat.

Fitur ATM Link

Fitur ATM Link

Setelah membahas apa itu ATM Link serta fungsinya, kurang lengkap rasanya jika tidak membahas fitur dari ATM Link. Lantas apa saja fitur yang dimiliki ATM Link? Fitur fitur tersebut meliputi transaksi. Nasabah dapat melakukan transaksi sebagai berikut.

  1. Tarik Tunai (Cash Withdrawal).
  2. Cek Saldo (Balance Inquiry).
  3. Transfer
  4. Bayar Tagihan
  5. Pembelian Pulsa
  6. Isi ulang (top up) uang elektronik Himbara (e-Money, Brizzi, Tapcash dan Blink)
Baca  √ Biaya Transfer BRI ke BCA Lewat Semua Metode 2022

Akan tetapi khusus untuk top up uang elektronik, saat ini masih berlaku di ATM Himbara yakni :

Advertisements

  • Kartu e-Money ke ATM Link logo Mandiri atau BTN
  • Kartu Brizzi ke ATM Link logo BRI
  • Kartu Tapcash ke ATM Link logo BNI
  • Kartu Blink ke ATM Link logo BTN atau Mandiri

Secara keseluruhan fitur fitur yang dimiliki ATM Link sendiri tak berbeda jauh dengan ATM biasa. Dimana fitur fitur di atas juga menjadi fitur utama di mesin ATM biasa.

Ciri Ciri ATM Link

Ciri Ciri ATM Link

Sementara itu, ATM Link juga punya ciri tertentu. Dimana yang paling mencolok dari ATM Link yakni memiliki warna merah putih seperti bendera Indonesia. Namun, ada ciri lainnya dari ATM terbitan 4 perusahaan perbankan negara tersebut. Lantas apa saja ciri cirinya ATM Link itu sendiri?

ATM Link akan menampilkan logo 4 Perusahaan Perbankan Negara dilayar mesin ATM. Selain itu, ciri lainnya ialah boks mesin ATM didominasi warna merah dan putih. Selanjutnya yaitu struk ATM Link akan menampilkan logo link. Selain itu, biaya transfer ATM Link juga lebih murah yaitu Rp. 4.000.-

Penting bagi Anda untuk mengetahui ciri ciri ATM Link. Pasalnya ada banyak kasus mereka tertipu dengan ATM Link. Apa itu dari sisi logo Link ataupun dari sisi logo perusahaan perbankan Dimana jika melakukan transaksi lewat mesin ATM Link tanpa kriteria di atas akan dikenai biaya lebih mahal.

Nominal Transaksi ATM Link

Nominal Transaksi ATM Link

Fitur

Mandiri SilverMandiri GoldMandiri Platinum

Mandiri Platinum Khusus

Tarik Tunai10 Juta10 Juta10 Juta10 Juta
Transfer inHouse Mandiri*25 Juta50 Juta100 JutaSesuai Saldo
Transfer ke Bank Lain**5 Juta10 Juta25 Juta25 Juta
Bayar dan Beli5 Juta50 Juta100 JutaSesuai Saldo
  • Transfer inHouse Mandiri* maksimal sebesar Rp. 50 juta per transaksi
  • Transfer ke Bank Lain** maksimal Rp. 10 juta per transaksi
  • Tarik tunai di ATM link akan dikenai biaya gratis
  • Transfer antar perbankan di ATM link sebesar Rp. 4.000
Baca  6 Penyebab Gagal Transaksi di Mesin EDC (Electronic Data Capture)

Manfaat Menggunakan ATM Link

Manfaat Menggunakan ATM Link

Sebagai produk perbankan tentunya ada banyak manfaat dari diterbitkannya ATM tersebut. Dengan bertransaksi menggunakan ATM Link Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan dan manfaat. Lantas apa saja manfaat menggunakan ATM Link, simak selengkapnya di bawah ini.

  1. Gratis biaya penarikan tunai di seluruh jaringan ATM Link.
  2. Gratis cek saldo di semua jaringan ATM Link.
  3. Biaya transfer antar jaringan Himbara lebih murah yaitu sebesar Rp. 4.000.-
  4. Mudah dijangkau karena ada lebih dari 53 ribu ATM yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Itulah informasi terkait apa itu ATM Link beserta fungsi, fitur, ciri ciri dan manfaat yang dapat pakaiatm.com sajikan. Dengan ATM Link transaksi akan lebih mudah, cepat dan aman. Anda bisa bertransaksi kapanpun sesuai kebutuhan Anda. Pada dasarnya apa itu jenis ATM, hampir secara keseluruhan memiliki fungsi serta manfaat yang sama.

Advertisements