3 Perbedaan ATM Link dan ATM Bersama : Anggota & Ciri

Perbedaan ATM Link dan ATM Bersama – Perbedaan memang kerap di tanyakan oleh setiap nasabah bank, baik itu pada jenis tabungan maupun produknya. Tidak hanya itu saja, pasti ada yang bertanya mengenai perbedaan jaringan ATM yang digunakan.

Di mana Anda ketahui sendiri di Indonesia memiliki beberapa jaringan ATM, seperti misalnya ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima, dan ATM yang tergabung dalam Cirrus. Sehingga nasabah penasaran akan perbedaan antar setiap jaringan ATM-nya.

Untuk Anda yang bertanya mengenai perbedaan tersebut dan cukup penasaran, berikut akan pakaiatm.com sampaikan perbedaan antara 2 jaringan ATM yang ada di Indonesia. Di mana yang akan di bahas yaitu mengenai perbedaan antara ATM LINK dan ATM Bersama.

Mungkin dari Anda nasabah bank Indonesia sudah sering bahkan rutin melakukan transaksi-transaksi perbankan di mesin ATM Link dan ATM Bersama. Namun, terkadang banyak nasabah belum tahu apa saja perbedaan antar kedua jaringan ATM itu sendiri.

Perbedaan ATM Link dan ATM Bersama

Perbedaan ATM Link dan ATM Bersama

Dengan demikian, berikut akan di sampaikan secara jelas mengenai perbedaan-perbedaan apa saja yang ada pada ATM Link dan ATM Bersama. Jadi, untuk lebih jelas dan paham akan perbedaan tersebut, terus simak pembahasan perbedaan-perbedaan di bawah ini.

1. Bank Anggota

1. Bank Anggota

Perpedaan pertama datang dari bank anggota kedua ATM tersebut. Di mana, ATM Link yang juga bisa dikatakan sebagai ATM Bersama. Yang membedakan ATM Link yaitu hanya bisa dipakai untuk nasabah anggota Himbara seperti BRI, BNI, BTN, dan Mandiri.

Sedangkan untuk ATM BERSAMA adalah jaringan ATM pertama beroperasi di negara Indonesia, tentu saja memiliki anggota lebih banyak dari pada anggota ATM Link yaitu sudah mencapai 94 anggota. Anggota ATM Bersama sendiri meliputi bank swasta, daerah dan  Himbara tadi.

Baca  4 Harga Mesin EDC 2021 : BNI, Mandiri, BCA & BRI

2. Ciri-Ciri

2. Ciri Ciri

Perbebdaan kedua datang dari ciri-ciri fisik mesin ATM-nya, sekilas tidak jauh berbeda satu sama lain antara ATM Link dan ATM Bersama. Yang membedakan justru logo yang ada di mesin ATM keduanya baik ATM Link dan ATM Bersama.

Sehingga saat Anda bertransaksi melakukan tarik tunai, cek saldo, pembayaran atau lainnya. Bisa untuk mengetahui jenis ATM apa yang sedang digunakan dengan hanya melihat logo yang tertempel pada unit mesin ATM-nya.

Selain perbedaan fisik di atas, ATM Link serta ATM Bersama memiliki perbedaan pada warna mesin ATM. Yang mana ATM Link akan lebih memiliki warna mencolok dari ATM Bersama dengan warna merah putihnya.

3. Biaya Transaksi

3. Biaya Transaksi

Berbicara menganai biaya transaksi sendiri kedua jaringan ATM ini memiliki perbedaan. Seperti misalnya ATM Link memberikan keuntungan bagi nasabah Himbara berupa tidak adanya potongan saat melakukan TRANSAKSI TARIK TUNAI di ATM Link.

Hanya saja ada potongan saat melakukan transfer, besarannya juga akan berbeda satu sama lain. Transfer ke bank BUMN atau swasta berbeda, untuk transfer ke BUMN dikenakan biaya Rp 4.000 dan swasta Rp 6.500.

Sedangkan untuk ATM Bersama akan dikenakan biaya transaksi tarik tunai Rp 7.500. Lalu untuk transfer berkisar Rp 6.500 – Rp 8.000 per transaksinya tergantung dengan jenis transfernya apakah ke sesama atau lain.

Mungkin itu saja yang bisa pakaiatm.com sampaikan mengenai perbedaan-perbedaan secara umum pada kedua jaringan ATM yang ada di Indonesia, yaitu mengenai perbedaan ATM Link dan ATM Bersama. Semoga dengan adanya informasi perbedaan di atas dapat bermanfaat.