Apa Itu BNI Direct, Kegunaan, Fitur & Keuntungannya

Apa Itu BNI Direct – Kemajuan teknologi yang semakin pesat juga memberikan pengaruh positif dalam dunia perbankan. Dimana teknologi telah mendorong berbagai kemudahan dalam segala akses, termasuk dalam bertransaksi keuangan dengan layanan-layanan berbasis internet.

Advertisements

Kehadiran berbagai internet banking memberikan kemudahan pada pengguna untuk bertransaksi dimanapun dan kapanpun secara realtime tanpa ada batasan waktu secara online. Pengguna bisa transfer uang, bayar tagihan, pembelian hingga belanja online bisa dilakukan lewat kanal elektronik saja.

Salah satu bank terbaik di Indonesia yakni BNI, memanfaatkan teknologi untuk menghadirkan layanan dan fitur yang memudahkan nasabah dalam melakukan berbagai jenis transaksi. Dimana Bank BNI menghadirkan kanal digital banking khusus perusahaan bernama BNI Direct.

Advertisements

BNI Direct hadir dalam versi web serta mobile aplikasi Android dan iOS. Lalu, apa itu BNI Direct, apa saja kegunaannya, fitur  unggulan dan keuntungan menggunakan BNI Direct? Adapun ulasan lengkap dan jelas terkait BNI Direct, langsung saja simak ulasan lengkapnya melalui artikel di bawah ini.

Apa Itu BNI Direct ?

Apa Itu BNI Direct

Corporate Internet Banking BNI atau BNI Direct ialah sebuah kanal elektronik dari bank BNI untuk nasabah non perorangan agar bisa dengan mudah mendapatkan beragam informasi transaksi yang tercatat di rekening perusahaan dengan lebih cepat, aman dan sederhana.

Advertisements

BNI Direct bisa digunakan untuk seluruh aktivitas keuangan yang berkaitan dengan informasi transaksi di rekening perusahaan. Layanan corporate internet banking BNI ini sangat membantu transaksi perusahaan, karena layanan ini sangat mudah digunakan dengan interface yang user-friendly.

Tentu saja setiap perusahaan membutuhkan pelayanan yang mudah dan cepat, mengingat banyaknya transaksi yang harus dilakukan setiap harinya. BNI Direct menjadi platform internet banking khusus perusahaan yang membutuhkan pengaturan keuangan secara online, mulai dari transfer gaji hingga bayar pajak.

Cara Kerja BNI Direct

Cara Kerja BNI Direct

Pada dasarnya cara kerja BNI Direct itu sendiri cukup sederhana, tapi sangat efektif digunakan untuk bertransaksi. Virtual account ialah nomor identifikasi atau kode bagi perusahaan yang telah dibuka oleh BNI atas permintaan perusahaan sebagai nomor rekening tujuan penerimaan transaksi.

Baca  6 Cara Daftar BNI Direct 2021 : Syarat Berkas & Manfaat

Semua setoran yang masuk ke rekening perusahaan menggunakan nomor VA bersifat otomatis. Itu akan sangat memudahkan perusahaan mencatat semua transaksi dan nama rekening VA sebagai identitas penyetor. Dengan begitu, maka catatan pengeluaran akan dengan mudah diakses melalui virtual account.

Kegunaan BNI Direct

Kegunaan BNI Direct

Bagi perusahaan yang menjalankan bisnis, tentu saja layanan BNI Direct ini sangat dibutuhkan. Melalui beragam fitur yang ditawarkan BNI Direct, maka perusahaan akan mendapatkan solusi terbaik untuk membantu mengatur seluruh keuangan agar transaksi dapat dicatat dengan baik dan sistematis.

Dengan BNI Direct Anda bisa melakukan berbagai aktivitas keuangan seperti berikut.

1. Pembayaran Gaji Karyawan

Dengan BNI Direct, perusahaan dapat membayar gaji pegawai dalam banyak rekening sekaligus. Tentu saja ini lebih efisien dan menghemat waktu, mengingat ada berbagai hal yang harus dilakukan perusahaan untuk mencapai tingkat produktivitas yang stabil setiap harinya.

2. Pembayaran Pajak

Perusahaan juga bisa membayar pajak secara online melalui fitur dari BNI Direct versi baru ini. Dengan BNI Direct, cukup sekali sentuh saja maka pajak sudah terbayar tepat waktu tanpa perlu datang langsung ke kantor pajak.

3. Cek Informasi Saldo & Mutasi Rekening

BNI Direct juga bisa dimanfaatkan oleh perusahaan untuk mengecek saldo sekaligus mencetak mutasi rekening koran kapanpun secara online dengan sangat prakti tanpa perlu menghubungi pihak bank BNI.

4. Transfer Antar Rekening BNI & Bank Lain

Bukan hanya melakukan transaksi non finansial, perusahaan juga bisa melakukan transaksi finansial seperti transfer uang, baik ke sesama rekening BNI ataupun bank lain. Kapan saja dibutuhkan, kanal elektronik ini bisa membantu perusahaan mengirim uang kemanapun.

5. Transaksi Perdagangan Ekspor & Impor

BNI Direct juga dilengkapi fitur yang dapat membantu perusahaan melakukan transaksi perdagangan impor maupun ekspor. Transaksi ini tentu saja bisa dilakukan secara online lewat BNI Direct.

6. Layanan Autodebet

Dengan adanya layanan autodebet dari BNI Direct, tentu saja perusahaan akan lebih mudah dan praktis, jika membutuhkan transaksi apapun yang perusahaan inginkan dengan cepat.

7. Pembayaran Biaya Operasional

Membayar tagihan biaya operasional seperti tagihan listrik, air, telepon, hingga kartu kredit semuanya bisa dilakukan lewat BNI Direct tanpa perlu repot membayar satu-persatu, karena bisa dilakukan sekaligus dalam satu aplikasi.

Fitur BNI Direct

Fitur BNI Direct

Untuk menunjang berbagai aktivitas keuangan perusahaan, BNI Direct menawarkan sejumlah fitur menu yang fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan nasabah. Adapun fitur-fitur unggulan dari BNI Direct, meliputi.

1. BNI Transfer Management

BNI Transfer Management ialah fitur untuk mentransfer uang ke sesama rekening BNI maupun antar bank dalam mata uang rupiah maupun valuta asing.

2. Mass Payment

Mass  Payment berfungsi untuk melakukan pembayaran secara massif, misalnya pembayaran gaji karyawan. Dengan fitur ini, maka perusahaan bisa membayar gaji pegawai sekaligus, sehingga lebih praktis dan efisien.

3. BNI e-Report

BNI e-Report adalah layanan yang berfungsi untuk mengetahui informasi saldo sekaligus cetak mutasi rekening perusahaan. Melalui fitur ini, maka perusahaan tidak perlu mengunjungi kantor bank BNI untuk mencetak rekening koran dan bukti transaksi.

Baca  20 Cara Mengambil Uang di ATM BNI 2021 : Pakai & Tanpa Kartu

4. BNI Virtual Account

Fitur BNI Virtual Account adalah layanan pembayaran secara virtual (dicek otomatis) serta mencatat seluruh laporan virtual account.

Advertisements

5. BNI e-Billing

BNI e-Billing merupakan fitur yang digunakan untuk melakukan pembayaran bersifat house to house sekaligus pembayaran operasional perusahaan seperti listrik, air, telepon hingga kartu kredit.

6. BNI Pops

Sedangkan, untuk fitur BNI Pops sendiri ialah layanan khusus yang digunakan untuk melakukan berbagai transaksi pembayaran yang berkaitan dengan Pertamina.

7. BNI e-Tax Payment

BNI e-Tax merupakan fitur untuk membayar pajak perusahaan sekaligus mencetak Surat Setoran Pajak secara online.

8. Liquidity Management

Liquidity Management adalah serangkaian strategi dan proses berkelanjutan yang memastikan bisnis perusahaan bisa mengakses uang tunai sesuai kebutuhan, untuk membayar barang dan jasa, melakukan pengkajian serta berinvestasi dalam peluang baru yang muncul.

9. Informasi Nilai Tukar Dollar & Suku Bunga

BNI Direct juga dilengkapi dengan fitur yang memungkinkan perusahaan dapat mengetahui nilai tukar rupiah dengan dollar, suku bunga saat ini hingga pergerakan IHSG.

Keunggulan BNI Direct

Keunggulan BNI Direct

Banyaknya fitur yang ditawarkan BNI Direct, membuat layanan internet banking ini punya sejumlah keunggulan. Adapun beberapa keunggulan layanan corporate internet banking BNI untuk perusahaan yaitu sebagai berikut ini.

1. Syarat & Cara Pendaftaran Mudah

Untuk mendaftar BNI Direct caranya juga sangat mudah, dimana perusahaan hanya perlu mengisi formulir pendaftaran BNI Direct di kantor cabang ataupun melalui Sales Advosory. Syaratnya, perusahaan harus memiliki rekening simpanan BNI saja.

2. Sistem Keamanan Sangat Tinggi

Dari segi keamanan, sistem BNI Direct terjamin aman, karena setiap transaksi dilengkapi dengan teknologi encryption yang dapat mengamankan data dari potensi ancaman peretas. Selain itu, dilengkapi pula sistem Secure Line dengan Verisgn Security Certification Socket Line (SSL) 128 bit.

Nantinya setiap transaksi juga akan melewati elektronic signature, sehingga tidak semua orang bisa mengakses akun BNI Direct. User Level, User ID dan password dibuat sendiri, sehingga tidak ada orang yang mengetahuinya, ditambah lagi user level terdiri dari maker, approver dan releaser sehingga perlu izin untuk login.

3. Memberi Solusi Bisnis Dengan Fitur yang Fleksibel

Seperti sudah kami jelaskan, bahwasanya BNI Direct memiliki berbagai fitur lengkap dan advance, sehingga mudah digunakan. Bukan itu saja, setiap fitur juga terbilang user friendly sehingga nasabah bisa langsung menggunakannya tanpa harus mempelajarinya terlebih dahulu.

Cukup dengan satu kali login, nasabah bisa melakukan berbagai transaksi keuangan. Intinya segala fitur didalamnya akan sangat dibutuhkan perusahaan terutama di era modern seperti sekarang ini.

4. Pelayanan Cepat, Fleksibel dan Mudah

BNI Direct punya sistem pelayanan yang lebih cepat, fleksibel serta mudah. Setiap perusahaan pasti menginginkan transaksi keuangan yang tidak membuang banyak waktu dan ribet.

Inilah keunggulan BNI Direct, dimana fitur-fitur didalamanya akan memberikan pelayanan yang lebih mudah, cepat dan fleksibel sehingga perusahaan bisa lebih fokus menjalankan bisnisnya.

5. Transaksi Keuangan Bisa Diproses Saat Itu Juga

Seluruh aktivitas transaksi perbankan bisa dilakukan saat itu juga secara real time selama 24 jam nonstop. Perusahaan bisa melakukan transaksi secara online kapan saja dan dimana saja.

Baca  √ Lupa User ID BNI 2021 : 18 Penyebab & Cara Mengatasi

Selain itu, BNI Direct juga bisa digunakan untuk melakukan berbagai transaksi pembayaran sekaligus hanya dalam aplikasi. Tentu saja layanan seperti ini jarang ditemui layanan internet banking lainnya.

6. Interface User Friendly

Dari segi penggunaan, BNI Direct punya user interface yang user friendly. Artinya, semua fitur didalam BNI Direct mudah digunakan oleh siapapun tanpa perlu mempelajarinya terlebih dahulu.

Selain itu, fasilitas layanan keuangan yang ditawarkan juga sangat lengkap dengan tampilan yang begitu sederhana namun canggih, sehingga memudahkan para pengguna untuk mengaksesnya.

7. Tersedia Versi Web & Aplikasi Android serta iOS

BNI Direct tak hanya tersedia untuk versi web saja, namun juga menyediakan versi aplikasi berbasis Android dan iOS. Hal itu tentu saja akan memudahkan nasabah mengakses layanan ini cukup dengan perangkat smartphone.

8. Perangkat Sistem Ringan

Untuk menggunakan BNI Direct, nasabah bisa mengakses di perangkat dengan spesifikasi yang ringan yakni :

  • Personal Computer atau Notebook : minimal Intel Core Duo CPU 3 GB.
  • RAM minimal 2 GB dengan space Hard Disk minimal 80 GB.
  • OS Microsoft Windows Professional version 202 Service Pack 2.
  • Internet Explorer version 7 atau Mozolla Firefox maupun Google Chrome.
  • Terkoneksi dengan jaringan internet.

Keuntungan Menggunakan BNI Direct

Keuntungan Menggunakan BNI Direct

Seperti apa yang telah kami jelaskan tentang apa itu BNI Direct, kegunaan, fitur dan keunggulan corporate internet banking BNI, tentu saja menggunakan layanan ini akan sangat menguntungkan. Adapun beberapa keuntungan yang akan didapat jika menggunakan corporate internet banking BNI yakni sebagai berikut.

1. Bertransaksi Tanpa Batas

Dengan BNI Direct, perusahaan bisa melakukan transaksi keuangan seperti transfer uang, pembayaran tagihan, pembayaran pajak, dan lain sebagainya tanpa ada batasan waktu maupun operasional. Dimana transaksi bisa diproses saat itu juga secara massif.

Bukan itu saja, ini juga memungkinkan perusahaan untuk bertransaksi tanpa batasan waktu secara real time selama 24 jam nonstop dimanapun dan kapanpun, transaksi itu dibutuhkan BNI Direct siap memproses tanpa harus melalui bank BNI.

2. Penggunaan Nomor Indentifikasi

Dalam penerapannya, BNI Direct menggunakan nomor  indentifikasi pelanggan perusahaan sebagai nomor rekening sebagai tujuan transaksi. Itu artinya, nasabah perusahaan akan lebih mudah dalam bertransaksi setiap harinya.

Ditambah lagi akses yang mudah, cepat, dan tercatat secara sistematis menjadi nilai tambahan untuk layanan BNI itu sendiri.

3. Fitur Lengkap dan Advance

Dengan menggunakan BNI Direct, maka nasabah bisa menikmati semua fitur yang ditawarakan. Fitur-fitur didalamnya juga user friendly yang sangat lengkap dan advance sehingga mudah digunakan oleh pengguna.

Dengan beragam fitur dan kegunaan yang sangat menguntungkan, tentu saja BNI Direct benar-benar sangat dibutuhkan oleh perusahaan di era modern seperti sekarang ini. Oleh sebab itu, daftar BNI Direct sekarang juga untuk bisa menikmati semua layanan dan fitur yang ditawarkan.

Demikianlah informasi lengkap dari pakaiatm.com terkait apa itu BNI Direct, kegunaan, fitur, keunggulan serta keuntungan menggunakan layanan ini. Sekiranya itu saja informasi dari kami, semoga bermanfaat.

Advertisements